Korean Drama

Cara Menghentikan Kecanduan (Drama Korea)!

May 25, 2017,6 Comments


Tahu nggak sih dulu saya itu penggemar berat drama Korea? Tipe-tipe yang tiap hari nonton, drama apa aja diikutin. Dari stasiun SBS, KBS, sampe tv kabel macam TVN saya ikuti semua. Apa aja di download. Tanyalah pada saya drama apa yang lagi hits, genre apa, siapa yang maen, ratingnya berapa, bisa dijawab di luar kepala. LOL.

Tanpa saya sadari drama Korea udah jadi bagian hidup saya di...jaman kuliah. Hahaha. Baru awal tahun ini masuk semester baru saya pikir-pikir lagi. Ternyata saya udah lama banget nggak nonton drama Korea. Lihat lah history browser saya, nggak ada tuh alamat website yang biasa download drama Korea. Nggak ada tuh alamat website yang buat streaming drama Korea. Lihat di Youtube nggak ada tuh barang cuplikannya pun.
Saya mencapai titik dimana saya pakai logika. If I spent too much time daydreaming watching Korean dramas, when will I enjoy my own life? Aseek.

Nggak cuma drama Korea aja sih, menjadi adiktif ke barang apapun juga nggak bisa dibilang bagus kan. Adiktif gadget, bahaya buat kesehatan (mental dan fisik). Adiktif belajar pun juga nggak disarankan. Apa-apa yang berlebihan hanya akan membawa dampak buruk. Rite?

Mungkin kamu bertanya-tanya, gimana sih caranya ngurangin atau bahkan menghilangkan sama sekali kecanduan hal? Saya kasih tips-nya ya. Bisa dipake juga buat hal lain loh nggak cuma berhenti kecanduan drama Korea aja.

Pertama, niat. Niat ini kunci dan langkah awal dari segala hal. Mau ngelakuin apapun, harus diniatin biar bisa jalan dengan baik. Emang saya niat? Iya. Saya berdoa tiap sebelum tidur dan setelah sholat buat dimudahkan sama Allah nggak kecanduan lagi. Ya gimana saya ngerasa kayak duh wasting time banget lah selama ini padahal bisa dipakai buat berkarya yang lainnya. Nggak bohong juga sih bisa dapet ide nulis dari nonton drakor. But, still. I want to change the world.

Kedua, unfollow semua akun yang berhubungan dengan drama Korea. Di instagram, facebook, line, saya bela-belain unfollow semuanya. Kecuali satu sih, akun yang bahas tentang fashion yang dipake di drakor. Seru banget tau ngescroll akun-nya. Window shopping masa kini, anggap aja seperti itu. 


Kadang masih ada juga yang muncul terutama di Line. Ada satu orang yang kayaknya tiap hari kerjanya ngepoin akun ke-korea-an mulai dari Kpop, drama, sampe variety show-nya. Perlu nahan diri banget buat nggak ngeklik "read more". 

Ketiga, jangan download drakor sebelum memastikan ada waktu khusus buat nonton. Contoh: saat liburan semesteran. Hahaha. Kan lumayan tuh ada sebulan leyeh-leyeh. 2 minggu bisa lah buat ngehabisin drama Korea. Ini entah bisa dibilang untung atau enggak, saya tuh tipe yang nggak bisa nonton langsung banyak episode gitu. Pasti bosan. Lebih seneng nonton on going kayak ada feel bahagia saat tau ada episode baru rilis. 

Ini aja saya udah download The K2 jaman kapan nggak habis ditonton sampe sekarang. Nasib yang sama juga terjadi pada drama Strong Woman Do Bong Soon gatau mau ditonton kapan -_-

Terakhir, set your mind bahwa nonton drakor tidak produktif. Amat sangat tidak produktif lebih tepatnya, lol. Niatnya satu jam aja buat nonton eh keterusan sampe 6 jam nggak kerasa..padahal buat nulis dapet berapa halaman tuh? Buat belajar desain bisa dapet apa tuh? Buat ngerjain laporan praktikum dapet berapa lembar? *kemudian teringat revisi laprak*. There's a lot to do out there yang bisa dikerjakan daripada duduk manis menatap Nam Joo Hyuk atau Lee Jong Suk (eh LJS ada drama baru katanya yah....)

***

Apakah ini berarti saya udah stop dan menyarankan untuk berhenti nonton drama Korea? Tidak. Saya hanya berbagi aja kalau sebenarnya menonton drama Korea apalagi sampe kecanduan itu...nggak baik. Mumpung masih ada waktu lebih baik diarahkan ke sesuatu yang jelas menghasilkan karya :) *edisi bijak*. Ditambah lagi Ramadhan hanya menghitung hari kan, kan? Pahala melimpah ibarat diskonan di mall, masa nggak mau diserbu?

“Waktu laksana pedang. Jika engkau tidak menggunakannya, maka ia yang malah akan menebasmu. Dan dirimu jika tidak tersibukkan dalam kebaikan, pasti akan tersibukkan dalam hal yang sia-sia.” - Ibnu Qayyim 
(artikel selengkapnya bisa dibaca disini!)

Kalo kamu gimana cara ngilangin candu? *eaakk*

You Might Also Like

6 comments:

  1. kasihan juga ia kalau harus mengunfollow semua, heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengorbanan untuk menjadi lebih baik :)

      Delete
  2. Kalau aku...ngga tau ya xD
    ga seberapa suka drama Korea. Apalagi yg romance" ugh ugh.
    Kalau yg masih ada science atau sci-fi gitu sih oke. Kayak Blood tuh.

    Eh tapi pasti tetep aja suka dicepet"in xD

    ReplyDelete
  3. Soalny......it's just a drama, ehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ya in the end of the day all of this is lie. Haha

      Delete
  4. Kalo ane mah kecanduan anime , sampe ga tau gimana ngilanginnya . Pelajaran nggambar mesti dapet tertinggi itupun karena nonton anime =_=

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)