#GuestPost

#GuestPost - Time to Explore Korea!

March 09, 2017,6 Comments

Jalan-jalan ke Korea



Zahra



Saatnya cerita yang enak enak di Koreaaaa!

Sebenernya aku nggak banyak jalan-jalan di Korea, pingin kesana sini tapi ongkosnya juga mahaalll huhuu. Jadi selama di Korea itu, aku ke Seoul paling 4-5 kali doang, sisanya jalan-jalan di dalam kota aja hihii. Kalo mau ke Seoul atau keluar kota Chuncheon itu kita bisa naik bus atau kereta. Seringnya sih kita naik kereta, nama stasiun di kotaku itu Namchuncheon. 

Kalo naik kereta, kita butuh T-MONEY kaya kertu debit gitu. Kartunya gampang banget kok di dapetin, di minimarket gitu banyak dan...lucu-lucu! #GirlAlwaysBeGirl. Harganya 4000 won buat kartunya aja. Kalo untuk isi ulangnya terserah kamu.

Minggu pertama di Korea aku sama temen-temen langsung ke Seoul, haha. Kami jalan-jalan ke Gyongbukgung Palace, Deoksugung Palace, Hannok Culture Village, Namsan Tower, Myongdong Seoul. Langsung diserbu semua! Haha. Biasanya kami jalan-jalan dari setengah 12 (siang) sampai setengah 12 (malem). Tengah malem baru sampe dorm. Hihi.

Terus juga aku ke Itaewon. Ceritanya kami main kesana karena mau makan makanan Indonesia dan juga (ini penting): cari Indomie! Wkwk. Kami menemukan ayam bakar, pecel, opor, banyak deh. Indomie juga nemu! Yeaayy! Harga Indomie di Korea 500 won, sekitar 6.000 rupiah per-bungkusnya. Mahal ya? Tapi itungannya murah ketimbang ramen Korea hehew. Kalo ditanya rasa jelas beda sama yang di Indonesia, nggak mantep!

Ini tempat kami makan! Cukup mahaaalll, mahal banget lah! Nasi goreng / ayam goreng 10.000 won, sekitar 125.000 rupiah. Huhu
Alhamdulillah bisa sholat disini juga 

Terus Lha, kamu kemana lagi?? 

Aku jalan-jalan di sekitar kotaku juga, nggak sampe Seoul. Kami ke Petite France, Nami Island dan Garden of Morning Calm. Kalian pasti taulah Petite France, itu tuh yang buat shooting Do Min Joon-Song Yi di My Love From The Star. Nami Island buat shooting Winter Sonata. Kalo Garden of Morning Calm?? Masih agak asing ya, tapi sebenernya ini tempat wisata favoritku di Korea! 

Sebenernya sebelum aku ke Korea, aku sempet browsing tempat wisata anti mainstream disana. Dan aku nemu foto Garden of Morning Calm yang bagus banget. Aku langsung bilang, “Aku harus bisa kesana dan nemu spot foto ini!” dan sampe di Korea seneng banget ternyata tempatnya nggak jauh dari kotaku yeaayy! 


Untuk ke ke Garden of Morning Calm ini ada shuttle bus-nya, bayarnya 6500 won untuk satu hari. Jadi bus ini emang disediakan untuk ke tempat-tempat wisata yang ada di daerah Gapyeong. Dari Nami Island, Petite France, Garden of Morning Calm, semuanya bisa pake bus ini. Tapi berhubung Garden of Morning Calm ini gedhe baaangeett jadi sehari itu tujuan kami cuma kesana aja. Dan biar murah, kami pake bus biasa yang ongkosnya cuma 1250 won. Hihiii.


Kalo yang suka foto-foto coba ke Ewha Womans University. Aku sih seneng banget kesampean pergi kesana hehew, sayangnya nggak bawa kamera yang mendukung, jadi fotonya pake handphone aja. Hehehe.



***

Salah satu yang paling susah hidup di Korea itu ya cari makan, apalagi di dormku itu nggak boleh masak, Cuma ada 1 microwave, cafetaria dormitory juga serve pork. Jadilah kami tambah susah untuk cari makan  hidup kami awal-awalnya terselamatkan karena kami bawa abon, sambel, kremesan, Indomie. Tapi lama-kelamaan kami bosen. Dan setelah sebulan disana, ternyata cafetaria cuma serve pork sebulan satu atau aja. Menyesalaahh kami nggak ambil paketan makan di cafetaria. Huhuu.

Alhamdulillahnya di Korea juga banyak yang jual ayam. Tau kan ayam goreng korea yang katanya enak banget itu?? Haha ya akhirnya 4 bulan kebanyakan kami makan ayam. 

Karena cuma ada microwave, aku bikin telur dadar. Nasi instan tinggal dipanasi aja, dan itu kari yang juga instan wkwk semuanya serba instan deh disana

Kalo lagi bosen ayam, kami makan sup ini. YUKEJANG. Yang mangkok besar yaa, itu sup sapi gitu didalemnya ada sayuran dan cocok kok sama lidah Indonesia hihi. Kalo yang mangkuk kecil itu SUNDUBU, sup tahu. Kalo aku kurang suka, karena tahunya lembut banget. Yang di tengah itu BANCAN gatau bener apa ga nulisnya wkwk itu free dan kalo mau nambah boleh kok sepuasnya hehe. Cuma bayar 3500 won  udah daet YUKEJANG+NASI+BANCAN. Murah!


Nah, kalo lagi pingin makan enak, kami makan DAK GALBI. Itu enaakk banget! Di SEOUL CHICKEN Semarang ada sih, tapi mahal banget dan harus reservasi dulu. Ini enak banget seriusan!


Makanan andalan kami lainya adalah... nasi tuna  + teoppoki! Dan teoppoki di Kafe ini yang paling enak yang aku temuin di Korea.


Tentang makanan ini ada cerita yang tak terlupakan.

Ceritanya kami dinner sama temen korea. Kami milih tempat makan baru yang murah dan katanya enak. Awalnya kami agak ragu, ini daging babi atau sapi, tapi temen kami itu bilang ini sapi. Alhamdulillah donggg~~ pesenlah kami makanan diatas. Dan itu enaaakkkk banget! Kebetulan ada mas-mas indo juga yang lagi makan disitu. Pagi harinya, mas itu message kami, “Dek, kamu tau ga yang mbok makan semalem itu apa? Yang aku rasain itu babi lho kayaknya”. Udah mau cerita itu aja kok. Bye!



Katanya, nggak mungkin kalo sapi harganya semurah itu cuma 7500 won, dan aku pikir itu tetelan sapi, soalnya kayak tetelan. Sebenernya temenku udah ada yang ragu kok sapi seempuk ini, dan ternyata itu babi. Astaghfirullah ampuni dosa kami ya Allah :(( tapi bener lho, paginya perutku langsung nggak kuat. Dapet sign kali ya dari Allah.

***

Kalo ditanya pernah ketemu artis Korea atau enggak, jawabanku: Enggak. Haha. Karena emang nggak main ke PH nya, Dan aku pun nggak ngerti sama sekali boyband / girl band Korea. Hehe.

Tips buat cewek-cewek yang mau ke Korea: hati-hati banyak toko kosmetik berjejer-jejer, bahkan keluar gate kampus pun ada. Harus pinter-pinter belinya biar kantong nggak jebol.

Satu bulan terakhir di Korea, rasanya agak nyesel. “Kok kemaren-kemaren aku nggak kemana-mana ya? Malah di dorm terus. Padahal pingin ke sini situ. Tau tau tinggal sebulan”.

That was my feeling at that time. Kalo ditanya pingin balik ke Korea lagi? IYA!! Entah sama keluarga, sama my future husband (?) atau mungkin sekolah lagi disana. Nobody knows. Yang jelas 4 bulan di Korea, mengubah cara berpikir dan kepribadianku secara nggak langsung  my 2016 was amazing.

Lulu

And so that was the last part of #GuestPost written by Zahra. Gimana udah ngiler belum? Jadi tambah pengen ke Korea ya. Hihi. InsyaAllah soon-lah.

Baca juga cerita Zahra part 1, part 2, dan part 3!

You Might Also Like

6 comments:

  1. Serrruuu!
    dan tantangan kalau di luar negeri yang muslimnya masih minoritas memang urusan makanan ya. kudu selektif banget. Degar cerita teman-teman kuliah yang di luar negeri dan perjuangan mereka nyari makan yg halal itu sesuatu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak saya aja sampe pernah buka diskusi sama temen hanya untuk membahas makanan halal ini

      Delete
  2. makanannya enak-enak tuh.. viewnyajuga bagus banget yaaa

    ReplyDelete
  3. mbak luluk.. pakabar mbak, sori dateng dateng langsung begini. btw, blog-mu bagus lo mbak.. -Tasya-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah baikkk, follow instagram lah biar ngobrol disana 😁

      Delete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)