Wednesday, October 26, 2022

Buku Favorit (Sejauh Ini)

Memasuki putaran ketiga arisan, ditodong judul buku favorit. Gampang? Enggak. Bukan karena jarang baca buku. Justru sebagai self proclaimed bookworm ini tuh bingung mau pilih yang mana. Buatku, setiap buku ada kesannya masing-masing *ciyeh.

Buku Favorit Sejauh Ini

Tapi kan udah diminta favorit ya. Coba deh aku pilih beberapa diantara yang pernah kubaca. Dari kriterianya dulu ya. Buatku, favorit itu:
1) Tak lekang oleh waktu. Aciye kek lagu Kerispatih aja nih.
2) Banyak manfaat yang didapat. Hiburan pun masuk manfaat ya. Hehe.
3) Mudah diakses. Maksudnya bukan buku langka dan sulit buat didapet. Ini bukunya masih beredar luas dan bisa didapatkan di e-commerce maupun toko buku.

Daan bukunya adalah:

1) Revive Your Heart - Nouman Ali Khan

Revive Your Heart

Yang belum kenal Ustad Nouman Ali Khan, beliau ini aktif berdakwah lewat platform Bayyinah TV. Ceramahnya termasuk yang suka aku dengerin. Karena cara pembawaannya tuh luwes. Nggak menyiratkan jarak antara orang awam dan ulama. Trus ayat dan penafsiran Al-Qur'an yang dibawakan sangat mudah dipahami. Isu yang diangkat pun kekinian dan lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Di bukunya ini terbagi jadi 5 bab. 
- Connecting to Allah Through Du'a
- Creating a Cohesive Muslim Community
- Our Financial Dealings
- Some Contemporary Issue
- Focusing on The Akhirah

Kayaknya aku pernah bahas ini dikit deh di postingan buku yang udah kubaca. Gapapa lah ya. Isi buku ini ringan dan mengena. Mulai dari jaga hubungan dengan Allah, dengan sesama Muslim, isu saat ini dan bagaimana sebagai Muslim harus fokus ke Akhirat. Bahasanya tuh halus tapi pas gitu loh dengan kondisi saat ini.

Misalnya gimana kita nggak gampang suuzon ke sesama manusia apalagi Muslim yang notabene masih saudara kita. Kemudian ada pengingat untuk selalu tau darimana harta kita berasal. Perhatikan, karena didalamnya ada barokah. Dll. 

Saat ini belum ada versi terjemahan ke Bahasa Indonesia sih, tapi bisa laah untuk dipahami dengan bantuan google translate. Hehe. Oya saking sukanya aku ngadain giveaway berhadiah buku ini looh~

2) Serial Anak Mamak (Anak Nusantara) - Tere Liye

Kali ini fiksi. Jujurly memang Tere Liye ini salah satu penulis yang bukunya auto buy sih. Haha. Seseru itu loh. Yang ini bercerita tentang anak Mamak: Eli, Pukat, Burlian dan Amelia. Mereka dikisahkan tinggal di pelosok Sumatra sana. Jauh dari kota, hidup dengan kearifan alam dari hutan.

Banyaaak banget pelajaran yang dipetik disini. Contohnya waktu aku baca ulang serinya Burlian (sekarang berjudul Si Anak Spesial). Ada beberapa yang aku tandain.

"Pak Bin bilang sekolah bukan hanya tempat belajar menulis dan membaca. Sekolah juga tempat belajar banyak hal. Dengan sekolah akan banyak kesempatan yang datang."

"Jangan pernah membenci Mamak kau, Burlian... jangan pernah. Karena jika kau tahu sedikit, saja apa yang telah ia lakukan demi Kau, Amelia, Kak Pukat dan Kak Eli, maka yang kau tahu itu sejatinya bahkan belum sepersepuluh dari pengorbanan, rasa cinta, serta rasa sayangnya kepada kalian."

Yang 2 sebelumnya tentang pendidikan dan kasih sayang, yang ini ada diselipin tentang kepemimpinan. Dan beneran rilet dengan kondisiku saat ini didunia kerja.

"Boleh jadi pula kau punya pendapat lain. Itu sah-sah saja. Tapi yakinlah, membicarakan orang lain, menggunjingkan orang lain, itu sungguh tidak elok padahal kau memilih untuk tidak terlibat dalam prosesnya. Dan yang. lebih jahat lagi, ketika seorang pemimpin telah terpilih, kau justru lebih asyik memperoloknya dibandingkan membantunya bekerja."

Wajib baca deh serial anak Mamak ini. Harusnya ada di perpustakaan seluruh sekolah :') sebagus itu :")
Sejauh ini buku favorit (yang bisa aku rekomendasikan juga) sih ini ya. Ngga tau seiring berjalannya waktu apakah akan ada buku favorit lainnya. Yang jelas, so many book to read so little time we have so many distractions come. LOL.

1 comment

  1. Kalo aku sih salah satu kategori yang bisa disebut sebagai favorit itu ceritanya berkesan dan udah berapa lama pun aku masih inget alurnya, nama tokohnya, apa aja yang terjadi di buku.

    Kalo favorit mah emang bener kayaknya banyak ya tapi aku kalo disuruh milih sih ada Percy Jackson, Ulysses Moore, Lockwood n Co, The Bridge Kingdom. Hahahaha semuanya buku fantasy 😅

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!