Tuesday, September 21, 2021

Buku yang Selesai Dibaca di Agustus 2021 + Book Mail(s)

Setelah kupikir nulis postingan ini kok tidak sparks joy, ya. Kayaknya emang membosankan deh. Apalagi untuk yang baca. Hahaha. So I put it here biar nggak lupa ajalah. Meskipun ada Goodreads tapi kan beda sensasi. 

Buku yang Selesai Dibaca di Agustus 2021 + Book Mail(s)

Berikut adalah buku yang berhasil aku selesaikan.

1. 00:00 - Ardelia Karisa
2. Asmaraloka - Amara Kim
3. Cincin Lama Belum Kembali - Achi TM
4. Cloud Above My Bed - Malashantii
5. A Thousand Questions - Saadia Faruqi
6. Mantappu Jiwa - Jerome Polin
7. Back To You - Aqessa Aninda
8. Before I Met You - Achi TM
9. Trilogi Duo Detektif: Perburuan Nagabiru, Komplotan Pencuri Hewan Piaraan, Sabotase Lokomotif B2503 - Wiwien Wintarto
10. Fit and Proper Test - Soraya Nasution
11. Over The Moon - Soraya Nasution
12. Journal of Gratitude - Sarah Amijo
13. Minoel - Ken Terate
14. Littler Women: A Modern Retelling - Laura Schaefer
15. Mencari Simetri - Annisa Ihsani
16. Ibu Tercinta - Shin Kyung Sook
17. The Feminist Minds: Two Years of Collected Essays from Magdalene - Magdalene

Jika dilihat dengan seksama, maka fiksi masih berada di urutan pertama. Genre romance tentunya. Gak bosen emang baca buku sejenis itu. Terutama yang latar belakangnya mirip dengan kondisiku saat ini: perempuan kerja kantoran. 

Trikku untuk menemukan buku sejenis yaitu dengan mencari menggunakan kata kunci penulisnya. Biasanya sih penulis itu memang ada spesialisasinya. Contoh mbak Achi TM. Dia menulis genre romance dengan tetap memasukkan unsur Islaminya. Hiburannya dapet, reminder pun dapet *win win solution.

Buku paling shocking?

Apa nih shocking? Lebih ke mindblowing dan berhasil mengaduk perasaanku. Yaitu buku Minoel. Dilihat dari cover buku yang meriah, aku nggak menyangka isinya bener-bener dark. Ini cerminan perempuan difabel yang rendah diri. Lalu mendapatkan sexual abuse dari pacarnya yang manipulatif. Kenapa dia bertahan? Ya karena saking nggak percaya dirinya, yang mencintai dia itu hanya si pacarnya yang.........Astaghfirullah kelakuannya membuatku mengurut dada.

Miris. Maksimal. Entah ada berapa banyak Minoel diluar sana yang mengalaminya. It really anger me. But I don't know what to do except rattling on my social media to empower women. Huhu. Cry.

Masih dengan topik mirip yaitu Ibu Tercinta. It took me quite a time to finish this. Entah cara penulisannya yang nggak cocok denganku, atau terjemahannya yang kurang dapet feelnya. Ini tuh tentang ibunya yang hilang. Anak-anak mencari. Selama pencarian ini, mereka sadar bahwa mereka nggak tau apa-apa tentang ibu mereka.

Apa keluhan ibu.
Apa yang menjadi kesukaannya.
Apa yang dipikirkan ibu.
Keberadaan ibu menjadi semacam take it for granted. Ketika ada ya menganggap ibu memang "seharusnya begitu" tanpa mengingat untuk sekadar berterima kasih atas segala perjuangannya. Ibu yang aku tangkap disini: being left alone. Meanwhile she has to do everything to make a living. Untuk nyekolahin anak. Untuk menjaga nama baik keluarga. 

HUHU sungguh lelah membaca sosok-sosok perempuan di buku diatas :((

Buku dengan topik jarang kubaca?

Tentu saja bukunya Magdalene. Called me conservative, but I'm afraid this will affect how I think :)) topik yang diangkat tergolong tabu di Indonesia. Childfree, LGBT, atheis, dan beberapa tentang pernikahan. Sensitif banget untukku yang dibesarkan di lingkungan mayoritas dan cenderung homogen.

Meskipun membaca buku ini, aku tetap pada pendirian dan apa yang aku yakini. 

Terakhir, buku sederhana namun heartwearming

Jatuh kepada Littler Women. Ini modern retelling dari versi klasiknya. Keluarga March hidup di zaman sekarang, ada pesawat, handphone, dll dengan tetap mempertahankan kesederhanaannya. Ada konflik-konflik kecil namun penyelesaiannya dilakukan dengan ngobrol dari hati ke hati. Di akhir bab ada resep masak atau membuat craft. Aaakk, kayak baca buku anak-anak! Ya emang buku anak sih hahaha beli di BBW. Covernya aja lucuk banget!

Littler Women: A Modern Retelling - Laura Schaefer
Beli di BBW

Book mails masih tetap buku elektronik ternyata.

1. A Thousand Questions - Saadia Faruqi (Rp 31.739)
2. Bibi Gill - Tere Liye (Rp 65.175)
3. The Joy of Missing Out - Tonya Dalton (Rp 39.674)
4. A Woman is No Man - Etaf Rum (Rp 29.665)

Wow ternyata jajan bukuku udah 3 selesai dibaca di bulan September :)) tidak menjadi tumpukan TBR *proud mama. Anyway, adakah judul buku yang sudah kamu baca dari daftar diatas?

2 comments

  1. Halo Kak Lulu.. udah beberapa kali kesini tapi baru sempat ninggalin komentar. Tulisannya menginspirasi, ngerasain hal yang sama kadang nulis rekap bulanan kayak gini bikin bosan. Sepertinya mau aku coba nulis dengan gaya yang mirip seperti Kak Lulu punya. Makasih ya kak buat tulisannya! 😁 salam kenaaal

    ReplyDelete
  2. Dari list diatas yang udah aku baca itu baru Asmaraloka dari Arata Kim dan yang lainnya belom. Minoel sih udah jadi inceran tapi ragu terus karena bukunya yang lumayan dark itu... Kalo little women sendiri aku baru tonton filmnya tapi belum baca bukunya sama sekali. Bagusan mana Mba antara buku dan filmnya?

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!