book

5 Langkah Mudah agar Gemar Membaca

September 05, 2017,31 Comments

5 Langkah Mudah agar Gemar Membaca. Setiap mengisi kolom "hobi" di daftar riwayat hidup atau dokumen lainnya, saya nggak pernah ragu buat mengisinya. Membaca. Pasti menjadi hal pertama yang saya tulis. Dari jaman SD maen bikin biodata ala-ala sampai daftar beasiswa, jawabannya sama. Baru beberapa tahun terakhir aja saya nambahin curhat nulis . Hihihi.



Entah sejak kapan dan bagaimana saya suka baca, saya nggak tau prosesnya. Yang saya tau, saya pernah bela-belain nabung dan jalan kaki ke toko pinggir jalan buat beli majalah Bobo. Saya suka main ke perpustakaan jaman SD (dulu saya madrasah a.k.a MI sih, hihi), dimana koleksi bukunya jadul banget. "Katak hendak berubah jadi lembu" itu buku jaman kapan yah? :') Dan di kelas 6 SD saya udah tamat baca Ayat-Ayat Cinta (AAC)-nya Kang Abik.

I love reading. So much! Fiksi aja? Enggak lho. Saya langganan koran dari kecil. Pernah Suara Merdeka, Jawa Pos, sekarang balik lagi ke Suara Merdeka. Sebelum langganan saya punya kebiasaan pagi-pagi dateng ke tukang penjual korannya sambil beli bolang-baling. Duh, nostalgia banget. Rasanya apa aja saya lakukan buat bisa baca!


Alhamdulillah, saya bersyukur banget sampai sekarang saya punya semangat yang sama. Makanya saya suka bingung kalo ada orang yang nggak suka baca. Buku ya, terutama. Katanya sih, nggak hobi. Hmm..gimana ya?

Menurut saya rugi banget orang yang nggak suka baca. Banyak penelitian yang udah dilakukan untuk membuktikan manfaat membaca. Beberapa diantaranya yang juga saya rasakan nih.

1| Menghilangkan stress
Saat stress saya biasanya lari ke novel. Biasanya genre komedi atau rom-com (romantic-comedy). Bikin stress hilang, meskipun sesaat.

2| Menambah wawasan
Wah ini udah terbukti banget ya. Kita bisa tahu banyak hal tanpa melakukannya sendiri. Salah satu buku yang terakhir saya baca nih The Naked Traveler-nya Trinity. Disitu banyak informasi tentang negara-negara di penjuru dunia. Tahu nggak, ada suatu suku di Australia yang nggak membolehkan saudara sekandung yang beda jenis untuk berbicara satu sama lain? Ada, lho! 

Banyak banget hal-hal baru dan menarik yang saya dapatkan setelah membaca.

3| Menambah keimanan
Aseek. Buku tentang agama sih, biasanya. Jangan salah, sekarang buku tentang agama dikemas dengan bahasa kekinian. Kesan "berat" dan "membosankan" udah nggak ada. Mau tahu tentang sejarah Nabi Muhammad Shallallhu 'alaihi wa Sallam dalam bentuk cerita? Baca aja 3 buku karangan Tasaro GK! Dijamin ketagihan!

4| Jadi kandidat calon istri idaman
Beeh, hahaha. Gini gini, nantinya saat menikah akan menghabiskan hidup dengan orang yang awalnya bukan keluarga kita. Semakin banyak kita tahu, semakin mudah dong belajar memahami dan menyempurnakan satu sama lain. Ehem.

Ditambah lagi perempuan adalah calon ibu. Orang yang pertama kali mengajar anak-anaknya. Malulah semisal anaknya nanya ini itu eh ibunya nggak bisa jawab. Nanti anaknya jadi males nanya-nanya karena nganggep ibunya "nggak asik" gimana?

***
Nah, setelah tahu manfaatnya ternyata ada pertanyaan: "Gimana ya caranya biar bisa mulai membaca dengan nikmat?" Hahaha ini sih pertanyaan bikinan saya sendiri. Bisa jadi ada orang yang pengen baca, tapi nggak tahu harus mulai darimana.

Buat kamu yang baru pengen mulai menjadikan membaca sebagai hobi, cobain deh tips dari saya ini.

1| Baca yang ringan dulu
Pertama-tama, baca aja buku yang ringan dulu. Dalam artian mudah dipahami, dan halamannya nggak terlalu tebal. Mau rekomendasi? Coba baca komik "Pengen Jadi Baik" yang ditulis oleh Mas SQU. Komiknya tipis, ringan, sarat makna :)

Jika membaca komik dirasa sudah "terlalu biasa", bolehlah membaca novel atau buku yang lebih tebal. Baca beberapa artikel dalam koran pun bisa. Kan satu artikel nggak sepanjang buku tuh. 

2| Baca topik yang kamu sukai
Kamu suka tentang kesehatan? Cari buku tentang kesehatan. Suka otomotif? Cari buku tentang otomotif. Mulai dari topik yang kamu sukai. Saya nggak menyarankan buat nanya rekomendasi bacaan apa yang bagus? Karena, setiap orang punya seleranya sendiri.

Novel my life haha
Di dalam dunia baca-membaca, kadang ada peer pressure tersendiri saat kita belum membaca best seller. Sebut aja buku Harry Potter, misalnya. Saya yakin banyak orang yang merekomendasikan. Tapi jujur saya sendiri nggak baca SAMA SEKALI lho. Dan saya merasa biasa aja. Ngikutin hype itu bukan suatu kewajiban.

Bacalah apa yang membuat kamu merasa nyaman dan ingin tahu lebih dan lebih lagi. Percayalah nggak ada topik yang jelek. Nggak ada topik yang lebih baik dari topik lainnya. Membaca adalah suatu bentuk kemerdekaan. Asal kita bisa bertanggung jawab dengan apa yang kita dapat dari membaca, monggo aja.

3| Tetapkan target harian
Sehari mau baca berapa halaman? 5? 10? Bebas. Kamu yang menentukan.

4| Sediakan waktu khusus
Bukan waktu luang, tapi meluangkan waktu. Percaya deh sebenernya banyak waktu kok buat membaca. Cuma kitanya aja, mau apa enggak? :)

Favorit saya sih sebelum tidur sekalian relaksasi gitu. Waktu ini tentukan sendiri senyaman kalian. Saya pernah baca dari bukunya Handry Satriago kalo ga salah, bahwa leader-leader perusahaan itu seberapa sibuknya mereka PASTI punya waktu buat baca buku lho. Hayoo, seberapa sibukkah kamu sampai nggak sempet baca? Hihihi.

5| Selalu bawa buku kemanapun
Dulu sih agak berat ya bawa buku kemana-mana. Sekarang udah canggih tuh ada bentuk e-book yang bisa disimpen dalam gawai. Siapa coba jaman sekarang yang kemana-mana nggak bawa gawai? Kayaknya hampir nggak ada ya. Nah manfaatkanlah teknologi ini. Simpan buku atau bahan bacaan di gawai kamu. Baca deh dimana aja dan kapan aja :D

Baca buku gratis dan legal disini
***

Terakhir, sebagai motivasi agar semangat membaca nih. Untuk Muslim pasti tahu wahyu pertama yang turun? Yup! Al-Qur'an surat Al-'Alaq 1-5.

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

MasyaAllah. Yang menyuruh kita untuk membaca langsung dari Sang Pencipta. Bukan lagi makhluk. Jadi, masih ragu buat hobi membaca? :)

"Tulisan ini diikutkan dalam Postingan Tematik (PosTem) Blogger Muslimah Indonesia
#PostinganTematik #BloggerMuslimahIndonesia

You Might Also Like

31 comments:

  1. Cakep ini Mbak tips mudah buat semangat bacanya...Noted! Karena saya juga hobi baca
    Apalagi diingatkan akan perintah untuk membaca, langsung dari Sang Pencipta> Terima kasih untuk motivasinya..:)

    ReplyDelete
  2. Tipsnya bermanfaata banget. Saya juga kalau abis rehat sejenak dan jadi book hoarder, untuk memulainya kembali, saya memilih bacaan yang ringan.

    ReplyDelete
  3. Tipsnya boleh juga tuh mbak, bisa diterapkan pada anak-anak.

    ReplyDelete
  4. Iya, saya juga selalu membawa buku kemana-mana. Rasanya ada yang kurang kalau gak bawa buku.. Hehehe

    ReplyDelete
  5. He he he ternyata samaan ya belumpernah baca buku Harry Potter sama sekali (cuman liat filmnya aja itupun lewat VCD atau waktu dah tayang di TV), membaca nggak harus ikutin tren ikutin kata hati aja. Mau baca komik ya baca komik, pingin novel ya novel, pingin yang agak berat misalnya tentang parenting ya pilih aja itu. Saya paling nggak bisa baca ebook makanya selalu bawa buku cetak aja kemana-mana.

    ReplyDelete
  6. Kereen bangeet, masih SD bacaannya AAC ^^

    ReplyDelete
  7. Wih,kelas 6 udah baca AAC? Kereeen... Saya bacanya pas umur 23th klo ga salah.boleh lah nanti anak saya kalo kls 6 mulai baca AAC warisan emaknya hehe. Kalo komiknya om Squ udah khatam dia...
    Tipsnya bagus2, mbak. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya sampe cerita ke temen saya dulu itu pada nggak paham, ini anak ngomongin apa..haha. Bagus yah komiknya om Squ mbak hehe

      Delete
  8. Untuk bacaan (buku), saya juga tidak selalu ngikutin tren. Saya baca yang saya sukai. Pernah jadi penggemar Conan Sang Detektif. Sekarang lebih suka bacaan yang bertema inspirasi :)

    Tipsnya keren. Terimakasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  9. Kadang, membaca memang harus "dipaks" dengan target dan tujuan akhir dari aktivitas membaca itu sendiri. TFS, ya, Mbak.

    ReplyDelete
  10. Mendadak inget cerita Najwa Shihab, dia bilang dalam sehari dia bisa baca beberapa jenis buku yang berbeda. Seperti pagi sengaja baca yang ringan-ringan, siang sampai sore dia baca bacaan berat terkait kerjaan, malam baca yang inspiratif. Enggak perlu langsung tamat dalam sehari. Yang penting baca aja.

    ReplyDelete
  11. wah ada ePustaka. Download ah...buat nemenin saat macet di jalan

    Salam
    helenamantra dot com

    ReplyDelete
  12. Kami sekeluarga juga penggemar ijakarta. Malah di tiap hp, saya sengaja menginstal aplikasi tersebut agar anak-anak bisa membacanya lewat hp yang mana saja di rumah.

    ReplyDelete
  13. Hobi kita sama neh mbak..... Sedari kecil saya juga suka baca, dari hobi membaca akhirnya pengen jadi penulis

    ReplyDelete
  14. Point ke tiga harus saya coba nih...

    ReplyDelete
  15. agar gemar membaca
    kalo Dija sih, cari buku yang banyak gambarnya
    dan tulisannya besar besar
    hahahaha

    ReplyDelete
  16. selalu bawa buku kemanapun sepertinya saya sangat setuju. salam kenal mba :)

    ReplyDelete
  17. Nice tips. Saya klo perjalanan sllu bawa buku ☺

    ReplyDelete
  18. Setuju banget sama manfaat baca buku yg pertama, ngilangin stress, dulu pas ditinggal suami selalu galau, semenjak kembali ke hobi baca buku, udah gak galau lagi.. ehehe...

    ReplyDelete
  19. Selama ini lebih nyaman membawa buku cetak sih. Tapi menyimpan buku digital juga layak dicoba. Hitung-hitung mengurangi beban dalam ransel kali yaa...😉

    ReplyDelete
  20. Yay tipsnya keren. Betewe, aku jg gak baca harry potter 😁

    ReplyDelete
  21. Makasih tipsnya Mbak, dulu jaman masih belum nikah, kemanapun aku bawa buku. Selain untuk menambah wawasan, membaca buku dalam perjalanan dapat menemani perjalanan

    ReplyDelete
  22. Keren, Euy Luluk SD udah taman AAC. aku baru baca itu pas kuliah. wkwkwk.

    btw aku melirik banget poin 4, ntar kalo si calon imam datang boleh juga tuh minta tambahan mahar tafsir Ibnu Katsir *ups

    ReplyDelete
  23. Nah, dulu aku selalu bawa buku kemana pun. Tapi sekarang? Hiks

    ReplyDelete
  24. Sekarang punya anak baca buku sesuatu yg langka.
    Ma kasih tips nya mbak

    ReplyDelete
  25. Hi hi, kocak deh tulisannya.
    Ahh, teringat dulu sih ada target bulanan baca, sebulan bisa habis sampai 7 buku. Sekarang? Terutama sesudah ada baby Kaizen, eitss, satu buku pun rada2. Cobain deh entar kl sudah berkeluarga plus lalu beranak pinak, waihihi.

    *padahal kali saya aja yg begini, #nyari_temen ^^v

    ReplyDelete
  26. Setuju banget sama tipsnya...yap rugi banget orng yg ga suka baca

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)