Thursday, March 03, 2022

Waspada! 7 Gejala Influenza

Influenza merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja manusia di dunia ini. Sebelum virus influenza benar-benar menyerang dan menurunkan imunitas tubuh, kamu akan merasakan beberapa gejala sakit flu.

Waspada! 7 Gejala Influenza

Nah, kamu perlu mengetahui betul gejala influenza agar bisa cepat menanganinya. Dan sakit flu kamu tidak akan semakin parah.

Influenza adalah virus yang menyerang pernapasan pada hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Akan tetapi gejala influenza akan kamu rasakan di seluruh tubuh.

Untuk mengenali gejala influenza lebih jelas, kamu bisa mencari tahunya dan berkonsultasi dengan dokter yang tepat melalui aplikasi Klik Dokter, download di sini.

Nyatanya, setiap orang akan mengalami gejala influenza yang berbeda-beda. Akan tetapi gejala tersebut akan sembuh dengan sendirinya rata-rata di hari ke delapan. Biar kamu makin waspada dengan gejala influenza, yuk simak pembahasan lengkapnya dibawah ini!

1. Badan Terasa Lelah dan Lemas


Tanda-tanda influenza yang pertama adalah badan terasa lelah dan lemas padahal kamu belum melakukan aktivitas apapun. Gejala ini merupakan tanda akan terserang influenza berat. Umumnya gejala influenza akan dirasakan secara tiba-tiba dan menyerang sangat cepat yaitu dalam waktu sekitar 1-2 hari setelah tubuhmu terpapar virus influenza.

Badanmu akan merasakan pegal serta terasa linu yang disebabkan nyeri otot. Gejala ini akan kamu rasakan semakin parah sehingga membuat aktivitas sehari-hari menjadi terhambat.

Untuk meredakan gejala ini kamu bisa menyegerakan tubuh beristirahat, perbanyak tidur, serta minum air putih akan memulihkan imun tubuh untuk melawan virus influenza.

2. Tubuh Demam


Gejala influenza yang akan kamu rasakan selanjutnya yaitu demam. Demam merupakan tanda bahwa tubuhmu sedang mengalami peradangan yang disebabkan bakteri ataupun virus.

Demam merupakan respon alami tubuh, dimana tubuh sedang memerangi peradangan akibat infeksi peradangan tersebut. Gejala influenza dapat menyebabkan demam tinggi hingga 38 derajat celsius bahkan lebih, akan tetapi tidak semua orang akan mengalami gejala ini.

Jika kamu mengalami demam karena influenza, kamu bisa meredakan gejala ini dengan meminum obat paracetamol yang bisa kamu dapatkan di toko obat ataupun apotek. Paracetamol aman digunakan untuk seluruh usia.

3. Batuk


Batuk merupakan gejala influenza yang menandakan tubuhmu sedang diserang virus ataupun bakteri. Batuk yang disebabkan karena gejala influenza merupakan batuk dengan bunyi ngik-ngik dan dada terasa sesak, dan tak jarangan berbarengan dengan batuk berdahak.

Untuk meredakan batuk ini kamu bisa mengonsumsi obat batuk yang dijual di apotek, ataupun kamu bisa membeli obat batuk yang beredar di pasaran.

Ketika batuk dan bersin menyerang, kamu harus menutup bagian mulutmu agar virus dan bakterinya tidak tersebar ke orang disekitarmu. Sehingga orang lain tidak akan terpapar virus influenza, dan tetap sehat meskipun berada di sekitarmu.

4. Tenggorokan Sakit


Sakit tenggorokan yang kamu rasakan ketika gejala influenza menyerang bisa jadi karena batuk-batuk yang terus menerus sehingga tenggorokan iritasi. Akan tetapi jika gejala influenza menyerang kamu bisa sakit tenggorokan tanpa disertai batuk.

Kamu harus segera mengobati sakit tenggorokan ini, karena nantinya akan menyulitkan aktivitas kamu seperti makan dan minum. Parahnya, sakit tenggorokan akan semakin parah bersamaan dengan flu.

Untuk meredakan sakit tenggorokan ini kamu bisa berkumur air garam dan makan sup hangat, atau mengonsumsi permen pelega tenggorokan untuk meredakan sakit tenggorokan sementara.

5. Badan Menggigil


Gejala influenza selanjutnya yang akan dirasakan yaitu mengigil. Menggigil merupakan gejala influenza yang dialami karena terjadinya demam.

Namun, dalam beberapa kasus kamu bisa saja merasakan tubuh menjadi sangat dingin ketika demam belum muncul di tubuhmu. Hal ini bisa terjadi meskipun lingkungan disekitarmu bersuhu normal bahkan panas.

Untuk meredakan badan yang menggigil ini kamu bisa menyelimuti tubuh kamu dengan selimut tebal, agar tubuh dapat terasa lebih hangat. Setelahnya kamu bisa mengkonsumsi obat paracetamol atau ibuprofen untuk menurunkan demam agar menggigil di tubuh hilang.

6. Hidung Tersumbat


Gejala influenza selanjutnya yang cukup mengganggu kamu adalah hidung tersumbat, dan bahkan hidung menjadi meler. Hal ini akan membuat kamu kesulitan bernafas dengan baik.

Dalam kasus ini jaringan pelapis saluran hidung mengalami peradangan dan pembengkakan yang disebabkan karena influenza. Untuk meredakan gejala ini kamu bisa mengkonsumsi obat dekongestan dari apotek.

7. Sakit Kepala


Demam yang disebabkan influenza lama kelamaan akan membuat kamu sakit kepala. Untuk meredakan gejala influenza yang cukup menyiksa ini kamu harus banyak istirahat agar imun tubuhmu pulih kembali.

Selain istirahat yang cukup, kamu juga perlu mengonsumsi air putih. Sebab sakit kepala merupakan ciri dari dehidrasi. Dehidrasi inilah yang menyebabkan kamu akan merasakan haus berlebih, badan lemas, mulut kering, serta jarangnya membuang air kecil.

Gejala influenza yang dialami orang dewasa dan anak-anak sangat berbeda. Biasanya gejala influenza pada anak-anak akan ditandai dengan anak menjadi rewel terus menerus dan nafsu makan menurun. Pada anak-anak biasanya gejala influenza akan bertahan hingga satu minggu.

Nah, sekarang kamu sudah tahukan gejala-gejala influenza apa saja yang harus diwaspadai. Gejala-gejala tersebut biasanya akan membaik sendirinya kurang lebih selama 2 minggu.

Akan tetapi jika gejala-gejala diatas tidak juga membaik, kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penangan influenza yang serius. Karena jika influenza tersebut tidak ditangani dengan baik ditakutkan akan menimbulkan komplikasi influenza yang akan berakibat fatal.

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!