Sunday, March 28, 2021

5 Rekomendasi Podcast Islami di Spotify

Saat ini podcast lagi naik daun. Bagi yang belum tahu, podcast itu semacam rekaman suara dari seseorang dengan topik dan durasi tertentu. Ada podcast yang berisi monolog, dialog, talkshow, read aloud (baca nyaring), audiobook, dll. Banyak banget pilihannya. Kelebihan podcast dibanding vlog atau blog post, dia tuh bisa didengerin kapan dan dimana aja.

5 Rekomendasi Podcast Islami di Spotify

Ibarat siaran radio, bisa didengarkan sambil nyuci, nyetrika, makan, hingga pengantar tidur. Karena kepraktisannya, podcast ini diminati banyak orang. Termasuk aku. Platform spotify masih menjadi favoritku. Karena gratis, tanpa iklan, dan banyak pilihan.

Agar ada faedahnya podcast yang aku dengerin lebih ke bertema agama. Enak banget kan dimudahkan dengan teknologi. Nggak ada lagi alasan untuk nggak menuntut ilmu. Apalagi nih Ramadan tinggal menghitung hari. Nambah bekal untuk menjalaninya.

1) Hannah Indonesia


Hannah Indonesia mulanya aku tahu dari instagram. Awalnya aku kira dia fokus pada parenting Islami. Ternyata lebih dari itu, Hannah Indonesia membawa tagline yang menurutku luar biasa namun sering terlupakan oleh manusia jaman now: #JawabDenganTauhid.

Artinya segala hal yang kita lakukan selalu libatkan Allah didalamnya. Menjawab pertanyaan anak, memasukkan unsur tauhid. Berkegiatan, niatkan untuk Allah. Isi podcastnya memang kebanyakan tentang pengasuhan anak. Tapi ada juga yang tentang kehidupan pada umumnya.

Beberapa yang udah aku dengarkan: Self Discovery Journey, Yang Muda Yang Mengandalkan Allah, Kerjakan Proyek Kecil Pantaskan Diri Terima Proyek Langit. Topik yang terakhir ini berisi talkshow bersama Teh Iin, pendiri rumah teduh sahabat Iin. Isinya menceritakan kehidupan volunteering beliau yang berfokus pada keluarga penunggu pasien di rumah sakit.

Model podcast Hannah Indonesia lebih ke talkshow. Jadi ada host yang memandu, narasumber yang memamaparkan materi serta tanya jawab.

Salah satu ustadz favoritku nih. Suaranya adem, cara ceramahnya ngena di hati. Awal tau dari akun instagram @thegangoffur. Mbak Amalia ((ikrib)) sering membuat resume kajian beliau dalam bentuk infografis. Menarik banget sih. Makanya aku cari eh kok ketemu di podcast.

Podcastnya udah cukup banyak. Ustad Nuzul ini masih produktif sampe sekarang. Ada topik tentang wanita, kajian riyadus sholihin, dan talkshow agak santai. Jadi emang formatnya ada yang ceramah (monolog gitu kan) dan ngobrol dengan host. Tinggal pilih aja sesuai kebutuhan jiwa saat ini.

Pernah denger Teh Jasmine Unpad? Salah satu foundernya yaitu Teh Qoonit yang punya podcast ini. Dari jaman Line aku udah suka. Tiap postingannya kayak timing pas gitu sesuai dengan yang dirasakan.

Versi podcast-nya masih belum berkala ngisinya. Dan cenderung pendek-pendek aja sih. Semacam booster kali ya. Sukanya karena cara penyampaiannya memberikan semangat agar berkarya di jalan Allah. Laff.

Familiar dengan kata Babo? Yep, ini adalah sebuah kata dalam bahasa Korea. Babo = fool = si bodoh. Pengisinya adalah Fuadh Naim. Sosok yang pernah menjadi musuh para kpopers Indonesia. LOL. Gegaranya dia tuh "membuka mata" kalau menjadi Kpop bisa jadi menjurus ke syirik. "Ritual" pegang lightstick sambil meneriakkan fan chant terlihat seperti memuja.

Sebagai orang yang demen Koreaan tapi ngga se-hardcore itu aku masih mengiyakan sih. Bener. Kebayang nggak sih diakhir ketika meninggal dunia ga bisa baca kalimat Laa Ilaaha Illallah malah nyeruin fanchant? :( aku suka mendengarkan ini sebelum tidur. Bikin merenung apa aja yang udah dilakukan seharian. Trus soundtrack-nya kadang lagu Korea yang dikenal. HAHA *teteup*

Ini formatnya monolog, ya. Sayang udah jarang diisi. Terakhir tahun 2019. Padahal bagus lhooo.

5) Felix Siauw


*semoga ga ada yang bilang aku HTI karena nulis nama beliau LOL*

Podcast ustad Felix isinya juga monolog. Kebanyakan membahas tentang tauhid dan shiroh (cerita tentang Nabi dan Sahabat). Dulu waktu di Solo suka banget denger sambil jalan pagi-pagi habis subuh. Enakeun euy. Nambah keimanan kepada Allah.

***

Itu dia 5 podcast islami rekomendasiku. Bagusnya sih mengikat ilmu dengan mencatat, ya. Hehe. Tapi minimal bisa memulai hal baik. Mengurangi dengerin musik. Ada podcast favoritmu juga disini? Atau mau nambahin rekomendasi lain? Boleh tulis di kolom komentar, ya!

1 comment

  1. Nenek-nenek seperti saya selau ketinggalan kereta. Untung baca artikel ini. Jadi tahu apa itu Podcast. Syukur tidak dibully anak muda. He he ... Terima kasih, Mbak Lulu.

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!