Sunday, December 24, 2017

Top 3 Korean Drama in 2017

Top 3 Korean Drama in 2017 - Sadarkah kalian bahwa tahun ini saya nggak terlalu banyak ngereview drama Korea? Yhaa maafkan.


Karena frekuensi saya nonton drama Korea juga udah berkurang jauh banget. Seinget saya sepanjang tahun ini nonton cuma pas jaman magang. Itu emang sengaja nyetok setelah tau bakal berpisah dari wifi lol. Terus sama dramanya Lee Jong Suk yang nggak boleh nggak nonton laah! Haha.


Berhubung ini akhir tahun saya memutuskan nulis top 3 korean drama alias drama korea terbaek versi saya, tentu. Warning dulu sebelumnya ini bener-bener versi saya, genre yang saya suka, dan beneran saya nonton dengan khusyuk. Halah. Cuma 3 aja berhubung ya itu tadi cuma nonton dikit. 

Poin yang saya masukkan saat rekomendasi drama korea adalah: 1) Plot ceritanya, 2) Akting pemainnya, 3) Endingnya, dan 4) Genrenya. Jadi nggak ada tuh ceritanya saya rekomendasiin drama HANYA karena aktornya ganteng. 

Daripada penasaran, yuk cuss!

1| Circle
Source: Dramafever
Periode tayang: Mei - Juni 2017
Jumlah episode:12
Stasiun TV: TVN
Genre: Sci-Fi, Misteri

This is probably my favorite K-drama this year! Dua jempol tangan ditambah dua jempol lagi di kaki kayaknya nggak cukup buat apresiasi.

Drama ini dibagi menjadi dua bagian waktu. Pertama di tahun 2017. Kedua di tahun 2037. Awal mulanya di tahun 2007. Cerita dimulai dari sepasang kembar laki-laki yang main di hutan pada malam hari. Kim Woo Jin (Yeo Jin Goo) dan Kim Bum Gyun (An Woo Yeon) namanya. Saat menuju jalan pulang mereka dikejutkan dengan kehadiran yang mereka sebut alien. Alien ini berwujud perempuan rambut panjang dan irit bicara. Sang ayah yang menjemputnya kemudian ikut membawa serta alien ini.

Sejak ada alien kehidupan mereka berubah total. Ibu mereka pergi dari rumah. Ayahnya pun bertambah sibuk. Baru kemudian cerita menuju ke tahun 2017.

Di tahun ini Woo Jin udah jadi mahasiswa. Sedangkan Bum Gyun masuk penjara karena obsesinya cari alien yang dia anggap udah merusak keluarga mereka. Pencarian ini ternyata membawa bencana bagi mereka. Mereka ketemu dengan sesuatu yang bernama "Bluebird". Bum Gyun diculik, Woo Jin yang berusaha membebaskan justru menjadi tawanan.

Source: Hancinema
And then..
Maju ke tahun 2037. Di tahun ini dunia udah maju banget. Kesan futuristik ditonjolkan disini. Handphone yang tembus pandang, telepon jadi VR berasa ngomong didepannya, komputer yang bisa dibawa kemana-mana cuma pake cube mini. Dan yang paling revolusioner adalah adanya "Smart City" dimana warganya semua diwajibkan memakai chip.

Chip ini ditanam di leher manusia. Fungsinya adalah mengendalikan emosi seseorang. Jadi saat orang itu udah mulai naik darah a.k.a emosi, baik itu marah maupun sedih, chip akan berwarna merah dan berusaha mengontrolnya. Dengan emotion-control ini semua orang nggak ada yang bersikap berlebihan. That's why Smart City called as zero criminal city.

Padahal di balik itu semua ada hal yang nggak diketahui warganya. Apa itu? Ternyata chip yang ditanam berfungsi pula sebagai pengendali ingatan. Jadi ingatan orang ada bentuknya dalam video. Operator yang disebut super-computer ini bisa memilih ingatan mana yang di blok biar nggak ada dalam benak manusia lagi. Dan mana yang dipertahankan.

Gosh, rasanya pengen ngereview bikin satu post sendiri masa. Hahaha! Drama ini bikin merinding sendiri dengan percobaan-percobaannya yang langsung menggunakan manusia sebagai objeknya. Trus bikin mikir kayaknya bisa aja suatu saat ini terjadi....atau malah udah dikembangin? Kan, kan, jadi berteori sendiri.

Selain itu saya juga sempet nangis nonton ini karena bromance si kembar yang kuat banget. Huhu. Siblings goal lah pokoknya. Yang belum nonton bisa banget ditonton. Dijamin seru dan nggak membosankan! Oh ya ada idol yang maen loh disini coba tebak siapa?

2| Voice 
Source: Soompi
Periode tayang: Januari - Maret
Jumlah episode: 16+2 Spesial
Stasiun TV: OCN
Genre: Thriller, Procedural

Drama ini didedikasikan untuk mereka yang seneng detektif-detektifan yah. Buat yang mencari jejak-jejak romance disini jangan harap. Nggak bakal ada. Darah berceceran dimana-mana, kesadisan pun, sampe rate viewers-nya dinaikin dari 15+ sampe 19+. Yang lumayan bikin seger mata ada Yesung Super Junior HAHA ku pun baru tau waktu udah nonton. Bagus aja aktingnya jadi orang kalem.

Nah ceritanya ada polwan yang punya kemampuan lebih. Dia bisa dengerin suara orang detail sampe pattern-nya. Pendengarannya diatas rata-rata lah ya. Nah tujuan perempuan bernama Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) masuk kepolisian guna menyelidiki siapa pembunuh ayahnya. Unfortunately satu-satunya clue yang dia punya adalah rekaman suara pelaku. 

Source: Soompi
Di sisi lain detektif Moo Jin Hyuk (Jang Hyuk) kehilangan istrinya yang dibunuh secara sadis. Mukanya hancur sampai nggak berbentuk. Dilatarbelakangi sakit hatinya ini dia berusaha sekeras tenaga mencari pelakunya. Bersama dengan Kwon Joo mereka menginvestigasi kasus demi kasus lewat Golden Time Team.

Ada 8 kasus yang ditampilkan di drama ini. Nggak semuanya berhubungan, tapi ada juga yang ternyata masih ada kaitannya dengan pelaku pembunuhan baik ayah Kwon Joo maupun istrinya Jin Hyuk. Mereka juga didukung oleh tim yang terdiri dari Park Eun Soo (So Eun Soo) yang bertugas di 112 Report Center dan Oh Hyun Ho (Yesung) sebagai ahli IT.

Poin plus dari drama ini adalah kedetailan-nya dalam meruntutkan kasus demi kasus. Soundtrack-nya pun mendukung banget di tiap adegan kekerasannya. Kerasa horor dan misterius. Memacu adrenalin banget. Saking populernya di Korea sana, rencananya bakal ada Voice season 2 di pertengahan tahun 2018 nanti.

Saya termasuk yang nggak sabar buat nunggunya. Hehe.

3| Because It's My First Life
Source: Destri
Periode tayang: Oktober - November 2017
Jumlah episode: 16
Stasiun TV: TVN
Genre: Romantic Comedy

Satu-satunya genre romance yang saya rekomendasiin! Hehe. Awalnya tau dari temen saya. Dua orang semangat banget nyuruh nonton. Kan akhirnya saya tertarik.

Cerita tentang cowok kaku Nam Sae Hee (Lee Min Ki) menikah dengan Yoon Ji Ho (Jeong So Min). Alasan pernikahan mereka bukan karena cinta. Tapi karena Sae Hee butuh uang untuk bayar cicilan rumah. Ji Ho butuh kamar untuk berteduh. Akhirnya mereka menikah dengan kontrak 2 tahun dimana Ji Ho tetap membayar sewa ke Sae Hee tiap bulannya.

Source: Castko
It sounds crazy rite? But probably this actually happen somewhere out there. Mereka nggak mikirin bahwa pernikahan itu bukan cuma dua orang yang bersatu. Tapi juga dua keluarga. Disinilah serunya, penonton dibawa untuk "mikir" bahwa menikah itu nggak maen-maen loh. Menikah itu nggak semudah itu loh. Ini nih lika-liku menikah. Kayak gitu.

Ji Ho punya 2 sahabat kental. Woo So Ji (Esom) cewek kantoran yang nggak kepikiran buat nikah. Dan Yang Ho Rang (Kim Ga Eun) yang cita-cita hidupnya menikah karena pengen jadi ibu rumah tangga yang baik untuk suami dan anaknya kelak. 

Bumbu-bumbu percintaan mereka berdua juga menjadi poin penting di drama ini. Bagaimana So Ji yang kelihatannya paling sukses ternyata tersiksa. Keinginannya punya perusahaan sendiri belum terwujud, malah menjadi karyawan. Ditambah lagi pergaulan antar karyawan yang masih suka merendahkan posisi perempuan. It's so sad because it's so real. Perempuan di tempat kerja masih dipandang sebelah mata dan dijadikan objek permainan.

Ho Rang yang udah pacaran bertahun-tahun justru si pacar saat ditagih kapan mau nikah mengaku nggak siap. Ugh, siapa nih yang kayak gini? Hahaha. 

Drama ini juga ratingnya tinggi loh di Korea sana. Gegaranya isu yang diangkat beneran realistis dimana beneran terjadi di masyarakat. Walaupun genre romance tapi tetep ada value yang didapetin sih menurut saya. Nggak yang murni lovey dovey gitu kan so cringe yah.

***

Itu dia top 3 korean drama in 2017 versi saya. Baru sadar ih ternyata channel-nya tv kabel semua bukan tv public gitu hahaha. Btw, ada drama favorit kamu juga nggak disini? Atau malah ada rekomendasi lain? Boleh banget share disini! :)

15 comments:

  1. Masih mau bikin postingan sejenis nih :) Sepertinya no 1 dan 3 bakal masuk daftar k-drama favoritku. Tapi untuk Voice sepertinya enggak karena lebih suka Defendant.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kukepoin juga versi mbak Ratri nanti :D

      Delete
  2. Aduh, baru nonton Voice aja nih dan sangat excited bakalan ada Voice 2. ahaaaaa

    ReplyDelete
  3. Yang nomor satu jadi pengen nonton deh, kalo yang nomor dua udah pernah nonton saya. Seruu

    ReplyDelete
  4. Asyik dapat review Voice dari Lulu. Pas masih mau tayang udah penasaran banget krn ngingetin sama Signal atau police procedural drama2 barat gitu,, Eh, ternyata pas tayang, jaringan internet di pulau saya bermasalah. Akhirnya malah belom nntn sampe sekarang. Kalau BIMFL memang daebak banget!!

    ReplyDelete
  5. Dari ketiga drama di atas, kucuma nonton nomor 3 saja.
    Alurnya nggak ngebosenin, pemeran utama cowoknya amat sangat aneh, dan konfliknya sederhana tapi gampang nyantol di otak, udah gitu nggak bisa ketebak intinya. soalnya ku sudah suudzon di -entah episode berapa- yang ternyata..... :D
    dan aku juga nominasiin si nomor tiga ini sebagai drama terbaik 2017 versiku, kak. huehehehe

    ReplyDelete
  6. Masalah film aku kurang update memang, dan terutama film korea. Tapi kok ini penasaran ya, tonton nggak ya..he
    Lagi pengen nonton nih kalau lagi nyantai mah..he

    ReplyDelete
  7. Sejak drama Moonlight drawn by clouds dan Scarlet Heart tahun lalu udah nggak ngedrama lagi hahahahahaha

    Menguras waktu dan tenaga dan pikiran banget soalnyaaaa
    Jadinya lebih ke film deh
    wkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sihhh emang wkwk cuma kalo butuh hiburan aja daah :D

      Delete
  8. Aku suka tuhh yang pertama..genrenya cucok untukku hihi..

    ReplyDelete
  9. saya suka yang nomer 3.
    sebagai bukan penggemar drama, saya iseng nonton Because This Is My First Life ini jadi ketagihan nonton sampai tamat. Menurut saya ini drakor paling bagus, dan saya jadi nggak minat nonton drakor lainnya. hihihi

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)

COPYRIGHT © 2018 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES