Saturday, August 07, 2021

Buku yang Selesai Dibaca di Juli 2021 + Book Mails

Now that I listed this, shows I read more fiction this month! Apa emang tiap bulan, ya? Hehe. Aku merasa emang butuh pelarian dari berita duka yang hampir tiap hari datang. I cope it by reading fiction especially metropo/citylite.

Buku yang Selesai Dibaca di Juli 2021 + Book Mails

I can say Gramedia Digital is such a life changer! Agak menyesal kenapa baru sekarang bisa kontrolnya. Dulu pernah nyoba sih sekali karena diskonan. Turned out males bacanya numpuk doang di rak digital. Faktor pake hp bisa jadi karena banyak distraksi. Sekarang udah free distraction dan enakeun euy baca sebelum tidur. Anggap dongeng pengantar tidur lah ya.

So here are the list!

1. Ganjil Genap - Almira Bastari


Wishlist dari jaman kapan nih. Udah baca Resign dan itu suka pake banget. Feel-nya dapet. Menikmati bangetlah. Dan ini feelnya juga dapet. Kenyataan bahwa pacaran belasan tahun malah ngga jadi nikah itu hadeuh ya. Tapi nyatanya memang ada yang seperti itu.

Dari novel ini merasa ayem aja umur segini belom nikah hahaha. Lah tokoh utamanya aja hampir 30 tahun beloman nikah. Toh yang penting usaha kan, nyatanya dia usaha tapi ada aja faktor yang bikin berhenti melangkah ke jenjang serius.

2. Say Hi - Inggrid Sonya


Cerita tentang itik buruk rupa yang bergaul dengan 2 primadona sekolah. Saking insecure-nya dia main aplikasi ala tinder dan berakhir dengan "pacaran" anonim. Disini rasa rendah diri yang digambarkan dapet banget. Gimana remaja mencari kepercayaan diri tuh...sulit. Jangankan remaja ya, orang dewasa aja kadang masih kesulitan.

Konflik cinta segitiga, salah paham dengan lawan jenisnya kuat banget. Untuk novel remaja sih kataku ini tebel banget ya. Dan konfliknya tuh buatku yang udah masuk 20an kayak "Gini doang kok dipermasalahin". LOL. Nyatanya emang masa remaja tuh masa jungkir balik sukasukaan lawan jenis gak sih? :))

3. Keajaiban Toko Kelontong Namiya - Keigo Higashino


My first reading from Keigo Higashino. Penasaran banget ini berseliweran di timeline. Nggak menyesal. Emang sebagus itu! Jarang nih aku baca fantasi. Ya meski porsi fantasinya nggak mendominasi ya. 

Ada 3 pencuri yang beristirahat di rumah tua. Disini mereka menemukan kotak surat dan isinya. Karena satu dan lain hal akhirnya mereka membalas surat tersebut. Ternyata rumah ini adalah Toko Kelontong Namiya yang udah terkenal untuk menerima konsultasi tentang masalah apapun. Kakek Namiya - pemiliknya - selalu menjawab pertanyaan dengan serius.

Bahkan ketika ada bocah nanya, "Gimana caranya agar aku bisa mendapatkan nilai sempurna saat ujian? - dijawab dong, "Mintalah gurumu untuk membuat soal tentangmu. Maka kamu akan mendapat nilai sempurna". Nggak ada pertanyaan yang nggak penting.

Nah orang di masa lalu ini mengira bahwa yang jawab Kakek Namiya. Awalnya memang gitu. Lama kelamaan yang jawab ini ketiga pencuri di masa sekarang. Pada akhirnya surat menyurat ini mengubah mempengaruhi kehidupan para manusia di masa lalu. Dan...plot twist-nya tetep ada dong. Apakah itu? Baca aja bukunya. Seru deh. Maunya sekali duduk langsung selesai ngga bisa diputus dijalan.

4. The Star and I - Ilana Tan


Jujurly aku baca ini kurang dapet feelnya. Malah heran kok dulu seri 4 musim bisa suka banget ya? Apa emang aku aja yang merasa gini? Faktor latarnya diluar negeri dan tokoh bukan orang Indonesia sementara penulis lokal tuh bisa mempengaruhi juga. At least buatku.

Plotnya klise dan banyak digunakan: sepasang sahabat saling jatuh cinta. Tapi masing-masing nggak mau mengungkapkan dan punya kesalahpahaman sendiri. Setelah bertahun-tahun terpisah terkuak deh bahwa saling suka dan mengungkapkan kesalahpahamannya.

5. Shine - Jessica Jung


THIS! Penasaran banget idol nulis novel??? Nggak expect apa-apa dan malah puas. Idenya tentang trainee bertahun-tahun nunggu debut. Btw ini hal biasa ya di Korea. Lalu usahanya buat debut, kisah cintanya dengan idol di satu agency, dll.

Yang aku highlight disini adalah gimana Rachel Kim as Korean-American merasa krisis identitas. Di Amerika dianggap terlalu Asia. Di Korea dianggap terlalu Amerika. Ini tuh sebenernya salah dimana sih? Aku bingung. Harusnya manusia yang terlahir blasteran diperlakukan seperti itu? Adakah cara untuk menghentikan cycle macam ini? HUH. Ingin menuliskan ulasan lengkapnya di postingan terpisah (semoga sempat :P).

6. Revive Your Heart - Nouman Ali Khan


Buku keracunan Dena Haura. Gara-gara buku ini juga malah berlanjut hunting ke buku Islami lain terbitan luar negeri. Sekalian belajar perspektif lain dari Muslim yang tinggal di negara minoritas.

THIS IS GOOD. NO, GREAT. Bagus banget cuy bukunya. Buat yang udah pernah dengerin ceramah beliau di youtube pasti suka. Ada 5 bab yang diturunkan lagi ke 13 sub-bab. 

Bab 1: Connectiong to Allah Through Du'a
Bab 2: Creating a Cohesive Muslim Community
Bab 3: Our Financial Dealings
Bab 4: Some Contemporary Issues
Bab 5: Focusing on Akhirah

Singkatnya, buku ini holistik. Hablumminallah: menjaga hubungan dengan Allah. Hablumminannas: menjaga hubungan dengan manusia. Ditambah isu kontemporer yang relate dengan keadaan sekarang. This is must read!

7. Inisial K - Nara Lahmusi


HAH? Adalah satu kata paling tepat setelah selesai membaca ini. Ga terlalu paham dengan konflik ceritanya. Tujuan tokoh utamanya apa. Tiba-tiba udah kelar aja... 

8. Retrocession - Ayunita Kuraisy


Rekomendasi litbase nih. Masih percintaan diantara sahabat, pencarian pelarian, hmm rumit kalilah perasaan tu. Lumayan seru, minusnya nggak relate aja karena dia high class banget hahaha *maklum rakjel*

9. You Do You - Fellexandro Ruby


Buku pengembangan diri yang cukup hype. Bahkan following instagram berumur 30an pun masih mau baca. Memang ilmu yang dikasih disini daging banget. Pemaparannya praktek + teori. Dari awal dikasih cara baca buku ini.

Yang aku lakuin dong: lompat ke bab paling menarik. Disini dimulai dengan mengenal diri sendiri, menciptakan ikigai, memahami apa yang dibutuhkan dalam hidup. Sumber penghasilan apa aja, gimana melipat gandakannya menggunakan skill tertentu. Ah ya, ada ilustrasi finansial pula untuk dapetin uang 1M pertama. 

Now I know why this book hyped up. 



10. Almond - Won Pyung Sohn


Gagal mendengarkan audibook akhirnya kembali ke terjemahannya. Menurutku kok terjemahannya kurang dipahami dan kurang smooth ya? Beda deh sama aku baca Toko Kelontong Namiya atau Gadis Minimarket. Faktor penerjemah atau faktor penulisnya ya? 

Ini cerita anak manusia yang nggak punya ekspresi. Dan nggak punya perasaan. Literally. Sedih, apa tuh? Takut, kenapa harus takut? Senang, emang perlu? Pada akhirnya dia belajar menyesuaikan diri dibantu ibunya. 

Sedihnya, nenek dan ibunya ditusuk didepan mata dan dia ga bisa apa-apa. Alhasil ujian demi ujian silih berganti. Termasuk kedatangan Gon. Bully yang akhirnya justru menjadi temennya. Banyak yang mengulas novel ini justru penuh perasaan. Buatku enggak sih, cuma deskripsi setiap perasaannya detail. Mungkin itu dia poin lebihnya. 

11. Progresnya Berapa Persen? - Soraya Nasution


Another story dimana anak buah jadian sama bosnya. Judulnya catchy banget ya. Sebuah kalimat yang sering diutarakan si bos. Aku suka sama tokoh utama lakinya: Pakde. Penggambaran laki-laki dewasa yang langsung serius hubungannya hahaha. Ternyata bisa ada fase bingung, denial juga. Hingga akhirnya sadar dengan perasaannya. 

12. Belok Kiri Langsing - Achi TM


INI MOOD BANGET! Alkisah si tokoh utama cewek pernah kurus, 5 tahun lalu. Saat maraton dia ketemu cowok gendut. Nah dia ngatain si gendut ini. Ga terima dong dikatain, disumpahin tuh. Eh gendut beneran. Seiring dengan menggendatsnya si cewek ini ternyata kelakuannya berubah.

Makan ga kontrol.
Males gerak (susah juga kan).
Apartemen berantakan.
Dll dll intinya dia menjadi sosok yang beda dibanding saat kurus.

Hubungannya dengan pacar pun menjadi berubah. Malah diputusin. Unch. Sad. Mana udah nyicil KPR bareng LOL nggak kebayang! Lalu gimana cara dia mengobati patah hatinya? Apa hubungan dengan si cowok gendut?

Akkhhh ini too sweet! Ditambah nilai religius yang diangkat tanpa menggurui. Luv banget.

13. Lose or Love Her Again - Desy Miladiana


Last book. Bicara tentang pernikahan. Si istri kabur meninggalkan suami tanpa sepatah katapun. Selama 4 tahun masih berstatus suami istri tapi berpisah. Ngga taunya di tempat kerja baru ketemu sebagai sekretaris. Si suami yang pada dasarnya masih mau mengusahakan pernikahan pun mencoba untuk mengambil hati istri lagi. Sekaligus mencari tahu apa yang salah dari hubungan mereka.

Ekstrem juga ya 4 tahun tanpa kabar sementara status nikah :" Indeed marriage is challenging and nothing impossible.

***

Bookmail bulan ini disponsori oleh BBW dan menang voucher jadi mau ga mau belanja hehe. Sisanya memang seperti yang aku bilang di postingan sebelumnya, untuk belajar agama dari ustadz luar negeri.


1. Revive Your Heart - Nouman Ali Khan (ternyata beli dibulan Juni HEHE lupa maapkeun) - Rp 171.000

2. Secrets of Divine Love - A. Helwa (Rp 120.600)

3. Littler Woman: A Modern Retelling (Rp 73.000)

4. Salt and Saffron - Kamila Shamsie (Rp 73.000)

5. With Dying, Death and Wisdom End in An Age of Denial in Mind (Rp 84.000)

6. Cure: A Journey Into The Science of Mind Over Body (Rp 95.000)

Baru sadar semua beli di Tokopedia. 

12 comments

  1. Banyak juga bacanya ya, lu. Aku yang almond juga belum kelar. Baru setengah jalan. Yang Shine belum dibaca padahal udah dibuka segelnya huhu.

    Toko kelontong namiya, ganjil genap sama you do you emang sebagus itu sih. Hehe. Katanya yang namiya juga ada filmnya. Tapi aku belum nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, thank you informasinya mba. Berarti memang lumayan banyak yg menikmati toko kelontong namiya, ya. Ayoo baca baca yg udah dibuka segelnya!

      Delete
  2. wow..ini dibaca dlm sebulan ya? mantuul.. *ngaca dan merasa malu..haha.. BTW aku penasaran dg roman pakdhe itu..haha..

    ReplyDelete
  3. Ahh Ilana Tan aku cuma baca yang 4 musim itu, tadinya juga baca yang Korea apa itu, trus kecanduan ketiganya ikut aku baca di online.

    Di list di atas ternyata ada karya Achi TM, waah pasti kece lah. Tapi aku belum baca, jadi penasaran banget nih. Tapi aku juga pengen baca yang Ganjil Genap punya Almira. Yang Resign aku juga udah baca, asik yaa ceritanya

    ReplyDelete
  4. Mbak Lulu rajin sekali baca buku. Jadi pengen semangat baca buku lagi nih aku. Aku udah baca Progressnya Berapa Persen itu juga. Aku udah baca Resign tapi belum baca Ganjil Genap. Dan waktu aku baca novel Resign tuh aku langsung suka sama karakternya dan jalan ceritanya.

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah, Lulu keren baca bukunya banyak. Iya juga ya, kalau pakai ereader nggak kedistrak segala notifikasi di HP. aku jadi makin pengen... buku belum banyak di Google play book tapi ko udah makan memori HP yg lumayan juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan makan memori mba. Solusinya: jangan numpuk buku. Tiap udah selesai bisa dihapus unduhannya ^^

      Delete
  6. List buku Juli nya panjang juga ya, mood banget memang kalau dapat vocer bisa buat borong-borong ya.. Aku jadi pengen baca bukunya Achi deh.. Nara Lahmusi itu novelis Semarang kan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iyakah dari Semarang? Aku malah baru tau, nih..

      Delete
  7. Noman Ali Khan emang bagus2 banget karyanya aku termasuk penggemar beliau. Btw keajaiban toko kelontong namiya juga masuk wistlist aku say cuma belom kebeli nih. Kalo baca reviewmu si harus segera beli nih aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus baca mba! Seru banget deh beneran worth the hype.

      Delete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!