Wednesday, March 01, 2023

Selamat 8 Tahun, Gandjel Rel!

"GRes..silakan yang bisa hadir ultah Gandjel Rel ke-8 list isi list dibawah ya.."

Foto punya mbak GRes lupa siapaa maafkeun ya :"))

Dueer! Udah bertahun-tahun ikut komunitas tapi kok ya lupa mulu tanggal ulang tahunnya. Sebagai anak rantau yang ngga bisa langsung pulang a.k.a harus ngejadwalin jauh-jauh, hanya bisa gigit jari. Tanggalnya nggak cocok sama jadwal pulang. Hiks. 

Ya sudahlah, hanya bisa mengikuti keseruan dari pantauan media sosial saja.Ulang tahun Gandjel Rel bertepatan pada 22 Februari. Nah di tahun 2023 ini sudah memasuki usia 8 tahun. Waah, keren ya. Kalau diibaratkan anak-anak, berarti sudah masuk Sekolah Dasar. Angka yang bisa dibilang lumayan untuk komunitas independen. 

Betewe inget-inget ternyata terakhir aku ikut perayaan ultah Gandjel Rel udah 3 tahun lalu. Lama banget yak, hiks. Semoga tahun depan ingat dan dijadwalkan pulang deh. Amin!

Ultah Gandjel Rel ini selalu seru dan ada manfaat buat membernya. Nggak cuma tiup lilin, makan bareng, pulang. Hehe. Begitu juga tahun ini. Diadakan di Waroeng Kopi Alam dengan mengusung tema "Menulis vs Berbicara di depan Umum".

Lho, blogger ngapain belajar ngomong? Kan kerjaannya nulis? Cukup dibalik layar aja?
Hmm tidak semudah itu ya Ferguso. Blogger sekarang kan sudah lintas platform. Nggak hanya nulis, kami pun memperlebar sayap ke instagram, youtube, tiktok dan masih banyak lagi. Dan di platform-platform tersebut kemampuan berbicara itu dibutuhkan.

Kaan agak nggak enak didenger ya pas ngomong didepan kamera banyak "Eee..." atau "Hmm...". Penikmat konten lari, durasi pun kepotong banyak sebelum menyampaikan isi pesan.




Salah satu contohnya berpartisipasi jadi host untuk IG live Gandjel Rel :3

Menurut narsum yang hadir yaitu Bang Odi, ada beberapa pendekatan dalam menyampaikan pesan (nyontek dari blog Gandjel Rel :P) diantaranya:

  • Good attitude/Positive Vibes
  • Efektif dan efisien
  • Dinamis/Tidak monoton
  • Bersikap terbuka
  • Transfer of Knowledge

Nah lo. Banyak ya ternyata nggak cuma ngomong aja terus kelar. Makanya penting nih buat kita semua untuk belajar berbicara dengan baik. Untuk tahu pembahasan lebih lengkapnya silakan main ke medsos Gandjel Rel ya!

Sekali lagi, Happy Birthday Gandjel Rel! Semoga jaya selalu di darat, laut dan udara! Ciaaat!

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!