Wednesday, July 07, 2021

Tips Menjaga Imun Disaat Puasa

Imunitas kita disaat puasa harus dijaga sebaik mungkin. Memang kita hanya dianjurkan makan pada saat sahur dan buka puasa saja, namun bukan berarti kita tidak bisa makan makanan bergizi dan membuat tubuh tetap fit. Seseorang yang berpuasaakan kehilangan energi dan juga mudah kelelahan. 

Tips Menjaga Imun Disaat Puasa

Untuk itu disarankan kita tetap menjaga pola tidur dan makan agar tetap sehat. Seseorang yang berpuasa harus makan dengan porsi yang sama dengan sebelum puasa. Caranya dengan makan pada waktu sahur, buka puasa dan malam hari. Sehingga asupan yang dibutuhkan oleh tubuh juga lebih terjaga, dan imun tubuh tetap kuat.
 

Tips Jaga Imun Saat Puasa


Untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa dengan menambah nutrisi yang kita konsumsi. Minum air putih juga tetap 8 gelas perhari. Beberapa vitamin juga perlu ditambah agar lebih sehat dan badan menjadi lebih segar. Ada beberapa makanan juga yang perlu dihindari selama puasa, agar tidak mudah haus dan menjadi obesitas.

1. Hindari makan makanan manis. Biasanya puasa identik dengan minum minuman yang sangat manis. Mulai dari soda, biang gula, es sirup, es cream, dll. Jika ingin tetap sehat saat puasa, hindari makanan dan minuman manis yang dapat membuat naik gula darah. Ketika seseorang terkena diabetes, ia iakan mudah lelah dan pencernaan menjadi terganggu.

2. Hindari makan makanan lemak jenuh dan makanan cepat saji. Memang rasanya lebih enak dan praktis jika kita makan fast food ataupun junk food. Tapi tahukah bahwa dibalik rasa yang enak tersebut, jika dimakan saat puasa akan membuat mudah haus dan tidak kenyang. Sehingga kita akan tetap merasa lapar meskipun sudah makan banyak. Apalagi di negara kita terbiasa makan nasi, pastinya jika makan burger saja tidak akan kenyang.

Beberapa hal lain yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga imun tubuh agar lebih sehat pada saat puasa, antara lain :

1. Mengkonsumsi banyak vitamin. Meskipun berpuasa kita tidak hanya mengenyangkan perut pakai nasi dan lauk pauk. Namun asupan buah dan sayuran juga wajib dipenuhi. Vitamin yang paling dibutuhkan tubuh saat puasa yakni, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Bagaimanapun juga vitamin C sangat penting untuk kesehatan. Agar bisa menjaga diri dari beberapa virus seperti pneumonia dan mempercepat kesembuhan. 

Vitamin D juga diperlukan saat puasa, karena vitamin D dapat membuat tulang menjadi lebih kuat dan tidak mudah lemah. Dan untuk vitamin E juga sangat penting, karena kulit kita saat puasa akan lebih kering. Sebab kita tidak sering minum air putih, tidak seperti hari sebelum puasa. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, bisa makan buah apel atau buah strawbery. Jika ingin lebih mudah lagi, bisa konsumsi rhea health tone. Karena suplemen tersebut banyak sekali kandungan vitamin untuk meningkatkan sistem imun.

2. Istirahat yang cukup. Meskipun tidur merupakan ibadah disaat puasa, kita juga diharuskan melakukan kegiatan lainnya. Istirahat pada saat malam hari dsebaiknya pada jam 8 malam, dan bangun kembali saat sahur jam 3. Jika tidur kita teratur, maka tubuh akan tetap semangat meskipun puasa.

3. Berolahraga. Tidak ada salahnya tetap olahraga saat puasa. Bisa dengan senam ringan, jalan santai, atau bersih-bersih rumah. Kita harus tetap olahraga dan membersihkan lingkungan, agar tidak ada penyakit dan kuman yang bersarang di dekat kita.

Itulah hal yang harus dilakukan untuk menjaga imun tubuh tetap sehat selama puasa. Jangan lupa tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer agar bebas dari kuman dan virus.

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!