Tuesday, May 12, 2020

Jenis Perpaduan Warna

Ada berapa jenis perpaduan warna? Di postingan ini akan ditunjukkan beberapa kombinasi warna yang bisa menambah pengetahuanmu. Karena pada intinya pilihan warna tergantung dari selera masing-masing individu. 

Jenis Perpaduan Warna

Selain variasi warna yang banyak, memilih beberapa warna untuk dipadukan juga ternyata tidak semudah yang kamu bayangkan. Jika melibatakan preferensi pribadi, menyesuaikan satu atau beberapa warna cat akan memudahkanmu dalam menentukan pilihan yang tepat.

1. Perpaduan Harmonis

Perpaduan warna yang harmonis/ color hamony dapat dicapai dengan melakukan kombinasi warna yang tepat. Kombinasi warna harmonis adalah memadukan dua warna atau lebih karena menganut prinsip-prinsip seni rupa. Warna tetap harmonis dengan menggunakan prinsip kesatuan, kontras, dll melalui data lokasi warna yang didapat pada lingkaran warna (color wheel). Biasanya warna-warna yang dikombinasikan itu bersebelahan/berdampingan atau berhadapan dalam lingkaran warna/color wheel.

2. Perpaduan Analog

Analog sering disebut juga sebagai warna-warna senada, yaitu penggunaan warna-warna yang berdekatan atau terletak bersebelahan pada lingkaran warna. Misalnya: merah-merah oranye-oranye; biru-biru violet-violet;hijau-kuning hijau-kuning. Biasanya berpatokan pada warna-warna yang umum. Perhatikan lingkaran warna, kamu akan mendapati warna-warna itu juga memiliki temperatur yang sama, misalnya: semuanya warna-warna sejuk atau semuanya warna-warna hangat. Untuk menghindari kesan monoton, variasikan banyaknya pemakaian warna-warna tersebut. Jadikan salah satu warna sebagai warna yang dominan, lainnya sebagai aksen.

3. Perpaduan Monokromatis

Jika direncanakan dengan baik, warna-warna monokromatis bisa menciptakan kesan tenang, anggun, atau elegan. Kunci suksesnya adalah penggunaan warna-warna yang memiliki value serta intensitas yang sama atau dengan sedikit gradasi. Warna-warna netral bisa menjadi aksen yang menarik atau menjadi warna dasar dari perpaduan warna monokromatis. Misalnya, gunakan warna dasar abu-abu, lalu tambahkan sentuhan warna netral lainnya sebagai aksen. Contoh perpaduan warna monokromatis: Biru tua-biru-biru muda-putih kebiruan.

4. Perpaduan Komplementer

Komplementer adalah warna-warna yang saling melengkapi. Perpaduan ini dibentuk dari warna-warna yang berlawanan atau berseberangan pada lingkaran warna. Kesan yang ditimbulkan oleh warna-warna komplementer biasanya adalah suasana yang menggairahkan. Merah dan hijau, kuning-oranye dan biru-violet adalah beberapa contohnya. Tidak selalu harus warna-warna yang tepat berseberangan, bisa juga dipakai warna-warna yang nyaris berseberangan, misalnya: warna kuning-hijau dipadukan dengan violet bisa jadi perpaduan yang sangat cantik meski warna-warna tersebut tidak tepat berseberangan. warna-warna komplementer biasanya akan saling memperkuat. Misalnya : dinding berwarna kuning akan makin menonjol jika kusennya berwarna abu-abu violet pucat.

5. Perpaduan Kompleks

Perpaduan ini terdiri dari warna apa saja yang ada di lingkaran warna. Kombinasi ini terdiri dari warna apa saja. Merah, hijau, kuning-oranye dan biru-violet atau hijau-biru, merah-violet dan kuning-oranye. Menggembirakan, Sebab secara otomatis warna-warna ini akan saling menyeimbangkan temperatur warna dalam pandangan mata kita.

Teknik Perpaduan Warna


Mencampur warna dengan tujuan bisa menghasilkan warna baru diperlukan juga teknik teknik khusus, agar pengerjaan bisa lebih mudah dan maksimal. Selain itu perlu kita ketahui dalam melakukan hal itu kita juga harus dapat memperhatikan perbandingan antara persentase setiap warna agar nantinya dapat menghasilkan warna yang sesuai keinginan. Dalam metode pencampuran warna terbagi menjadi 3 istilah yakni sebagai berikut :
  • Warna Primer = Merah, Kuning, Biru
  • Warna Sekunder = Orange, Hijau, Ungu
  • Warna Tersier = Magenta, Cyan dan sebagainya
Meskipun berbagai perpaduan warna yang ada memberikan banyak pilih, gunakan warna dengan bijak. Pilih warna utama yang dominan dan sandingkan dengan warna harmonis yang relevan. Jika warna utama adalah merah, jangan gunakan terlalu banyak. Warna merah adalah warna yang kuat dan harus diseimbangkan oleh warna yang lebih lembut. Tetap gunakan prinsip-prinsip seni rupa dan desain dalam menata kombinasi yang telah ditetapkan. Misalnya merah digunakan dalam proporsi yang lebih sedikit dibanding hijau, untuk menerapkan prinsip keseimbangan.

Itulah jenis dan teknik perpaduan warna. Kamu dapat mencari perpaduan warna yang bagus dari asianpaints.co.id.

17 comments:

  1. Kalau buat cat rumah suka warna-warna kalem. Maunya perpaduan warna harmonis. Tapi realita perpaduan warna kompleks

    ReplyDelete
  2. Sekarang makin beragam ya aneka warnanya, ntar kalau anak sudah besar pengen ngecat lagi, sementara dinding rumah buat coretan anak dulu lah hehehe

    ReplyDelete
  3. Nah iya padu padan warna ini juga ngaruh ke mood juga ya, warna hangat dan dingin harus pas padu padannya apalagi buat cat rumah, krn klo salah bisa ngerusak suasana, jd perlu bgt baca panduan kyk di atas

    ReplyDelete
  4. Klaau aku suka warna-warn ayang menggairahkan..salah satu hal yang paling mendasar adalah isi lemari bajuku adalah warna cerah dan ceria

    ReplyDelete
  5. Saya cenderung lebih cocok warna monokrom karena kesannya adem dan menenangkan. Untuk warna pakaian juga saya cocok karena kesannya jadi merampingkan, cocok juga buat kulit saya yang sawo matang. Sepertinya ini warna paling aman buat saya 😊

    ReplyDelete
  6. Aku suka warna soft2 gitu...pingin juga ngecet rmh tp ada bocil msh suseh hehe

    ReplyDelete
  7. Aku suka ungu, warna sekunder yg merupakan perpaduan merah dan biru. Berani, namun tenang menghanyutkan. Eh..ngasal deh..hehe..

    ReplyDelete
  8. Sekarang kalo beli cat udah ada fasilitas buat campur2 warna sesuka hati ya. Bisa liat penjelasan inj supaya dapet hasil yg bagus

    ReplyDelete
  9. baru tahu kalau jenis perpaduan warna ada sampai lima jenis, tahunya cuma warna-warna yanag adav di spidol warna ajan hihi

    ReplyDelete
  10. Kalau dulu, yang suka nabrak warna sering dikatain norak hahaa.. Tapi sekarang nabrak warna justru keliatan bagus ya. Tapi aku tetep suka warna kalem sih

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen ngecat rumah deh baca artikel perpaduan warna begini, suasana rumah pasti lebih nyaman kalau catnya diperbarui..

    ReplyDelete
  12. Rumahku yang sekarang ini warna tiap ruangan beda. Ini genap 10 tahun ada rencana untuk dicat ulang. Pengennya kali ini pakai warna gradasi aja, biar lebih minimalis

    ReplyDelete
  13. Dulu aku suka banget dengan yang monokromatis. Sekarang udah mulai suka dengan gabungan warna-warni yang ceria. Kamar anak sulungku aja kukasih sedikit campuran pink agar segar keliatannya.

    ReplyDelete
  14. Aku tuh nggak mudeng warna-warna. Mau itu baju atau dinding.. ngertinya warna dasar doang. Makanya bingung kalau ditanyain maunya biru yang kaya gimana.. hahaha... Di mataku hanya Ada biru muda dan biru tua.. wkwk.

    ReplyDelete
  15. perpaduan analog biasanya aku pakai untuk pemilihan warna pakaian yang akan aku kenakan. kurang lebih perpaduan analog ini bisa menjadi acuan untuk pakain formal dan non formal. tapi kalo untuk desain interior dan tembok aku belum terlalu faham sebab ejauh ini tembok selalu harus putih bagiku. hehehe

    ReplyDelete
  16. Lagi suka warna2 pastel nih buat kamar. Kesannya sejuk dan tenang. Avitex mmg oke pilihan warnanya.

    ReplyDelete
  17. kalau saya lebih suka perpaduan yang harmonis atau pake color wheel gitu mbak

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!

COPYRIGHT © 2020 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES