cerita

Hal-hal Tak Terlupakan yang Dialami Selama Kuliah

January 16, 2017,24 Comments


Hal-hal Tak Terlupakan yang Dialami Selama Kuliah. - Assalamu'alaikum semuanyaaa. Selamat mengawali pekan kembali. Senin ini saya masih libur hihi. Sudah berapa lama ya? Sebulan kurang lebihnya. Berhubung kalender akademik dimulai pada 15 Februari mendatang, jadi masih ada waktu satu bulan lagi untuk berleha-leha di rumah. Ehem, nggak boleh berleha-leha ya. Tetap produktif lah. Salah satunya dengan menulis di blog ini.

Februari tahun ini menandai pindahnya semester dari semester 5 ke semester 6. Huh, cepat sekali ya rasanya kuliah itu? Padahal dulu sewaktu sekolah rasa-rasanya lama. Nggak lulus-lulus. Apalagi saat kelas 3 baik SMP maupun SMA. Udahlah kerasa lama banget waktu berjalan.

Selama kuliah banyak hal-hal yang terjadi dan sayang untuk dilewatkan sebagai memori begitu saja. Eaa. Baik itu hal-hal menyenangkan, menyedihkan, mengagetkan, sampai menggoncang hidup hahaha apa sih.

***

Hal-hal tak terlupakan selama kuliah? Apa saja?

Susah mencari lahan parkir
Duh jadi sedih nulis ini. Kampus saya secara keseluruhan memang luas. Sayang, fakultas saya jika dibandingkan dengan fakultas lain bisa dibilang paling sempit lahannya. Lahan untuk parkir ketika ditotal hanya seluas 1 lapangan futsal + 1 lapangan basket. Padahal 1 angkatan kami berisi 400 orang. Setiap perkuliahan setidaknya 3 angkatan yang memiliki jadwal. 

Sering sekali sesampainya di kampus bingung mau parkir dimana. Alhasil lapangan basket yang sedianya untuk ruang terbuka pun turut menjadi lahan parkir. Alhamdulillahnya tahun ini ada lahan parkir tambahan di belakang khusus mobil. Jadi lumayan bisa mengurangi, sih. Hihi.

Lupa parkir kendaraan dimana
Nggak cuma di mall yang bisa lupa. Di kampus juga. Hahaha. Saya sering lupa memarkir motor dimana. Terutama bila ada kegiatan yang berakhir malam hari. Parkirannya gelap. Huhu.

Ditambah lagi karena susah mencari lahan parkir seperti yang sudah disebutkan, motor jadi nggak boleh dikunci stang. Pindahlah itu dari posisi awal parkir. Pernah lho saya parkir di bagian tengah waktu berangkat, waktu pulang udah di pojokan. Sendirian. Di bawah pohon.

Tips buat nyari motor gampang: bawa helm yang warnanya mencolok! Tips ini lumayan manjur lho. Helm saya nggak berwarna mencolok tapi stikernya penuh dan bling-bling gitu jadi bisa gampang terdeteksi.

Ujian online
Semester 4 kemarin sempat ada masalah ujian online. Ceritanya ujian online ini setiap mahasiswa diharuskan membawa modem dan laptop sendiri. Saya sudah beli modem tuh dengan kartu Telkomsel yang terkenal kecepatan internetnya. Di rumah pun udah di test juga. Eh, sampe kampus sama aja. Kecepatannya 0 kbps. Bikin tepok jidat. Gregetan!

Berangkat ke kampus dini hari dan membuka portal sendiri
Tak terlupakan banget ini. Hihi. Semester berapa yah lupa saya ikut kepanitian penerimaan mahasiswa baru. Acaranya memang berlangsung pagi. Dari pesertanya saja pagi, maka panitia udah pasti harus lebih pagi dari peserta. Saya berangkat dari rumah jam berapa yah? 3 dini hari mungkin. Sampai kampus beneran portalnya belum dibuka. Jadi buka portal sendiri sambil merinding gitu haha.
Kalo dipikir-pikir lagi saat itu, kok saya berani ya? Padahal sepi loh literally nggak ada siapa-siapa di luar. Alhamdulillahnya di dalem ada orang sih yang emang sengaja tidur di kampus. 

Mungkin ada yang bertanya-tanya ngapain saya datang pagi-pagi? Ini cara saya bertanggung jawab. Soalnya saya nggak bisa pulang larut malam. Sebagai gantinya saya datang saja pagi-pagi sehingga bisa pulang lebih awal dan tetap mengerjakan job-desc yang diberikan.

"Rebutan" ruangan untuk kuliah
Lagi-lagi masalah sarana-prasarana. Dengan jumlah mahasiswa yang segitu banyaknya, ruang kuliah yang tersedia cukup terbatas. Ruang kuliah di fakultas saya dibagi menjadi 2. Yang pertama untuk kelas besar menampung hingga 90 orang. Yang kedua kelas kecil untuk 30 orang. Sedangkan untuk kelas sebelum peminatan (semester 1-5) berisi 70-90 mahasiswa. Nggak bisa dong ya pakai kelas kecil?

Suatu ketika ada dosen yang meminta jam pengganti di luar jadwal jam kuliah harian. Duh, ribet kalo udah kayak gini cari ruangannya. Dapetlah tuh di lantai 3 ruangannya. Nggak tahunya, ada kakak tingkat juga yang mau menggunakan. Nah lho, gimana coba?

Akhirnya kakak tingkatnya mau berbaik hati untuk mengalah sih. There's no blood shed *apaan* hahaha. 

Diusir dari ruang kelas
Kok bisa? Ceritanyaaa...jadwal pemakaian ruangan hanya diperbolehkan hingga pukul 6 sore. Jadwal kuliah rata-rata selesai pada pukul 4 sore. Sudah tahu kan organisasi mahasiswa ada banyak? Di fakultas saya saja ada 12. Dan seringkali menggunakan ruang kuliah untuk rapat.

Alasannya? Ya lebih enak lah. Ber-AC, ada tempat duduknya, ada white board, plus LCD. Sayangnya yang namanya mahasiswa itu NGARET pake banget. Kecuali saya. Catat itu. *muka serius*. Janjian rapat pukul 4, mulainya pukul 5. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk rapat itu minimal 1 jam. Rapat belum selesai, udah disuruh keluar. 

Trus rapatnya dimana? Di selasaran tempat orang jalan. Ndeprok alias lesehan. Agak kzl ya hahaha tapi ya mau gimana. 

Kejatuhan buah mangga
Masih keinget banget ini malem-malem mungkin sekitar jam 8 gitu. Kami sedang rapat koor membahas tentang Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar. Pas serius-seriusnya, terdengar suara "Brukk!" keras. Sewaktu dicek: eh ada mangga jatuh satu. Matang pula. Kami makan bergantian, tanpa dicuci, tanpa dikupas, langsung makan aja. Enak! Malah jadi pengen lagi LOL.
***

Sebenarnya masih banyak yang bisa diceritakan hihi mungkin lain kali ya. Kebanyakan yang saya sebutin memang berhubungan dengan sarana-prasarana. Jujur saya bukannya saya nggak bersyukur bisa berkuliah atau gimana, tapi berkuliah itu juga mengeluarkan biaya. Nggak gratis. Seharusnya mahasiswa berhak juga mendapatkan yang terbaik.

Kok jadi kemana-mana ya? Begitulah biasa. Ngomongin soal kampus selalu menggebu-gebu. Kalo teman-teman, yang tak terlupakan selama kuliah apa nih?

You Might Also Like

24 comments:

  1. Hi Lulu, untung mangga nya ngga jatoh dikepala ya hihihi, pengalaman kamu seru dg motor mu kalo saya pengalamannya kejar2 bus tiap hari naik bus sempet hampir kecopetan, ahh serunya masa kuliah, thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya juga sempet jd pengguna bus kok hihi

      Delete
  2. Ngangenin kuliah..
    Enjoying Masa kuliah yaaa...Nggak keulang lagi deh^^

    ReplyDelete
  3. Hihihihi, geli bacanya, ketiban mangga wkwkwk. Trus yg pake helm moncreng biar nggak lupa wkwkw. Kok bisa Mbak sampai lupa parkir dimana. Mkn lebih aman naik angkot ya. Tapi kalo udah kemaleman dulu di yk udah nggak ada angkot. ANgkot jam 5 udah tutup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ribet mba harus pindah angkot ga ada yg sekali jalan jadi lebih enakan naik motor deh :)

      Delete
  4. "susah cari lahan parkir"
    ini saya banget :""")

    ReplyDelete
  5. Gak kebayang neh, pagi pagi buta pergi ke kampus, belum pernah ngerasain yang seperti itu. Tapi kalau kemalaman di kampus seh sering... .��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mainstream lah kalo kemalaman di kampus. Eaa

      Delete
  6. Yang paling saya inget ya dateng pagi sekali bahkan fakultasnya belom dibuka :( mana dulu belum secanggih sekarang yang ada gadget buat nemenin kalo bengong hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa sih tp mau ngapain juga jam segitu ngga ada yg dihubungin *ea jomblo*

      Delete
  7. haha sama nih soal masalah parkir. aku juga sering nggak dapet tempat parkir dan sering lupa juga parkir dimana. apalagi kalau kuliah malem gelap gelapan haha kenangan banget tapi ya :')

    ReplyDelete
  8. Point no 2 tu aku sering banget loe mbak, sampai2 mutar satu parkiran kampus untuk cari keberadaan motorku, padahal dia nggak berpindah sedikitpun sejak dari awal ku parkikan disitu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku kadang beneran pindah soalnya ga boleh dikunci setang huhu

      Delete
  9. Pengalamanmu gak ku rasakan tempoe doeloe.. Mungkin saya yang jadul kali ya, hehehe.. Pengalamanku sharing contekan fotokopi diperkecil.. Kalo pas ujian pas matkul paling susah, eee dapet yang jaga horor.. Aku dan teman2 sekelas ngumpulin duit, buat "nyogok" tu yang jaga.. Duh eeeehh.. Jangan ditiru ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contekan fc diperkecil jaman SMP/SMA deh tp bukan aku hihi

      Delete
  10. Aku kira kejatuhan buah mangga karena di pohon mangganya ada penampakan mba haha. Kalo aku paling inget pernah nangis ga boleh ikut ujian susulan STATISTIK karena aku pas hari H dateng telat ga boleh masuk ruang ujian. Bangun kesiangan efek belajar semalem TT
    sampe memelas dan ngejar-ngejar dosen akhirnya diijinin, dan untungnya dapet A haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah alhamdulillah bgt kalo kayak gitu sih yaa..hehe

      Delete
  11. Masa masa kuliah memang asik ya. Jadi pengen balik ke masa kuliah. Hehehe.Tapi yang cerita kejatuhan buah mangga lucu ya mbak..hehee

    ReplyDelete
  12. Hahaha berebut lahan parkir. Saya juga ngalamin, Mbak. Sampai2 saya merasa jadi tukang parkir handal saking susahnya ngeluarin motor.

    ReplyDelete
  13. Ya ampuuun, buka portal sendiri itu berasa jadi penjaga rumah orang ya, hahaha.
    ini kisah yang menginspirasi, jadi pengen nulis juga loh :)

    ReplyDelete
  14. kalau saya yang tak terlupakan malam tahun baru, ga ada duit dikos saja makan mie goreng wkk..wkk

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)