Monday, March 01, 2021

Mual, Apakah Tanda Kehamilan?

Rasanya tahun ini dan tahun lalu banyak rekan seangkatan yang sudah menikah, hamil, lalu punya anak. Disaat yang sama saya sedang beradaptasi dengan lingkungan baru. Setelah mendapatkan tugas untuk pindah unit kerja beberapa waktu yang lalu.

Pengen nikah juga nggak kayak yang lain? Jawabannya rada aneh. Kadang pengen, kadang engga. Tergantung dari mana saya liatnya. Melihat bisa menghabiskan sisa waktu bersama orang yang dicinta terdengar menyenangkan. Disisi lain ada tanggung jawab besar yang diemban seumur hidup. Terutama ketika nantinya diamanahi buah hati.


Betul, anak dilahirkan dengan rezekinya masing-masing. Namun orang tuanya jugalah yang merencanakan dengan baik. Lewat pintu manakah rezeki itu diketuk? Nggak hanya bertanggung jawab pada pertumbuhan fisik namun mentalnya. Seberapa banyak orang dewasa yang masih memiliki luka masa kecil yang belum sembuh?

Nah, dari situ saya mulai tersadar. Meskipun hilal jodoh belum terlihat *uhuk* tapi nggak ada salahnya belajar dari sekarang. #ECIYEE

Cara belajar saya tuh bukan tipe text book. Lebih ke diskusi sama yang udah pengalaman atau ngikutin dokter di media sosial. Contohnya kayak beberapa waktu lalu. Mendadak kepo tentang kehamilan.

“Mbak, dulu kamu tanda hamilnya gimana?”

“Yang anak pertama atau kedua?”

“Hmm..dua-duanya? Emang bedanya apa sih?”

“Kalo yang pertama itu sebelum tau hamil, sekitar seminggu sebelum tanggal menstruasi rasanya kayak orang masuk angin. Mual”

“Trus kalo yang kedua?”

“Ngga beda jauh sih. Mual. Tapi cuma 3 harian aja aku langsung test pack dan beneran positif”

Ternyata mual saat hamil itu wajar gengs. Pantesan temen saya yang hamil tuh suka update morning sickness gitu. Menurut artikel yang saya baca, penyebabnya karena adanya peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin), estrogen, dan hormon lainnya. Tapi nggak selalu sih. Kalau daya tahan tubuhnya kuat, bisa aja nggak merasakan mual.

Selain itu, masih banyak lagi tanda kehamilan lainnya. Seperti jerawat (waw seperti menstruasi saja ya bun), sakit kepala, ngidam, nafsu makan meningkat, perubahan kebiasaan buang air besar, dan sebagainya. Tiap perempuan merasakan tanda tanda kehamilan yang berbeda. Balik lagi ke kondisi kesehatan dan daya tahan tubuhnya.

Yang pasti nih harus aware sebagai perempuan. Apalagi yang udah menikah dan memang aktif berhubungan seksual, yak. Penting banget untuk belajar dan mencari ilmu seperti ini. Saya sih nabung ilmu dulu. Hehe.

Cari ilmu darimana? Apakah harus membeli buku? Alhamdulillah sekarang ada banyak platform untuk belajar. Paling sederhana dari media sosial. Ada nama-nama dokter yang sering muncul di media sosial. Nggak ada salahnya mengikuti mereka. Asalkan dicek dulu ya apakah dia benar dokter, lulusan mana, praktik dimana, semua background check ini bisa kita lakukan sendiri lho.

Masih belum yakin? Ada pilihan lain. Yaitu lewat aplikasi Halodoc. Sudah pernah dengar? Saya beberapa kali menggunakan aplikasi ini untuk konsultasi dokter. Namun ternyata halodoc juga menyediakan informasi kesehatan.


Ada ribuan artikel yang tayang di website maupun aplikasi Halodoc. Kita bisa mencari topik sesuai kebutuhan. Misal: tentang kehamilan. Cukup mengetikkan “kehamilan” di kolom pencarian, nanti akan muncul artikel terkait.

Setiap artikel yang rilis ditinjau oleh dokter maupun praktisi kesehatan yang terdaftar. Di bagian akhir artikel pun disertakan referensinya agar kita nih para pembaca bisa melakukan cross check mandiri mengenai kebenaran artikelnya. Halodoc sudah menjadi mitra resmi Kementerian Kesehatan. Dan khusus untuk masa pandemi ini dia juga bermitra dengan BNPB Indonesia. Nggak perlu ragu lagi kan dengan legalitasnya?

Berhubung saya belum pernah hamil jadi ngga belom bisa membayangkan deh kayak gimana rasanya hamil. Kamu yang udah pernah hamil, pertama kali tandanya apa sih?

3 comments

  1. Sama, kak. Aku juga dulu waktu belum hamil dan nikah. Suka kepo mengenai kehidupan yang belum aku rasakan. Kaya apa ya, pengen dikasih clue sedikit gitu macem mana nikah dan punya anak. Dan dulu termasuk yang aneh liat orang mual sampe ngidam, hehe. Ternyata...faktaaa banget

    ReplyDelete
  2. Persoalan menikah, hamil, punya anak, itu tak perlu belajar kok Mbak. Ilmunya mengalir secara alami. He he ... (Bercanda only). Terima kasih telah berbagi pengalaman.

    ReplyDelete
  3. kalau aku tanda pertama adalah tidak mens,
    selama hamilnya nggak ngerasin ngidam apalagi mual-mual, klo kata orang ngebo/ hamil kebo. Makan minum biasa aja malah makin beringas, wkwkkw

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!

Instagram