Friday, October 01, 2021

Buku yang Selesai Dibaca di September 2021 + Book Mail(s)

Hola. Aku mulai overthinking lagi mendekati bulan-bulan akhir di 2021. Yang tandanya usiaku bertambah. Akkkk I don't want to get old! Haha.

Buku yang Selesai Dibaca di September 2021 + Book Mail(s)

Bulan September aku merasa nggak baca sebanyak di Agustus. Tapi belum crosscheck di goodreads sih. Mari kita crosscheck bersama ya!

Fiksi
Romance
1. Special Order - Alifiana Nufi
2. All That is Lost Between Us - Winna Effendi
3. Algoritme Rasa - Pradnya Paramitha
4. Savanna & Samudra - Ken Terate
5. Tarian Bumi - Eka Rusmini

Teenlit - Mystery
1. A Hole in The Head - Annisa Ihsani

Fantasy
1. Before The Cofee Gets Cold - Toshikazu Kawaguchi

Women empowerment & Human-ish (is that even a genre?)
1. A Woman is No Man - Etaf Rum
2. Sweat Bean Paste - Durian Sukegawa

Non-Fiksi
2. 148 Tips for Life - Desi Anwar

Total 12 buku. Betul ternyata lebih sedikit dibanding bulan lalu. Tidak apa. Tujuan membaca kan bukan sebanyak-banyaknya. Lebih ke apa yang didapat dan dirasakan setelah membaca *JIYAKKH.

Buku terbesar damage-nya alias nancep banget di hati: A Woman is No Man - Etaf Rum

Buku ini udah jadi wish list-ku sejak berselancar di litbase. Ketika ada deals di amazon ya ambil lah! Dan sukses mengaduk emosi. Ceritanya tentang 3 generasi wanita Palestina: Mertua-Mantu-Cucu (aku lupa namanya HAHA). Ketiganya menjadi imigran di Amerika Serikat. Dituliskan menggunakan sudut pandang ketiganya.

Si Menantu ini tipe polos diluar tapi sebenernya suka mikir didalam. Maklum, pembaca. Ketika dia ikut suaminya pindah ke Amerika Serikat, dia pikir akan mendapatkan kebebasan dibanding di Palestina. Ternyata, salah. Peran Mertuanya disini justru menjadikan dia semakin terbebani. Menuntut punya anak laki-laki dan ketika yang dia lahirkan "hanya" anak perempuan, si Mertua memandang sebelah mata. Cenderung meremehkan malah.

Situasi nggak membaik karena dia nggak punya support system. Ibunya jauh di Palestina. Dan udah menjadi budaya bahwa perempuan yang bersuami, bukan lagi bagian dari anggota keluarga sebelumnya. 

Suaminya kemana? Sebagai anak pertama, doi kerja lembur bagai quda. Macem sandwich generation gitulah. Lagi-lagi peran Mertua ini yang terus mendorong dan mendoktrin bahwa anak pertama tuh harus bisa bertanggung jawab atas keluarga. Termasuk adik-adiknya. Gila nggak? Iya, suaminya gila sampe mabuk-mabukan dan akhirnya membunuh istri (si Menantu). Hiks. Sad :"

Pada intinya lingkaran setan macam ini tuh harus terputus. Perempuan wajib berilmu. Berpendidikan. Dibuka akses pada banyak hal. Budaya patriarki jangan dipertahankan. Heran juga kenapa perempuan dipandang sebagai makhluk "kelas dua". Padahal perannya besar kan di kehidupan: melahirkan. Melanjutkan keturunan. Tapi selaluuuu laki-laki yang dinomorsatukan. Sigh. Harus kuat baca ini. Trigger warning.

Buku ter-plot twist: A Hole in The Head

Seriously buku ini vibesnya buku terjemahan! Padahal penulisnya orang Indonesia lho. Latar belakangnya di Swiss aduh cakep banget deh penggambaran bentang alamnya. Sampe aku googling dan sholawatin bisa traveling kesana *yuk aminin bareng2 yuk*

Ini tuh cerita detektif-detektifan ala bocah. Mencari penyebab kenapa penginapan ayahnya dibilang ada hantu? Sebagai anak yang kepo akhirnya cari tahu deh. Udah merinding duluan baca ini, taunya bukan buku horor :D

Favorite atau best book? Nggak ada. I think each book have their own charm gitu loh. After taste yang dikasih beda. Oh, kalo ada buku yang aku bingung apa maksudnya: Tarian Bumi. Alasan bacanya karena covernya itu cakep bener :') dan berakhir dengan: HAH? Trus ini maksudnya gimana? Alias aku nggak mendapatkan "sesuatu" dari buku tersebut. Yaudahlah ya...

***

Here goes the bookmails! Mayan boros nih bulan September :")) lagi seneng-senengnya beli di Amazon Kindle. Eh habis itu jadi ga bisa bayar karena dianggep regionnya beda. Hadeeh ga paham akutu. Doanya gini aja deh: yaAllah semoga dikasih rezeki buat beli buku original!

1. Rapijali 1: Mencari - Dee Lestari 
2. Rapijali 2: Menjadi - Dee Lestari
3. Al-Masih 2 - Tasaro GK
4. The Spanish Love Deception - Elena Armas
5. The Little Book of Hygge: Danish Secrets to Happy Living - Meik Wiking
6. Before the Coffee Gets Cold: A Novel - Toshikazu Kawaguchi
7. Sweet Bean Paste - Durian Sukegawa, Alison Watts
8. My Brilliant Life - Ae-ran Kim, Chi-Young Kim
9. Black Girl Unlimited: The Remarkable Story of a Teenage Wizard - Echo Brown
10. Where the Crawdads Sing - Delia Owens
11. Wonder - R.J. Palacio

Nggak usah dicantumkan harganya ya. Lumayan bikin kaget ngapain aku beli sebanyak ini HAHA :)) PR banget buat menyelesaikan semuanya :P yang aku cetak tebal itu udah selesai dibaca kok!

So, how's your reading journey last month guys?

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!