Wednesday, May 01, 2024

My First Concert Ever: IU HEREH World Tour 2024

No. One. Expect. I. Will. Finally. Watched. A. Concert.
Not even myself.
Manusia yang nonton pensi sekolah aja nggak pernah (lebih karena nggak boleh, nggak dapet izin ortu).

My First Concert Ever: IU HEREH World Tour 2024

Udah punya penghasilan sendiri pun, sebagai kaum mendang-mending menganggap uang tiket konser tuh GEDE. Buat jajan yang lain ajalah. Ga taunya berakhir nonton juga. Aku si anak rumahan yang pensi ga ikut, acara musik apapun ga dibolehin (harus diulang). Akhirnya memberanikan diri untuk nonton konser. Sendiripun :') sungguh patut diabadikan momen ini.

Gimana akhirnya memutuskan nonton?

Okay. Sebagai latar belakang, aku memang golongan kpoper. Ngakunya ngga hardcore. Sempet ngestan grup yang udah bubar: Wanna One. Sisanya casual listener aja. 

Saat itu memang belum mampu untuk mengklaim sebagai fans. Atau masuk ke fandom apapun. Cuy, beli printilannya itu pake duit bukan pake daun. Ada light stick, membership, photocard, album, dan beragam pernak pernik lainnya. Belum lagi kalau dalam 1 grup ada beberapa yang debut solo. Makin-makin dah tuh duit yang dikeluarin. Untuk menjaga keamanan dompet, cukup mendengarkan aja.

Sampai....ketemu bitubi. BTOB. Business to business. Ya enggak dong. Grup ini lebih main ke vokal daripada dance performance. Sopaan banget di telinga. Debut dari 2012, baru kenal 2022 gara-gara Killing Voice. Dari situ mulai muncul keinginan untuk nonton. Butuh mendengarkan langsung tanpa auto tune dan editan lainnya.

Sayangnya si bitubi ini termasuk grup yang nggak populer di Indonesia. Beda sama grup-grup big three lain. Terakhir ke Indonesia kalo ga salah di 2018. Baiklah aku bersabar.....bersabar....gak bisa! Bukannya nyamperin langsung ke Seoul malah berpaling sejenak ke artist lain. Yak, siapakah dia? Mba IU. Solois yang lumayan tenar di Korea Selatan. Aktris. Aku ngikutin dari jaman Dream High. Perform dia di Running Man. Salah satu penyanyi dengan vokal dan high note yang notable (katanya). 

Di bulan Maret pengumuman bakal world tour ke Indonesia. Hawa impulsifku naik. Kapan lagi cuy nonton mba IU? Terakhir konser dia Love Poem 2019.

Kek jauh gitu ya awalnya ngestan siapa jadi pengen nontonnya siapa. Yha aku mah mau ke experiencenya jyujyur. Apalagi pas liat cuplikan Golden Hour 2022 itu oemji soooo mesmerizing. Definisi totalitas dalam konser. Yang aku lihat itu pas dia naik balon udara sambil nyanyi. Mantul mba IU. 

Akhirnya aku memutuskan mau nonton. Yang termurah pun gapapa, asal denger suaranya. Lagi-lagi, ini awalnya.

War 1 ga dapet. War 2 ga dapet. Yaudah. Mungkin rezekinya nonton bitubi aja kali ya. Tapi dalam hati ini masih ada keinginan untuk nonton. Isenglah aku nanya di story adakah yang jual tiket dengan harga normal? ADA T_T 

Malahan jual rugi dia tuh. Dari harga nett 3,4 jutaan dia tawarin 3,1 jutaan. Cat mana? Yak cat 1 alias paling deket dengan stage dibanding cat lainnya. Ga pernah kebayang aku yang mau beli termurah malah jadi ke termahal :)) sungguh enak kalo punya duit tuh ya. Mau ngapain aja bisa satset tanpa harus mikir panjang. Lebih takut nyesel ga nonton daripada nyesel nonton, aku beli. Dan ngurus surat kuasa sendiri. LOL.

***

Konser di Sabtu, jumatnya aku nginep dulu di Jkt. Thanks mba Sansan yang selalu siap sedia ketika aku butuh. You know I love you right? <3

Sebenernya bisa aja naik KRL dari Bogor ke Tangerang kalau mau murah. Tapi aku ngga mau rempong. Ngga mau juga ngeluarin ratusan lagi buat pake taksi online. Sigh. Belum sebanyak itu duitku ternyata, yorobun.

Berawal dari Manggarai. Udah deket stasiun malah hujan :') nasib. Perjuangan demi ketemu mba ayukuuu. Transit di Tanah Abang. Turun di Serpong. Katanya bisa di Cisauk lalu lanjut bus yang udah disediakan. Berhubung aku lagi males nanya-nanya, lanjut pake ojek online aja. Sekitar 20ribuan. 

Bonus tetesan hujan dan angin yang bertiup Arghhh rasanya masih belum nyangka bakal nonton mba IU. Masih waswas pun tiket belum dituker wrist band. Sampai di ICE sekitar pukul 5 sore, langsung ngantri di tiket box. Banyak juga yang belum nukerin kayak aku. Sisi kanan kiri kedengeran calo-calo yang menawarkan tiket. Jiakh.


Setelah ngantri hampir 1 jam, giliranku datang. Akkkk dagdigdug. Pertama aku ngasih surat kuasa bermaterai. Trus diminta KTP-ku. Habis itu udaaah cepet banget ternyata. Alhamdulillah mulusss ga ada masalah sama sekali. 

Antri Penukaran Tiket IU

Kejutan: dapet freebies dari mba IU. Semua kategori dapet. Asli ini mah worth banget. Dijual lagi pun worth ya kan limited edition cuma buat cetakan konser di Jakarta. Freebiesnya berupa 1 album photocard, berisi 3 photocard. 1 keyring. Entah kenapa warnanya ungu dan hitam, sedangkan HEREH konser ini color palette-nya merah???

Freebies IU Concert in Jakarta 2024

***

Masuk area hall konser pun lancar. Petugasnya udah neriakin buruan masuk berhubung jam 7 akan dimulai. Alhamdulillah banget semua tiket seating alias duduk. Ga ada tuh dorong-dorongan atau lainnya. Penontonnya pun beradab. 

Sayangnya diluar perkiraan BMKG, seat yang aku dapetin ngga sedeket itu sama panggung. Iya sih keliatan panggungnya tanpa harus liat layar. Tapi IUnya ga keliatan mukanya T_T argh sedih. Mulai saat itu aku bertekad kalo nonton konser mending sekalian yang didepan biar worth it. Tapi gimana caranya ya tolong??? Udah beli harga termahal namun seat number yang menentukan.

Me on IU Concert

Untuk setlistnya ga hafal LOL. Cari di google aja yak. Yang kuinget semua lagu di album terbaru yaitu The Winnings keluar. Nah kesalahan pertamaku disini. Aku kurang hafal dan familiar sama lagu-lagunya ini! Ketahuan banget ngikutinnya jaman lagu yang lama. Beruntungnya, di layar ada lirik romanization (cara bacanya pake huruf alfabet bukan hangeul) dan terjemahnya. Plus fan chant! Aaak sebagai casual listener terbantu banget :')

Awal-awal suaranya agak krompyang. Band-nya overpower suara mba IU. Sempet 2 atau 3 lagu begitu. Untungnya habis itu enggak. 

Demi apapun suaranya mba IU sopan banget di telinga. Ngga ada bedanya sama yang biasa kudengerin, mau di youtube ataupun platform streaming musik lainnya. Malahan lebih bagus. Dan lagu-lagunya yang aku suka juga dibawain. Seperti: THROUGH THE NIGHT T___T tolonglah itu lagu galau karaoke favoritku.

Sepanjang konser aku beberapa kali memejamkan mata demi mendengar suara mba IU lebih jelas. Habisnya masyarakat Indonesia ini suka banget karaokean sama penyanyi aslinya. Nggak nyalahin sih. Sampai-sampai mba IU terkaget-kaget dan menjuluki kami dengan Naga/Dragon/Yong. Saking kerasnya ikutan nyanyi.

IU Comment Session

Meskipun mba IU jarang eksplor ke bagian cat 1A, yaudahlah ya. Overall konsernya buuuaaagusss! Rapi. Beradab. Ngga ada aneh-aneh. Storyline-nya cantik. Visual mantap. Yang perlu diimprove tuh:

1. Penerjemahnya. Kureng ngevibes IU. Kaku.
2. Ini mayan mengganggu. Panitia yang suka nyenterin penonton. Memang acaranya ga boleh ngerekam kecuali waktu encore. Harusnya tegas dong kalo emang ada yang ngerekam, tarik aja. Bukannya malah bolak-balik nyenterin. Itu tuh ngganggu loh.

Saking puasnya sama mba IU sampe sekarang playlist masih IU. Masih post concert disease. Masih menyesali kenapa ngga ngafalin setlist lebih ngotot HAHA :)) 

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!