Sunday, December 29, 2019

Cara Merawat Luka Operasi di Rumah

Kamu yang baru saja menjalani operasi tentu ingin jahitannya segera dilepas. Kuncinya adalah di penyembuhan luka, semakin cepat luka operasi sembuh maka semakin cepat pula jahitan akan dilepas.


Setelah pulang dari rumah sakit perawatan luka lebih banyak ada di tanganmu sendiri. Kamu hanya akan sesekali bertemu dokter, mungkin seminggu sekali untuk pemeriksaan berkala.

Perawatan di rumah ini krusial, tentu dokter akan memberikan petunjuk bagaimana merawat luka operasi sehari hari. Beberapa tips di bawah ini juga bisa kamu pertimbangkan untuk dijalani.

Amati Perkembangan Luka
Setiap hari terutama saat mengganti perban amati luka operasimu. Lihat apakah ada sesuatu yang mencurigakan seperti nanah atau bercak merah. Jika ada, segera periksakan ke doktermu.

Ganti Perban Secara Berkala
Tanyakan pada dokter frekuensi penggantian perban. Lalu di rumah lakukan petunjuk dokter itu dengan baik, jangan dilewatkan meski sekali saja. Cara mengganti perban bisa kamu pelajari saat masih di rumah sakit, kamu bisa memperhatikan dan bertanya saat perawat mengganti perbanmu.

Jaga Kebersihan
Ada 3 hal yang harus kamu jaga kebersihannya terkait luka operasimu. Pertama adalah kebersihan luka operasi. Tutuplah luka untuk menghindari paparan dengan lingkungan sekitar. Area sekitar luka juga perlu mendapat perhatian, jaga agar selalu bersih.

Kedua adalah kebersihan tubuhmu. Bisa kamu capai dengan rutin mandi dan mencuci tangan, namun hati hati agar lukamu tidak terkena air.

Ketiga adalah kebersihan lingkungan. Ini penting sekali untuk meminimalkan paparan kuman dan bakteri. Bersihkan kamar dan rumahmu teratur, sebisa mungkin jangan tumpuk sampah di dalam rumah.

Percepat Kesembuhan
Selain obat dari dokter kamu bisa mengonsumsi suplemen, tentu sebaiknya kamu berkonsultasi dulu ke dokter atas pilihan suplemenmu. Diantara yang beredar di pasaran, inbumin adalah suplemen yang bagus untuk pasien pasca operasi.

Obat herbal yang mengandung protein dan asam amino ini berfungsi mempercepat penyembuhan luka. Kamu bisa mendapatkannya di apotik atau kalau mau lebih praktis bisa order di website atau aplikasi Goapotik. Dengan harga terjangkau kamu bisa mendapatkan inbumin 30 tablet.

Jaga Aktivitas

Tips terakhir adalah jaga aktivitasmu. Yang rentan terhadap luka operasi adalah aktivitas berat seperti berolahraga yang banyak gerak, atau bekerja yang perlu mengangkat barang berat. Kedua adalah aktivitas yang bersinggungan dengan kotoran, maka sementara biarlah sampah rumah tangga diurusi anggota keluarga yang lain.

13 comments:

  1. kebetulan aku lagi ngerawat luka bekas operasi mertuaku.. memang butuh ekstra perhatian ya supaya luka cepat kering, gak infeksi dan lain-lain. tapi selama penanganannya bener. InsyaAllah luka akan baik-baik aja

    ReplyDelete
  2. Menjaga kebersihan bagian yg habis di operasi memang penting banget ya. Jangan sampe krn ga beraih jd infeksi ya. Thanks sharingnya say

    ReplyDelete
  3. Trims utk tipsnya ya.. sebenarnya tak sulit klo kita tahu apa2 yg harus dilakukan / dipersiapkan ya..

    ReplyDelete
  4. Baca ini jadi inget dengan luka pasca operasi caesar. Memang menjaga bekas luka setelah operasi itu vital dan sangat penting supaya tidak terjadi infeksi.

    ReplyDelete
  5. Kalau sudah tahu cara merawat, luka operasi pun bisa home healing ya.
    Yang penting ikuti pesan dokter, juga ditambahkan dengan tips dari mbak Luluk di post ini ^^

    ReplyDelete
  6. Kebersihan itu faktor utama yang harus diperhatikan karena kalau sampai nggak bersih nanti malah bisa bikin infeksi bukannya sembuh malah tambah parah ya...untung dikasih tips mengingat poin penting yang harus diingat, makasih ya...

    ReplyDelete
  7. Aku pernah jarang ganti perban abis kecelakaan, eh nempel perbannya dan justru itu yang bikin luka membekas. Nyesel aku, andai aku rajin ganti perban hehehe
    makasih ya cantik tipsnya.

    ReplyDelete
  8. Jadi ingat zaman habis operasi sesar.. harus jaga bekas operasi baik-baik sambil dicek udah oke nggak. Asal ngikutin Saran dokter.. insya Allah Akan cepat membaik kok. Makasih sudah diingatkan, siapa tahu tahun depan lahiran sesar lagi ye Kan.. wkwk

    ReplyDelete
  9. Pake jasa goapotik lebih praktis ya Luk? Kadang tuh kalau pas di rumah ga ada siapa-siapa dan anak ga bisa ditinggal bingung juga ya mau beli obat gini.

    ReplyDelete
  10. Iya, lebih baik beristirahat dulu ya agar luka lebih cepat sembuh jangan beraktivitas berat dulu

    ReplyDelete
  11. Meski belum pernah operasi atau merawat keluarga sehabis operasi tapi ini noted banget tips nya, barangkali suatu saat dipakai tips nya. Tengkiuu Luluu

    ReplyDelete
  12. baca ini inget waktu nemenin anakku dijahit dagunya...walaupun cuma 5 jahitan tapi miris banget ngeliatnya. apalagi perawatan setelah dijahit sambil nunggu agak kering buat dibuka lagi jahitannya. bener memang harus steril biar ga infeksi.

    ReplyDelete
  13. Kujadi ingat pasca operasi secar..hehe.
    Ngeri banget kalau sampai infeksi soalnya ada temen yang udah hampir sebulan di bekas jahitannya rembes gitu.. jadi basah lagi

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi yah.

COPYRIGHT © 2019 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES