pribadi

A Quick Review on 2016

December 24, 2016,4 Comments

Menghitung mundur tepat seminggu lagi tahun berubah menjadi 2017. Beda dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya akhir tahun justru diisi dengan UAS, kali ini sudah masuk masa libur. Alhamdulillah.

This is probably not so SEO-ing post. Hahaha. Hanya sekedar review bagaimana keberjalanan tahun 2016 so far.

Dimulai dari diri sendiri. 
Saya merasakan di tahun ini benar-benar seperti pencarian jati diri. Untuk pembaca blog setia (emangnya ada?) dari jaman dulu kala sampe sekarang pasti tahu. Saya kuliah bukan di jurusan yang memang saya inginkan. Meskipun begitu saya juga nggak bisa bilang salah jurusan. I just enjoy the flow. Seperti air mengalir entah kemana bakal bermuara.

Kemudian datanglah masa-masa dimana seluruh jiwa raga kayak terkuras gitu. I'm 20 this year. Sebelumnya saya berekspektasi umur 20 nggak bakal nonton kartun lagi. Dimana saya mikir gitu karena udah pengen banget 20 tahun itu udah "dewasa". Ya dewasa dalam pemikiran, penampilan, tulisan, hadeh banyaklah. Terutama pemikiran. Kenyataannya? Ya meningkat sih, dikit. Indikatornya saya udah jarang bikin kzl banyak orang dan nyeplos sembarangan. Biasanya lebih mentingin jujur dulu sebelum mikir. Sekarang masih ngomong jujur tapi disaring dulu koleksi vocabulary yang paling halus dan nggak menyakiti hati.

Pelajaran-pelajaran ini kebanyakan datang saat berinteraksi dengan banyak orang. Ini juga udah sering saya bilang. Semakin sering berinteraksi bakal semakin banyak informasi yang didapat. Nggak hanya secara eksplisit dari apa yang orang ungkapkan ketika berbicara tapi juga bahasa tubuh mereka, cara mereka menyampaikan pendapat, dll.

***

Beralih ke akademik, semester genap kemarin IP turun. Hm, tak apalah. Masih ada waktu buat memperbaiki. Saya bukan orang yang menyesali terus menerus hal buruk yang terjadi pada saya. Instead I try to look what the causes and how to prevent it happen in the future. 

Peminatan. Yeah peminatan yang banyak digalauain temen-temen. Saya dengan mudahnya menetapkan satu pilihan. Walaupun sempet ketar-ketir di akhir melihat banyak teman yang pilih dengan ragam pertimbangan. Saya cuma satu: suka. Enggak deng, bukan. Itu bukan yang utama. Saya pilih karena sebenarnya saya pengen berwirausaha di bidang kuliner sehat. Tertawakan saja saya yang cuma punya pertimbangan itu untuk masuk peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat. Saya loh, yang nggak pernah suka biologi. Saya yang dulu pengen masuk IPS tapi ngga diizinkan. Saya yang nilai ujian nasional biologi cuma 6. Ha. Ha. Dunia memang penuh kejutan bukan. 

Aktivitas organisasi pun begitu. Saya dengan istiqomah-nya menetapkan hati pada satu organisasi. Dan mendapatkan amanah yang bisa dibilang cukup berat. Bikin kerja disaat liburan LOL this is what really happen tho. 

Kadang heran aja sih sama orang yang bisa dengan mudahnya gabung di organisasi yang benar-benar baru buat mereka. Buat saya itu nggak gampang because that means saya harus beradaptasi dari nol. Buat kalian yang baru "pindah" organisasi, selamat guys. Hope you can fulfill your duty.

***

Masih tentang menggali diri sendiri, kali ini tentang what I'm lacking. Saya masih kurang banget dalam berkomitmen. Coba lah sebutkan komitmen apa yang udah diucapkan maupun ditulis tebal-tebal pakai spidol. Nggak semuanya terealisasikan. Ada yang masih jalan sampai sekarang dengan susah payah, ada yang di awal aja cuma bertahan beberapa minggu, ada yang malah dihapus karena merasa nggak sanggup. 

Bismillah tahun 2017 mulai lagi komitmennya. Malu sama diri sendiri. Malu sama orang tua yang udah memberikan banyak fasilitas. Paling malu lagi sama Allah yang udah memberikan nikmat tak terhingga. Nanti di akhirat saya jawab apa ketika ditanya apa yang udah dilakukan di dunia?

***

Tentang blog.
Tahun 2016 udah kayak wuah titik balik perblog-an saya selama bertahun-tahun. Akhirnya memberanikan diri join komunitas blogger. Memberanikan diri kenalan sama blogger-blogger lain. Serius buat nulis konten walaupun masih acak adul juga. Memberanikan diri buat nge-share ke sosial media.

That was challenging. Dari dulu niat saya ngeblog cuma buat semacam diary. Nggak heran kebanyakan kontennya masih seenaknya sendiri yang penting saya suka. Then I found out sia-sia banget lah kalo nulis di internet yang notabene bisa dibaca banyak orang dari segala penjuru dunia isinya cuma keluh kesah doang.

So I'm trying. Mulai dari personal branding, ngedraft, ikut kompetisi (walaupun belum ada yang menang hehehehehe *miris). Daaan sampe akhirnya bisa menghasilkan padahal belum TLD hu terharu gak? Terharu plis.

Dari yang postingan setahun bisa dihitung pake jari sekarang nggak bisa lagi walaupun ngitungnya pake jari tangan + jari kaki. Paling seneng waktu keluarga saya bisa mengapresiasi. Teman saya dengan minta diajarin buat "menghidupkan" blog. Duh apalah saya ini. Hal-hal remeh semacam itu aja seneng banget :')

***

I was grateful. I am. I always will. For everything that I have done in 2016. Alhamdulillah puji syukur kepada Allah (I learned from my lecturer that we shouldn't write thanks to Allah but puji syukur). Untuk semua orang yang jadi inspirasi buat pembelajaran. Life is a university that never stop giving us learning. 

Now it's time to write my goals for 2017. 

You Might Also Like

4 comments:

  1. Semangat yaa Lulu, abg selalu dukung kamu kok, walaupun baru pertama kali kemari, abg tau kamu itu struggling di banyak hal. Tapi abg yakin kamu mampu, u are strong, u have much power that u dont relize it.

    About tour passion, actually follow the flow is not good, but it mau open chance to know something that not in tour comfortable Zone. Challenger. Belum a Winner plis..

    Nah, untuk blog, tuh udah ada domain DOT com , udah oke. Kalau mau ngebranding fokus ke hal2 yang disuka. What is ur hobby, then write it. Even it likes a Boeing thing but if u can describe itu by different angle, reader Will suppose it special. Goodluck,

    ReplyDelete
  2. Pokoknya tetep berjuang terus! Semangat agar akademisnya oke dan blognya makin keren. Makin sukses ya :)

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)