Thursday, November 05, 2020

Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Rack Server

Membeli lemari untuk rack server adalah salah satu bagian terpenting dalam proses mendesain pusat datamu. Meskipun terlihat mudah, namun prosesnya dapat membingungkan. Pasalnya, kamu harus membeli lemari atau raknya sesuai dengan kebutuhanmu. Apakah kamu membutuhkan satu rak atau bahkan 100 rak. Karena itu, artinya kamu membutuhkan pertimbangan.


Poin utama dalam pertimbangan sebelum membeli rack server seperti rack server 42U adalah bagaimana kamu mengoptimalkan ruang fisik yang tersedia dan bagaimana memaksimalkan efisiensi. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan saat memilih jaringan atau kabinet servermu sebelum membelinya.

Jumlah Unit Rak yang Kamu Butuhkan


Saat membeli rack server, tentukan dahulu berapa unit rak yang sesuai untuk kebutuhanmu. Unit rak adalah standar untuk mengukur peralatan dudukan rak. Satu unit rak memiliki tinggi 1,75 inci atau 44,45 mm. Satu unit rak juga disebut "1U". Lemari server biasanya datang dengan ukuran seperti rack server 42U, 40U, 44U atau 48U.

Dimensi dan Fit


Selain mempertimbangkan unit raknya, memilih rack server juga perlu dipertimbangkan dengan ruangannya nanti. Pasalnya ruang tersebut harus cukup untuk menampung peralatan lainnya dan juga bahkan cukup untuk perluasan masa depan yang direncanakan. Dalam ruangan tersebut, kamu membutuhkan peralatan seperti monitor LCD, baterai cadangan hingga alat pemantau lainnya.

Memperhatikan Fungsional dan Estetika


Meski hanyalah sebuah ruang server, namun tidak ada salahnya untuk mengkombinasikan antara elemen fungsional dan estetika. Alasannya tentu agar kita tidak merasa penuh sesak dalam ruangannya sehingga lebih nyaman berada didalamnya. Hal itu bisa dilakukan dengan pengelolaan server POD yang baik seperti mencakup distribusi daya, pendinginan, dan kabel yang baik. 

Keamanan


Keamanan server juga perlu menjadi pertimbangan saat kamu akan membeli rack server. Dengan ancaman hacker dan ancaman lain di dunia maya, keamanan pusat data sangatlah penting. Umumnya, sebagian besar rak dilengkapi dengan pintu depan dan belakang. Ada pula yang memanfaatkan pendingin pintu belakang atau solusi berbasis cerobong asap.

Strategi pendinginan


Pertimbangan besar saat membuat keputusan tentang jenis rack server yang akan dibeli adalah jenis pendingin yang digunakan. Ada beberapa opsi seperti blanking, panel samping, pemisah, dan sikat yang menjadi suatu keharusan dengan semua jenis pendinginan karena membatasi pencampuran udara panas dan dingin dan memastikan peralatan mekanis bekerja seefisien mungkin. 

Selain itu, perlu juga memastikan bahwa manajemen kabel di dalam rak memiliki aliran bebas udara panas dari bagian belakang server tanpa batasan. Penggunaan cincin kabel dan jari bisa menjadi ide yang baik tetapi jugi semua tergantung pada perencanaan sebelum kamu membangun rack server 42U.

Distribusi Daya


Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan saat memilih rack servermu nantinya adalah dengan mempertimbangkan distribusi dayanya. Beberapa ada yang menggunakan soket ekstensi dan PDU yang ditempatkan di dalam rak yang mana juga perlu diperhatikan untuk lokasi pemasangan, orientasi, dan distribusi kabel. 

Yang seringkali diabaikan namun sangat penting adalah pengelompokan massa kabel ke bagian belakang kabinet sebenarnya dapat berdampak pada aliran udara melalui kabinet yang nantinya dapat mempengaruhi proses pendinginan dari panas yang dibuat oleh server.

Untuk pertimbangan diatas, kamu dapat mendiskusikannya dengan toko penjualan rack server terpercaya. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengunjungi kedaitekno.com karena banyaknya pilihan lemari yang bisa disesuaikan dengan rencana pembangunan ruangan servermu. Tunggu apa lagi, segera kunjungi situsnya.

No comments:

Post a comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!

COPYRIGHT © 2020 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES