Giveaway

Things I Want to Achieve in 2017

December 26, 2016,20 Comments


Assalamu'alaikum semuanyaaa.
Sebentar lagi menginjak tahun 2017 ya. Gimana rasanya tahun 2016 ini? Menyenangkan? Menyedihkan? Mengharukan? Apapun itu semoga kita bisa selalu mengambil hikmah dari hal-hal yang sudah terlewatkan ya.

Pernah mendengar pepatah "Fail to plan, plan to fail"? Pernah dong pastinya. Ini pepatah yang sering banget dikemukakan oleh motivator mulai dari jaman sekolah sampe kuliah. Menurut saya ada benarnya juga sih. Kalo kita nggak merencanakan apa-apa di hidup ini, kita berarti merencanakan gagal. Lah nggak jelas gitu apa yang mau dicapai?

Oleh karena itu disini saya mau menuliskan hal-hal yang ingin saya capai di tahun 2017. Sebenarnya terserah sih nggak ada patokan ya mau nulis resolusi itu kapan. Hanya saja timing setiap tahun baru itu rasa-rasanya pas. Seperti kata Jamil Azzaini motivator handal yang juga ayah dari penulis KDJC, kita perlu membuat proposal hidup atau minimal resolusi lah ya. Masa iya, kita mau bikin proposal  dengan susah payah untuk sebuah acara yang katakanlah "hanya" berjalan selama beberapa jam tapi tidak serius untuk membuat proposal yang akan dijalani selama hidup?

***

Berikut adalah hal-hal yang ingin saya capai di tahun 2017. Tolong bantu diaminkan ya :)

Berkomitmen dengan jadwal harian, mingguan, bulanan
Seperti yang sudah saya tulis disini, saya masih mengalami kesulitan untuk berkomitmen. Padahal saya sudah mempunyai jadwal harian dan mingguan. Bulanan belum sih, masih dipikirkan. Maksudnya jadwal ini bukan berarti strict ada waktu dan alokasi waktu seperti jadwal kuliah ya. Isinya lebih kepada hal-hal apa saja yang harus dilakukan setiap hari tanpa terlewat. Contoh jadwal harian: menghafal minimal 1 ayat Al-Qur'an. Sedangkan untuk jadwal mingguan contohnya menyelesaikan minimal 1 buku.

Untuk jadwal ini juga masih tetap sama seperti yang saya buat. Tinggal niatan dan action aja untuk melakukannya.

Lebih berbakti kepada orang tua 
Bukan berarti saya anak durhaka ya huhu nauzubillah min dzalik. Saya merasa tahun ini masih banyak berlaku tidak menyenangkan terhadap orang tua. Padahal udah jelas ya di dalam Al-Qur'an "Janganlah kamu berkata Ah". Sebab lain saya merasa tertampar sama tulisan dari Mba Selestin. Kakak tingkat saya (niatnya mau ditulis disini juga tapi udah dihapus Mba Seles huft).

Menghafalkan minimal 6 juz selama setahun
Naaah ini. Resolusi dari jaman kapan yang nggak jelas keberjalanannya karena lagi-lagi kurang komitmen. Kali ini langsung saya tulis aja jumlahnya secara kuantitatif. Biar bisa dihitung setidaknya sehari berapa ayat yang dihafal, atau sebulan harus menghafal sampai mana. Saya menghafalnya dari juz akhir dulu. Alasannya? Dari yang ayatnya pendek. Hehe. Ini juga termotivasi sama Wirda Mansur yang bilang "Hafalin Al-Qur'an. Seenggaknya berusahalah. Karena ketika kita meninggal dalam keadaan masih bersemangat menghafal InsyaAllah terhitung hafizhah." Bekal akhirat :')


Memulai wirausaha
Tahun 2015 udah sempat wirausaha kecil-kecilan sama adik. Tapi karena berbagai alasan tahun 2016 udah nggak jalan. Tahun ini insyaAllah mau coba jalan lagi dengan menekuni bidang usaha lain. Kenapa wirausaha? Karena saya calon pengusaha sukses!

Memperbanyak kegiatan volunteer
Truth to be told I felt kinda guilty for forgetting society. Saya belum pernah melakukan kegiatan volunteer kayaknya. Miris gak sih padahal kuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat. Eh sendirinya belum pernah ngasih manfaat apa-apa ke masyarakat. Jadi tahun ini harus melakukan sesuatu meskipun itu kecil. Gapapa yang penting ikhlas. Ya, kan?

Ke Korea Selatan bareng Ade Kurniasari
Agak nekad nulis ini. Hehehe. Soalnya saya bukan tipe yang dengan mudah mendapatkan izin buat pergi-pergi. Kemana-mana harus ditemani mahram. Bertahun-tahun saya menjadikan alasan buat nggak nulis hal "berani". Setelah dipikir-pikir why not? Kan ini bumi punya Allah, Allah juga yang bisa mengabulkan segala permintaan. Kalo selama ini saya aja nggak minta, ya Allah nggak bakal mengabulkannya. Ya, kan? So, Ade are you reading this? I'm ready to go! 

Membeli barang yang diinginkan tanpa meminta orang tua
Yang terakhir ini klasik ya. Hehehe. Sekian lama minta ini itu ke orang tua, udah saatnya bisa usaha sendiri dengan membeli barang yang dipengeninbutuhkan pake uang sendiri. Untuk kuliah masih dibiayai orang tua sih. Pengennya untuk uang saku, budget hang out (kapan saya pernah hang out? LOL), apa ajalah yang sekiranya dibelinya butuh pake uang bisa nggak menadahkan tangan ke orang tua.

***

I think that's all I should write here. Apa artinya?!?! Masih ada lagi list-nya masih panjang hahaha tapi cukuplah yang krusial aja yang disebutkan. Lainnya cukup saya dan Allah aja yang tahu. Dengan mengucap basmalah, berdoa, dan pastinya usaha saya akan berusaha keras untuk mencapainya. Sengaja saya tulis disini biar teman-teman yang baca mengaminkan. Biar sebagai reminder juga saat males-malesan? Malu lah yaaaw.

Ini #Resolusiku2017. What's yours?


You Might Also Like

20 comments:

  1. Semoga berhasil sesuai target ya kak lulu. :)

    ReplyDelete
  2. Aamiin. Semoga semua resolusinya tercapai.

    Pas baca bagian yang ‘jalan-jalan ke Korea’ itu aku jadi maluu, malu karena aku belum berani bikin resolusi yg besar. Padahal kan Allah Maha Kaya ya. Bukan hal mustahil buat mewujudkan keinginan kita sekedar buat ketemu oppa-oppa hihi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ini juga pertama kalinya loh bikin resolusi besar. Why not? Ketemu oppa2 bonus aja lah xD

      Delete
  3. Resolusina seruuuu!!! hapalin juz, ke Korea, ya Allah, semoga tercapai semuanya ya Mbak. Sukses buatmu :)

    ReplyDelete
  4. Semoga tercapai resolusinya dan bisa sukses ikut GAnya.
    Paling mupeng sama resolusi minim hafal 6 juz

    ReplyDelete
  5. Saya juga pengen ngehafalin Al-quran. Tapi masih belum keturutan sampe sekrang huhu

    Semoga semua resolusinya tercapai ya mbak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk mba Bismillah, niatin dulu. Nanti jg insyaAllah jalan :D Amin ya Robbal Alamiin..

      Delete
  6. semoga yang diimpi2kan tercapai semmua ya mbak...

    ReplyDelete
  7. amiiin....semoga semua resolusimu tercapai ya mbak di 2017 :)

    ReplyDelete
  8. masa mau bikin profosal acara dengan susah payah hanya untuk beberapa jam, tapi tak serius membuat profosal hidup. Duh jleb banget mbak ;’). setuju banget dah! Semangat untuk hal-hal yang ingin dicapainya ya kak ;) Hey, mbak anak Lembaga pers Mahasiswa ya? Wah samaan, salam kenal yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang jleb banget *_* iya nih salam kenal :)

      Delete
  9. Waaah, keren deh resolusinya, moga terwujud ya. Makasih udah ikutan GA aku :)

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)