Saturday, January 01, 2022

Pengalaman Berkunjung ke Perpusnas di Masa Pandemi

Mengawali tahun dengan ceklis wish list tahun lalu: Perpustakaan Nasional. Nama aslinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, deng.

Pengalaman Berkunjung ke Perpusnas di Masa Pandemi

Been eyeing this place for longgg ago. Namanya pembaca buku yee pastilah mainnya ga jauh-jauh dari buku. Berhubung masih status pandemi nih, aku cari info terbaru dulu persyaratan kunjungan apa. Ternyata cukup pindai QR di aplikasi Peduli Lindungi. Pengunjungnya dibatasin 2000/hari.

Nah, bagi yang pertama kali kesini kayak aku semoga postingan ini bisa membantu ya.

Aku berangkat dari stasiun Cibinong naik KRL. Bisa transit di Manggarai, tapi aku pilih transit Stasiun Depok. Suka penuh Manggarai tuh. Dari situ pilih KRL arah Jakarta Kota. Turunnya di Gondangdia. Nggak ada yang turun Gambir soalnya. Baru deh lanjut angkutan lain. Ongkos naik KRL Rp5.000 aja. Selanjutnya berhubung kami bertiga, jadilah naik gocar. Ongkosnya Rp23.000.

Aku nggak sempet ((ngecekin)) satu persatu lantainya. Jadi Perpusnas ini ada 2 gedung. Gedung paling depan lobi dan ruang pameran. Nggak bisa dibilang museum juga ya karena koleksi yang dipajang hanya 2 ruang dan 1 area terbuka.

Ruang Pameran Perpusnas

Disini bisalah untuk pepotoan ala-ala. Heheh. Ada display informasi tentang tulisan-tulisan di masa lalu dan balok futuristik gitu isinya rangkaian tablet. Menarik buatku mendapat informasi tentang aksara disini.

Auto nyanyi Panji Diponegoro~~ ga sih


Selanjutnya masuk lebih dalam ada gedung kedua. Di gedung inilah inti dari Perpusnas yang terdiri dari 24 lantai.

Gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Mantep banget emang ya. Kapan kantorku kayak begini? *ngarep dulu.

Pertama masuk, minta kunci loker dan tas kepada petugas yang ada di sisi kanan. Wajib, ya. Kalo rombongan harus 1 orang 1 loker nggak? Tergantung barang bawaan. Misal dianggap muat aja tuh seloker buat rombongan ya boleh. Barang bawaan banyak? Ya lokernya bisa masing-masing. Sesuaikan aja.

Selanjutnya naik ke lantai 2, yaitu area pendaftaran kartu anggota. Nah disini ada alternatif biar nggak nunggu lama berhubung kuotanya dibatasi 200 orang/hari. Ada 4 counter tapi waktu aku berkunjung hanya dibuka 2, yaitu counter 2 dan counter 4.

Untuk mempersingkat waktu, sebenarnya bisa daftar duluan dari website perpusnas.go.id. Akan diminta data pribadi seperti NIK, alamat, domisili. Setelah berhasil, akan didapatkan kartu anggota digital. Ada barcode-nya gitu. Ini yang aku lakukan sehari sebelum ke Perpusnas.

Nah karena aku udah melakukan pendaftaran sebelumnya, aku ambil antrian untuk foto dan cetak kartu aja. Lumayan sih ngantrinya 30 menitan ada kali, ya. Ga perlu khawatir, ruang tunggunya nyaman kok. Sofanya empuk :P

Sambil menunggu, kamu bisa cek koleksinya di komputer yang tersedia. Aku sempet cek sih koleksinya nggak terlalu update ya. Aku cari bukunya Haemin Sunim cuma ada 1 versi terjemahan. Trus Rapijali belum ada. Hahaha. Teteuup ke fiksi.

Untuk kamu yang belum melakukan pendaftaran, bisa daftar juga di komputer yang disediakan.

Kartu anggota ini wajib dibawa untuk pinjam buku, ya. Sayang aku ga minjem jadi kurang tau durasi pinjam dan caranya gimana. Hehe. Oh ya saat ambil foto ini masker harus dibuka. Hmm agak riskan ya dimasa pandemi gini, mungkinkah Perpusnas akan menemukan cara lain?

Selesai dapet karu anggota, aku langsung cobain ke lantai 24. Dimana Monas itu keliatan sejelas-jelasnya dari sini. Spot favorit nih untuk selfie. Puas selfie, bisa juga nih baca atau kerja didalamnya. Disediakan sofa yang cozy abizzzz. Macem coworking space gitu loh. Posisi Perpusnas ini strategis banget buat ngelihat kehidupan di Jakarta *ahzek.


Buku-buku koleksi ada di lantai lain. Yang sempet kami kunjungi di lantai 19. Random sih pilih bukunya karena emang nggak niat mencari buku tertentu. Maklum first visit, lebih ke mempelajari ((medan perang)) dulu.

Fasilitas lain yang krusial: mushola di lantai 6 dan kantin di lantai 4. Apa sebaliknya, ya? Hahaha. Jangan takut nyasar sih. Di tiap lift nya selalu ada keterangan lantai. Musholanya representatif dengan tempat wudhu didalam dan terpisah. Untuk makanan di kantinnya terbatas. Yang aku liat macem geprek, soto, gitu. Harganya hmm lumayan ya geprek dibanderol Rp18.000. Aku pesen soto daging Rp35.000. Dengan rasa yang yaa pas-pasan. Hahaha.

Yak demikianlah kunjungan singkat ke Perpusnas. Harus balik lagi untuk eksplor lebih. Eh, mau eksplor ke perpustakaan lain juga sih. Ada rekomendasi? :D

7 comments

  1. Ahhhh ini juga wishlist ku bangetttt. Udah berapa lama ngerencanain pengen kesana tapi gak jadi-jadi karena emang lumayan jauh dari rumah. Belum lagi pas pandemi kemarin cuma weekdays aja yang buka makanya belom sempet "cicip" sampe sekarang. Semoga tahun ini deh bisa terpenuhi untuk kesana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisaa berkunjung ya. Seru deh pokoknya!

      Delete
  2. Ini yang lokasinya di jl Merdeka Selatan itu kan ya mbak?
    Dulu jaman masih di Purwokerto padahal aku rajin bgt ke perpus daerah loh, lha merantau ke Jkt kok ga kepikiran buat ke Perpus ya, padahal jaman masih jadi anak kos tiap minggu pasti jalan, apa mungkin karna emang udah ga suka baca kali ya hahha.

    Asli ini aku nyesel bgt sih ga kesitu waktu single, skrg udah ada buntut, tinggalnya jauh pula, udah mager duluan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul yg di Merdeka. Haha udah beda prioritas jugaa bisa jadi kan. Yuk bisa yuk ramein perpustakaan

      Delete
  3. Wahhh kak Lulu pas banget aku juga mau nulis soal Perpusnas karena aku sering ke sanaaa. Aku sering pinjem buku dan durasinya seminggu, tapi bisa diperpanjang online sekali kokk. Buku yang bisa dipinjem itu lokasinya di lantai 21-22 dan aku sering ngga nitipin tas dulu hehehehe. Gatau sih aslinya boleh apa engga tapi ngga pernah ditegur pas di lantai itu. Tapi setauku emang ada lantai yang bener-bener ga boleh bawa tas sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naiseuuu makasih sharingnya kak! Pengen juga minjem2 hihi

      Delete
  4. Kangen banget ke Perpusnassss. Aku terakhir ke Perpusnas waktu nyari bahan buat skipsian, jadi gabisa keliling2 karena fokus ke bahan skripsi T_T. Mau ke sana lagi jauh banget huhu. Kita sama-sama orang Cibinong, nih, Kak. Jadi pengabdi Stasiun Cibinong yang KRLnya ga setiap saat ada.
    Semoga tahun ini aku bisa ke sana lagi, deh, sekalian eksplor semua lantainya yang dulu belum sempet aku lakukan.

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!