Sunday, May 07, 2023

Book Boss: Surga Buku Bekas Impor di Semarang

Puluhan tahun tinggal di Semarang baru tau ada pusat buku bekas selain di stadion. Maklum gaes baru punya uang sendiri sekarang. Baru bisa bebas beli-beli apa aja *curcol.

Book Boss: Surga Buku Bekas Impor di Semarang

Keberadaan book boss ini padahal udah cukup lama. 2000...belasan kalo gak salah inget? Lokasinya mudah dijangkau asal dengan kendaraan pribadi :P untuk kendaraan umum seperti BRT bisa berhenti di halte stasiun poncol. Lanjut becak atau ojek online.

Dari luar penampakannya nggak kayak toko buku. Malah mirip sama pabrik rokok yang ada di Kota Lama. Biru gonjreng, bahkan tulisan book boss nya aja gak ada :)) Berhubung ga kepikiran ngefoto bagian depan ini aku attach dari postingan instagramnya aja ya.


Yang harus diingat ketika mau kesini harap pantau instagramnya dulu apakah buka. Pengalaman aku udah sampe lokasi ternyata tutup. Hiks. Mana lokasinya panas lagi kan. HAHA. 

Book Boss Semarang
Jl. Dorang No.7, Dadapsari, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50173

Di kunjungan kedua aku mengubah strategi dengan cek instagram dulu. Begitu pasti buka, cuss. Asli ini tuh bikin trust issue tempatnya buat yang pertama kali. Bener nggak sih ini tempatnya? Parkiran sepi. Lingkungan sekitar sepi. Gak ada orang yang ditanya.

Pede aja deh, masuk kedalam. Masih sepi nggak ada suara kehidupan. Aku memutuskan naik keatas dannn...jreng. Benarlah ada penampakan buku-bukunya. Haah...akhirnya menghela nafas lega. Meski baru sampe langsung dibilang, "hari ini kami buka sampe jam 1 siang aja ya" bhaique. Yang penting udah kecoret dulu wish list nya.

Buku-buku di Book Boss ini mayoritas berisi buku berbahasa Inggris. Menurut stafnya, diimpor rutin dari UK. Ada buku berbahasa Indonesia nggak? Ada. Buku anak terbitan mereka sendiri. Yap, Book Boss ini punya percetakan buku anak juga. Cuma tepatnya dimana aku kurang tau sih.

Suasana didalam ruangannya remang-remang. Agak lembap, di beberapa titik keliatan bekas bocor gitu. Pokoknya definisi vintage, berdebu, panas dan kurang perawatan deh :"




Selain buku anak ada apalagi?
Majalah berbahasa Inggris, novel dewasa, dan buku psikologi (yang terakhir ini lumayan banyak). Harga yang dibanderol mulai Rp 17.000 - Rp 130.000. Bisa dilihat di label harga dibedakan dengan warnanya.



Bisa beli online nggak?
Bisa. Book Boss rutin buku-buku yang dijual di laman instagramnya. Pembeli bisa juga nanya dulu/pesen buku apa untuk dicarikan. Masih tradisional banget ya :p 

Didalam ruangan ada tulisan kalau mau ambil gambar/foto izin staf dulu. Aku kira bakal ada persyaratan tertentu gitu kan. "Boleh mbak, asal beli produk" - ooooh udah deg-degan dulu kudu ngapa-ngapain. Gak enak juga ya kalo dateng foto-foto doang ngga beli apa-apa. 


Ini dia hasil jajanku! Semuanya buku anak. Lebih ke alasan biar gampang dimasukin jok aja sih :)) Segini habis Rp120.000. Buku Winnie The Pooh ini hard cover. Aku liat keduanya kondisi cukup baik. Dalam artian gak ada bekas coretan, tumpahan atau kotoran lain. Berdebu dan kekuningan aja. Wajarlah untuk buku bekas. Menurutmu, ini mahal atau murah?


Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!