Friday, September 10, 2021

Review BASE: Skincare Aman untuk Remaja

Hai gaes. Apakah kamu punya permasalahan jerawat kaya aku? Di usiaku sekarang masih aja menyebut jerawat menjadi permasalahan utama.

Review BASE: Skincare Aman untuk Remaja

Rasanya udah berganti skin care berkali-kali tapi permasalahan ini belum juga selesai. Akhirnya aku memutuskan untuk kembali ke basic skin care. Kamu udah tahu apa itu basic skin care?

Mudahnya, basic skin care bertujuan untuk membersihkan, melembabkan, serta melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Jika kamu masih berusia remaja, mulailah memupuk kebiasaan merawat kulit dengan basic skin care terlebih dahulu. Belum perlu tuh penggunaan retinol, AHA, BHA dan bahan aktif lainnya. Semakin dini kamu merawat, semakin baik. Karena kulit wajah jadi terlindungi.

Nah kali ini aku mencoba skin care aman untuk remaja yang menyediakan rangkaian basic tersebut. Bisa banget untuk kamu yang 1) pemula yang baru pertama kenal skin care tapi nggak mau ribet, atau 2) kulitnya bermasalah tapi nggak ngerti bahan yang cocok apa saking banyaknya tren diluar sana.

Aku udah tertarik merek skin care ini cukup lama. Kenapa? Karena skin care ini menawarkan untuk personalized alias diformulasikan untuk kita.

Skin care ini menawarkan rangkaian perawatan wajah yang diracik dengan bahan pilihan kamu, disesuaikan dengan permasalahan kulit wajah. Tunggu-tunggu, berarti apakah ini skin care ini DIY (Do It Yourself)? NO. Bukan seperti itu ya. Yang dimaksud adalah skin care ini memiliki key ingredient berdasarkan jenis dan permasalahan kulit wajah.

Cara tahu karakteristik kulit menurutku tuh gampang-gampang susah. Jenis kulit pun bisa berubah berdasarkan banyak faktor: pertambahan usia, lingkungan tempat tinggal, diet sehari-hari, hingga aktivitas yang dijalani.

Finally I found you: BASE

Eh, daritadi aku belum sebut mereknya ya? Udah kebaca tuh di judul postingan ini: BASE Skincare. Yup, merek lokal punya. Skincare tanpa SLS, tanpa paraben, bahan aktif alami.

Selain itu, kelebihan BASE lainnya adalah:

1) Aman untuk kulit remaja
2) Bahan dengan kualitas tinggi yang bersumber dari seluruh dunia
3) Vegan
(OMG I love this!)
4) Bebas dari phthalates

Cara mendapatkan BASE: Skincare Aman untuk Remaja


Untuk mendapatkan personalized skincare, aku diminta mengisi skin test yang tersedia di website BASE. Dimulai dari data umum seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, apakah sedang hamil atau menyusui. Kemudian pertanyaan mengenai kulit dan gaya hidup yang kita jalani.

BASE Skin Test Your Skin

Pertanyaan mengenai kulit diantaranya, bagaimana kondisi kulit kamu? Kombinasi? Berminyak? Kering? Kondisi kulit apa yang diinginkan? Seberapa sering berjerawat? Tipe apa jerawat yang muncul? Di bagian mana? Dan beberapa kondisi khusus. Jangan lupa untuk mengisinya sejujur mungkin ya. Semakin kamu jujur maka akan semakin akurat formulasi skin care yang kamu dapatkan.

BASE Skin Test Your Lifestyle

Di bagian lifestyle akan muncul beberapa pertanyaan. Diantaranya berapa lama kamu berada di di bawah paparan sinar matahari langsung tiap hari? Jam berapa kamu tidur? Apakah kamu sering bepergian menggunakan mobil, motor ataukah berjalan kaki? Nggak ketinggalan pertanyaan mengenai diet, yaitu makanan sehari-hari

Dengan pertanyaan mendetail tersebut, BASE menganalisisnya untuk menemukan key ingredients yang tepat.

Aku mendapatkan 10 key ingredients. Penasaran nggak, apa aja?

1) May Chang (Kalimantan-Indonesia): meminimalkan pori-pori wajah
2) Jojoba Seed Oil (Tucson-USA): mengunci kelembapan kulit
3) Tea Tree Oil (Assam-India): mencegah timbulnya jerawat
4) Oat Silk Powder (Shrewburry-United Kingdom): mengurangi minyak berlebih
5) Salicylic Acid (Buchs-Switzerland): merawat kulit berjerawat
6) Witch Hazel (Suffolk County-USA): mengecilkan pori-pori
7) Niacinamide (Buchs-Switzerland): meratakan warna kulit

8) Allantoin (Champlan-France): memperbaiki sel kulit
9) Vitamin E (Champlan-France): melembutkan kulit
10) Chamomile Water (Cornwall-United Kingdom): penenang kulit

Wow, bahan bakunya melanglang buana yah! Keenam bahan-bahan tersebut dipadukan menjadi 3 basic skin care: cleanser, toner dan moisturizer.

BASE Skincare Package

First impression aku: keliatan mevvah! Rangkaian skin care ini di dikemas di 2 kemasan. Kemasan utamanya merupakan botol berbahan keramik dan kemasan luar kardus. Ketiganya menggunakan sistem pump, yaitu dengan menekan bagian atas kemasan, maka produk akan keluar sesuai dengan kebutuhan. Kemasan pump ini bisa dibilang higienis karena nggak perlu colek-colek produknya.

Nah ketiganya ini punya aroma sama. Aromanya ini unik banget! Aku belum pernah menggunakan skin care beraroma jamu. Iya bener. Jadi bahan-bahan yang aku sebutin tadi aromanya tradisional. Mengingatkanku saat sensasi pijat *eh gimana.

Nine to Ten Nourishing Cleanser


BASE Nine to Ten Nourishing Cleanser

Isi: 100 ml
Harga: Rp 98.000
Ingredients:
Aqua, Glycerin, Niacinamide, Triticum Vulgare Germ Oil, Glyceryl Caprylate Caprate, Cocamidopropyl Betaine, Decyl Glucoside, Sodium Levulinate, Sodium Anisate, Chamomilia Recutita Matricaria Flower Extract, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Xanthon Gum, Pullulan, Squalane, Camellia Sinensin Leaf Extract, Butylene Glycol, Litsea Cubeba Fruit Oil, Pelargonium Graveolens Oil, Sodium Chloride, Citric Acid, Potassium Sorbate, Sorbic Acid.
Klaim:
Sabun pembersih wajah yang akan membantu membersihkan kotoran, debu dan makeup dengan lembut

BASE Nine to Ten Nourishing Cleanser Texture

Cara pakai:
Tekan cairan pembersih wajah sebanyak 2-3 kali dan pijat secara lembut dengan gerakan memutas untuk membersihkan kotoran, dabu dan makeup. Gunakan setiap hari, pagi dan malam.
Review:
Pembersih berwarna krem agak bening ini teksturnya kental namun ringan. Bukan tipe yang pekat. Nah ketika dicampur air, dibanding cleanser yang lain busanya terbilang sedikit. Sewaktu diusap ke wajah, rasanya nyaman. Nggak ada sensasi ketarik. Justru setelah dibilas kulit terasa lembap.

Freshly Dew Toner


BASE Freshly Dew Toner

Isi: 100 ml
Harga: Rp 159.000
Ingredients:
Aqua, Anthemis Nobiis Flower Water, Glycerin, Polyglyceryl 4 Caprate, Propanediol, Sodium PCA, Sodium Levulinate, Sodium Anisate, Tocopherol, Cucumis Sativus Fruit Extract, Butylene Glycol, Hamamelis Virginiana Leaf Extract, Moringa Oleifera Leaf Extract, Citric Acid, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Alcohol.
Klaim:
Cairan penyegar wajah untuk membantu kulit lembab setelah penggunaan rutin.

BASE Freshly Dew Toner Texture

Cara pakai:
Gunakan dua kali sehari setelah menggunakan sabun pembersih dengan menggunakan kapas. Usapkan secara perlahan di area wajah serta leher. Diamkan beberapa saat sehingga cairan toner menyerap sempurna di kulitmu. Gunakan moisturizer setelahnya.
Review:
Tekstur toner ini seperti air. Beneran seringan itu. Malah waktu dituang langsung gliding saking ringannya. Pada saat kulit muka masih lembap (tidak kering sempurna), aku langsung mengaplikasikan toner. Ada 2 cara yang aku pake. Pertama dituang ke kapas lalu diusap ke wajah. Kedua, dituang ke tangan lalu ditepuk-tepuk ringan. Biasanya aku pakai cara kedua kalau keadaan kulitku kering, misalnya sepulang kerja dari luar dan langsung terpapar matahari.

Nggak ada sensasi tertentu yang aku rasakan sih. Toner ini tergolong cepat meresap. Aku suka pakai agak banyak biar makin kerasa lembap.

Ultra Clarity Balancing Lotion


BASE Ultra Clarity Balancing Lotion

Isi: 30 ml
Harga: Rp 189.000
Ingredients:
Aqua, Anthemis Nobiis Flower Water, Avocado Persea Gratissima Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Glycerin, Niacinamide, Squalane, Avena Sativa Kernel Flour, Dehydroacetic Acid, Tocopherol, Allantoin, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Xanthan Gum, Pullulan, Boswellia Carterii OIl, Melaleuca Alternifolia Leaf Oil, Salicylic Acid, Sodium Hydroxide, Benzyl Alcohol, Benzoic Acid, Citric Acid, Sodium Benzoate, Potassium Sorbatte
Klaim: 
Krim wajah yang membantu untuk melembapkan dan membuat kulit terlihat lebih sehat.

BASE Ultra Clarity Balancing Lotion Texture

Cara pakai: 
Gunakan krim di area wajah dan leher yang sudah dibersihkan setiap hari, pagi dan malam. Pijat krim dengan gerakan ke atas atau memutas untuk penyerapan maksimum.
Review:
Aku paling suka dengan moisturizer ini! Rasanya enaaak banget ketika dipakai. Lembapnya kerasa sampe dalem nggak cuma di permukaan aja. Teksturnya lebih thick daripada cleanser-nya. Untuk aromanya masih sama. Biasanya aku pake sebanyak 2 pump untuk seluruh wajah. Sambil dipijit ringan, moisturizernya nggak meninggalkan kesan lengket ketika diaplikasikan.

***

Setelah kurang lebih 2 minggu pemakaian, sejujurnya aku belum merasakan perubahan signifikan. Masih muncul jerawat di tempat yang biasa berjerawat. Terutama di bagian bawah bibir yang sering tertutup masker. Iya, aku hampir setiap hari pakai masker meskipun di kos. Karena banyak orang kan, aku hanya melepas masker ketika di dalam kamar.

Before After Penggunaan BASE Skincare

Namun yang aku notice dari penggunaan rangkaian BASE ini, kulitku terasa lembapnya lebih lama. Biasanya menjelang jam 11 udah terasa kering. Sekarang sampai terbasuh air wudhu masih terasa sisa-sisa lembapnya. Kemudian meskipun berjerawat, dia terhitung kalem. Bukan tipe yang bikin nyut-nyutan gitu loh. I think soothing agent in the skincare works well! Jadi aku nggak cranky deh.

Aku mau coba rutinin pake deh semoga bisa mengurangi jerawat di wajah :D buat kamu yang punya permasalahan wajah sama denganku, bisa coba BASE skincare yah. Psst, jangan khawatir dengan harganya. Aku punya kode diskon spesial untuk kamu. Gunakan kode LK35 untuk mendapatkan diskon 35% dengan minimal pembelanjaan Rp 100.000 yah! Kode ini hanya berlaku di website yah.

Bagi yang lebih suka belanja melalui e-commerce, BASE tersedia di Shopee! Happy shopping, BASE friends!

5 comments

  1. oh jadi ini ngisi quetioner dulu, trus hasilnya ada rekom jenis2 produknya, gitu ya? thx sharingnya, bisa kuinfokan ke ponakan ABG ku nih..

    ReplyDelete
  2. Wah kayanya bisa nih nyobain beli buat si kakak ya. Dia semenjak di pondok jd kluar jerawat kecil2 gtu

    ReplyDelete
  3. Keren, produk skincare-nya menyasar remaja.
    Putri-putri kita jadi punya banyak pilihan untuk merawat kulit mereka.

    ReplyDelete
  4. Jerawat tuh emang butuh perhatian ekstra yaa... skincarenya pun harus khusus, menyembuhkan jerawat sekaligus melembabkan.

    Dirimu mengalami maskne ya Lu, tumbuhnya di sekitar tempat yang tertutup masker gitu. Semoga lekas baikan ya jerawatnya.

    ReplyDelete
  5. Betullll skincare buat remaja yang penting 3 itu dulu ya. Nggak perlu retinol, aha dan bha. Jangan lupa skincare itu wajib. Anakku masih kelas 2 SD kadang pengen ikutan skincare an hihiiii.. Belum boleh yA

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!