Wednesday, May 13, 2020

Jarang Diketahui, Ternyata Ini 5 Fungsi Lain Dari Oli Mesin

Oli merupakan cairan yang sangat penting bagi kendaraan. Sejauh ini, kamu mungkin tahu bahwa oli bermanfaat sebagai pelumas mesin baik untuk motor maupun mobil. Setiap mencapai jarak tempuh dalam beberapa kilometer, oli harus diganti. 

Jarang Diketahui, Ternyata Ini 5 Fungsi Lain Dari Oli Mesin


Padahal, ada fungsi lain yang sangat bermanfaat bagi mesin. Sehingga, memperhatikan kerutinan penggantian oli sangat penting untuk kendaraanmu. Berikut informasi mengenai kegunaan atau fungsi lain dari oli mesin yang jarang diketahui.

5 Fungsi Lain Dari Oli Mesin


1. Pendingin Mesin

Saat kendaraan digunakan, mesin yang berputar dengan kecepatan sangat tinggi akan menimbulkan panas yang luar biasa. Penyebabnya adalah besarnya gaya gesek antar besi di dalam mesin tersebut. Tingginya suhu mesin ini bisa diturunkan dengan penggunaan oli. Saat oli digunakan, suhu yang tinggi dan panas bisa dinetralisir sehingga overheating atau kelebihan panas tidak terjadi pada mesin kendaraan.

2. Penyekat

Fungsi lain dari penggunaan oli mesin bagi kendaraanmu yaitu sebagai penyekat. Di dalam mesin tentu terdapat bagian – bagian metal yang saling bersinggungan dan berkaitan. Nah, disinilah fungsi oli yang juga sangat penting. Oli bisa menjadi penyekat di antara dua logam yang saling bersinggungan. Hal ini membuat gesekan diminimalisir antar keduanya sehingga komponen dan bagian di dalamnya tidak akan cepat terkikis atau cepat aus.

3. Pembersih Ruang Mesin

Saat mesin bekerja dan berputar, kondisi ini akan menghasilkan gram – gram besi yang akan direduksi oleh oli mesin. Tak hanya itu, komponen tersebut juga akan diendapkan ke dalam bak penampung oli. Di dalam bak penampung tersebut ada sebuah magnet. Magnet ini memiliki fungsi untuk menahan gram besi agar tidak naik kembali saat oli dipompa naik.

4. Anti Karat

Seperti yang kamu tahu bahwa logam atau besi sangat rentan mengalami karat. Dengan penggunaan oli mesin, hal ini akan mencegah karat. Saat terjadi proses gesekan di bagian – bagian dalam mesin, kondisi ini menyebabkan panas dan dari reaksi kimia ini terjadi karat. Contohnya, misalnya kamu membakar besi pisau baja lalu dibiarkan. Kondisi ini akan membuat pisau tersebut berkarat hanya dalam beberapa menit. Nah, dengan penggunaan oli ini, karat yang timbul karena proses pergesekan antar besi bisa dicegah dan dihindari.

5. Pelumas atau Lubricating

Fungsi terakhir dari penggunaan oli bagi kendaraanmu yaitu sebagai pelumas atau lubricating. Oli bisa berfungsi sebagai pelumas yang akan menjaga gesekan antar komponen yang ada di dalam mesin menjadi lebih kecil. Hal ini membuat kinerja di dalam mesin menjadi lebih lancar. Selain itu, bunyi – bunyian metal juga akan berkurang sehingga kerusakan pada mesin bisa dicegah dan diminimalisir.

Itulah beberapa fungsi lain dari penggunaan oli mesin yang masih jarang diketahui orang. Sangat banyak dan bermanfaat sekali, bukan? Maka sebaiknya kamu rutin mengecek jarak tempuh kendaraan dan memperhatikan penggantian oli secara berkala. Jika hal ini tidak dilakukan, bukan tidak mungkin mesin dari kendaraanmu akan mengalami kerusakan atau bahkan mengalami aus (terkikis).

Penggunaan oli mesin yang berkualitas juga sangat penting untuk diperhatikan. Kamu juga tidak boleh salah pilih antara oli untuk mobil atau motor. Keduanya memiliki spesifikasi dan bahan pembuatan yang berbeda sehingga tidak boleh sembarangan dalam menggunakan. Buat kamu yang ingin mendapatkan informasi lainnya seputar mobil dan motor, kunjungi mobil.co.id. Berbagai informasi bisa kamu dapatkan baik berkaitan dengan oli, dan segala hal yang berkaitan dengan kendaraan.

No comments:

Post a comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!

COPYRIGHT © 2020 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES