Monday, October 22, 2018

Paket 3 in 1 di Purbasari Influencer Academy 2018

Apa yang muncul di benakmu saat mendengar kata "influencer"? Menurut Oxford Dictionary, influencer is a person or thing that influences another. Dalam definisi kekiniannya, influencer is a person with the ability to influence potential buyers of a product or service by promoting or recommending the items on social media.

Mudahnya, influencer diartikan sebagai orang yang memiliki pengaruh dan potensi untuk mempengaruhi orang lain dalam mempromosikan sesuatu. Sesuatu disini nggak terbatas pada barang saja. Bisa juga ide, gagasan, ataupun suatu gerakan tertentu.

Untuk menjadi influencer tentunya dibutuhkan kemampuan alias skill tertentu. Nggak tiba-tiba terdengar suara, "Clingg..." dan jadilah influencer dalam waktu semalam.


Ngomongin tentang influencer, ternyata di Indonesia ada akademinya sendiri loh. Yaitu Purbasari Influencer Academy atau PIA! Hehe. PIA adalah program yang diadakan oleh Purbasari untuk mengedukasi, menginspirasi para Beauty Enthusiast dalam membentuk karakter, skill dan passion mereka terhadap produk kecantikan. Kalian tau Purbasari kan gengs? Saya aja yang amatiran ngerti kok. Lha lipstik pertama yang dipunya aja merk Purbasari. 


Sesuai dengan tujuan PIA, disini para influencer (wanna be) dibekali 3 ilmu untuk mendukung eksistensinya. Makanya jangan heran ya kalo aku kasih judul ini paket 3 in 1. Hehe. Narasumber yang hadir berbeda-beda di setiap kota. Untuk Semarang, ada 3 narasumber yaitu Anunk Aqeela, Ini Vindy, dan Natasha Estelle. Selain Semarang, kota yang udah disambangi PIA 2018 ada Jakarta, Surabaya, Malang, Bandung, dan Bali. Persinggahan terakhirnya di Jogja tanggal 3 November mendatang!


Di Semarang, acara ini diadakan Sabtu (20/10) lalu. Bertempat di Gets Hotel Semarang mulai pukul 10.00-17.30 WIB. Mundur 1 jam dari yang tertera di undangan, pukul 09.00.

Bapak Prono dari PT. Gloria Origita Cosmetics (pabrik Purbasari) dengan pelepasan balon. Harapannya agar Purbasari dapat selalu melejit *ea. Amiin.

***
Kelas pertama sejatinya dikasih judul "Writing Class". Tapi menurutku ini bukan kelas menulis sih. Isinya justru lebih ke trik memunculkan personal branding. Nevertheless, ilmu yang diberikan kepake sebagai blogger.

Mbak Anunk Aqeela, pemateri kelas pertama ini adalah seorang fashion designer. Di awal kami sudah diwanti-wanti untuk no hard feeling karena dia akan ngomong secara blak-blakan mana yang benar dan yang salah. 

Menurut kalian personal brand itu apa gaes? 

Personal brand adalah hal yang unik, beda, ciri khas dari seseorang. Biasanya personal brand ini ditunjukkan lewat visual. Bagaimana kita berpenampilan dan bertingkah laku. Singkatnya, dilihat dari etika alias manner terhadap orang lain. "You are what you think," ujar Mbak Aqeela. Kita adalah apa yang kita pikirkan dan persepsikan. 

Mbak Aqeela (btw doi udah bukibuk ya gaes)
Mbak Aqeela ngajarin nih ke peserta gimana cara jabat tangan, duduk, berpakaian. Untuk jabat tangan nih gaes ada triknya. Kita harus menjabat tangan lawan bicara dengan meremasnya erat. Ini tandanya kita percaya diri. Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan eye contact. Nggak harus kayak tatap-mata-saya-nya Ojan ya. 

Teruus masalah duduk nih. Kalian udah ngerti belum cara duduk yang baik dan benar? 

Belum? Sini tak kasih tau gaes tenang. Baik akutu anaknya. Pertama pastikan punggung menyentuh bagian belakang kursi. Jadi nggak membungkuk, jangan senderan leyeh-leyeh juga. Nah terus kakinya dikemanain? Kaki kiri dibelakang, kaki kanan ditimpakan ke kaki kiri. Arahkan ke samping. Pernah liat nggak acara Putri Indonesia waktu nunggu urutan maju? Kayak gitu tuh etikanya yang bener. Menurut dunia internesyenel. Begicu.

Masih ada lagi nih, tangannya gimana? Tangannya dipertemukan *ea* macem megang mangkok. Atau boleh juga dengan menautkan jari jemarinya. Letakkan di atas paha. Inget, paha sendiri! Jangan paha temen sebelahmu. Biarpun kita ini bukan keturunan bangsawan, nggak ada salahnya lah belajar kayak gini. Siapa tau bernasib sama kayak Kate Middleton? 

Tips untuk personal branding dari Mbak Aqeela nih:
  1. Konsisten dengan nama panggung. Kalo namanya Lulu Khodijah ya udah jangan ganti jadi Lulu Chub Chubby gitu. Buat blogger bisa konsisten penggunaan username di berbagai media sosial. Boleh juga dikasih hestek khas buat postingannya.
  2. Ceritakan dirimu. Kamu blogger? Tulisannya isinya apa? Jangan diem-diem bae. Pembaca kan kepo juga kamu itu siapa.
  3. Jalin hubungan. Gabung ke komunitas terkait minat kamu. SKSD juga nggak dilarang asal tau batas.
  4. Buat rencana yang terukur.
  5. Sering mengembangkan diri. Ikut PIA 2018 salah satunya *ea* banyak cara biar kita nggak stuck disitu-situ aja.
  6. Monotesasi bukan indikator kesuksesan. Bukan money-tisasi ya. Maksudnya hal yang seragam belum tentu sukses(?).
  7. Pilih persona.
  8. Pilih platform yang sesuai dengan format karya. Kalo kamu nge-youtube ya nggak usahlah masukin subtitle atau caption sampe 500 kata. Itu namanya blog.
Terakhir, pesan Mbak Aqeela: sukses itu bukan tentang berapa jumlah yang kita dapat. Tapi seberapa nilai yang udah kita berikan untuk orang di sekitar kita. Naisss! Inspiratif banget ya mbak satu ini. Kelas pertama selesai, lanjuut cyin ke kelas kedua.

Siapa pengisinya? JENG JENG JENG! Dia adalah seorang beauty vlogger femes abiz. Yha followers Instagramnya 300ribuan gengs. Beda jauhlah sama aku yang 1000 aja susah payah, makanya follow dulu di @lulukhodijah ya #FakirFollower. Namanya @inivindy (tolong jangan tanya nama aslinya). Mbak'e ini berasal dari Malang.

Kegiatannya adalah makeup class! Yehee excited banget dong. Umur kepala 2 gini nggak pernah ngelenong akutu. Sehari-hari cuma bedak sama gincu aja. Alat dan bahannya udah disediakan pihak Purbasari. Sayang sungguh sayang produknya ngga dibawa pulang LOL. Ngga sih. Masalahnya lebih ke ini berarti bekas berapa orang ya? Kan Semarang udah jadi kota kesekian. Hiks.

Ini buat properti aja!

Nah yang ini peralatan tempur sesungguhnya
Mbak'e sungguh menghibur gaes dengan gayanya yang medhok dan down to earth banget ngono lhoo. Disini kami praktek langsung dengan bahan-bahan diatas. Dimulai dengan ritual membersihkan muka. Pokoke semuanya merk Purbasari ya. Produknya milk cleanser dan toner. Lanjut aplikasiin BB cream. Produk ini yang bisa bikin dosa noda jerawat tertutup seketika. 

Si Mbak ngelanjutin pake blush on. Daaan pakenya tuh Lipstick Purbasari Metallic no. 71. Blush yang ada di mejaku nggak kepake deh. Kan aku murid yang nurut pada gurunya. Selanjutnya ke mata pake eye shadow. Nah pakenya si lipstik itu tadi. Hemat banget yha 1 produk bisa buat 3 fungsi. Terharu akutu sebagai #SobatIrit.

Di bagian mata ini aku agak ndengerin Mbak'e. Hahaha. Dari sebelumnya sibuk ngelenong aja sendiri. Trik buat alis biar simetris tanpa penggaris: buat base-nya dulu. Gambar tuh yang bagian bawah. Lakukan hal yang sama di kedua mata. Habis itu yang atas juga. Jadi nge-frame dulu gitu lo gaes. Terakhir isi deh, diarsir pake pensil alis. Jangan pensil 2B lho ya.

Tips tambahan: pake 2 jari untuk ngukur alis. 2 jari mendatar baru 1 jari menukik tajam sebagai ujungnya. Begicu. 

Kiri: sebelum. Kanan: udah dilenong. 
Hasil dari kelas ini seperti yang bisa kalian lihat diatas ya. Bekas jerawat lumayan ke-cover. Cuma untuk tekstur kulit kayak acne scars berupa bopeng gitu nggak ketutup ya. Tetep keliatan.

Kelas terakhir dari Mbak Natasha Estelle. Materinya tentang fotografi.....pake kamera profesional alias DSLR. Ya jujur akutu nggak klik lha jarang banget megang kamera model itu. Belum punya sih huhu. Megang punya orang juga ngga berani eksplor banget takut ngerusak barang hahaha. Maap agak udik yha.

Intinya si Mbak bahas tentang aperture, shuter speed, ISO dan konco-konconya. Sayang banget sih nggak bisa praktek langsung karena keterbatasan alat ituu. Yha mari kita jadikan ini sebagai cambuk *ehem* untuk bisa dapetin kamera ya. Tolong diaminin netijen sekalian. Amiiin.

***

Nggak terasa banget udah selesai di pukul 17.30. Puasss dan seneng. Acaranya gratis tis tis lho ini. Tapi manfaatnya banyak banget. Isi goodie bag nya juga sih :p isinya lip cream yang kepo monggo lhoo cek highlight instagram @lulukhodijah (yha promo aja terus sist).


Hadiahnya nih banyak! Ada paket Purbasari, perhiasan (ciyus qu tyda bohong gaes), ampe ring light segala tuh mantul nggak?

Buat kalian yang kepo, daftar aja yang di Jogja. Nggak bakal nyesel insyaAllah. Terimakasih Purbasari untuk acaranya. Sering-sering ngadain yaa! Xixi.

17 comments:

  1. tipsnya bener-bener detail ini sih, aku belum pernah ketemu lulu kayaknya ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak wuri belum pernah kopdaran :'D

      Delete
  2. Mau tau info-info kegiatan begini dari mana yah mba, bisa nginfoin ke istri aku nih buat ikutan keliatannya seru banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dikepoin akun ig-nya purbasari kakak..

      Delete
  3. Aku kapan hari itu liat tetangga pakai lipstik purbasari kok apiik jadi pengen beli.

    ReplyDelete
  4. Seru banget ya lu kemarin acaranya....gudiebagnya juga mantul..mbak vindy jg kocak abis.

    ReplyDelete
  5. Sedih aja sih kemarin ga bisa datang di acara keren ini 😭

    ReplyDelete
  6. Akademinya bermanfaat banget ya. Ih, mbak lulu cakep dan mangklingi gitu setelah make up. Aku kan jadi pengen belajar make up juga biar cantik. Hahaha.

    ReplyDelete
  7. Wow asyiknya. Dapet saripati ilmu bernas bgt di artikel ini. Terimakasih ya sudah berbagi ��

    ReplyDelete
  8. Mantul abis dapet ilmu kumpul bareng teman dapet kosmetik pula. Asik geboy

    ReplyDelete
  9. oohh iniii
    *ingat feeds lipstick segebok itu hahaha

    ReplyDelete
  10. Ini nih suka, bermanfaat sekali. Salam kenal:)

    ReplyDelete
  11. Aku paling suka sama hadiahnya, banyaaaak ya Lu. Eh tapi ilmu dari Anunk Aqeela dan Vindy juga sukaaa. Kalo yg Natasha aku kurang konsen, udah ngantuk, hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha puas ya mba sama warna warni gincunya. Ssst jangan diumbarlah. Imej! Haha

      Delete
  12. Waktu temen-temen rame posting acara ini aku envy banet nget.
    Makasih ya Lu, aku jd dapat ilmunya juga.
    Btw kusuka banget gayanya Mba Vindy dengan logat jawatimurannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 ya mba semoga kita ketemu di acara sejenis. Hihi iya lucu si Vindy ini. Asik orangnya :D

      Delete
  13. Sayang banget saat akademi ini di Jakarta, ngga sempat hadir. Ternyata sangat menarik dan informatif.

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)

COPYRIGHT © 2018 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES