Thursday, March 19, 2020

Cerita Setahun CPNS: Uji Kompetensi dan Lain-lain

Halo halo. Melanjutkan cerita setahun CPNS di bagian kedua. Bagian pertamanya silahkan dibaca disini yaa!


3. Pertama kali Uji Kompetensi


Udah kebiasaan saya setiap ada ujian bakal woro-woro di grup keluarga. Apa aja deng. Kecuali saya patah hati itu keluarga ngga tau lol. Ditanyain lah buat apa pula Uji Kompetensi kan udah keterima CPNS.

Hmm tidak semudah itu, Ferguso! Sini saya jelaskan. Yang pernah/sedang daftar CPNS pasti tau ya ada formasi tertentu yang dipilih. Misal: Verifikator Keuangan, Pranata Humas. Formasi pilihan saya adalah Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Pertama (PFM).

Harusnya ada di Jabatan itu napa ku tutupin dah 
Kenapa Ahli Pertama? Ini jabatan bertingkat. Pengangkatan pertama ya Ahli Pertama. Minimal 5 tahun udah naik ke Ahli Muda. Kemudian Ahli Madya, dan Ahli Pratama. Yang terakhir disebut ini sekelas Kepala Badan.

Nah ketika masuk menjadi CPNS jabatannya belum langsung sesuai formasi. Ada jabatan antara berupa Analis (diikuti bidang masing-masing). Misal penempatan di Laboratorium ya menjadi Analis Laboratorium, gitu. Tahun sebelumnya Uji Kompetensi dilaksanakan setelah Diklat PFM. Berhubung tahun ini ada peraturan baru, alurnya berubah. Uji Kompetensi dulu baru setelah dinyatakan lulus dipertimbangkan untuk ikut Diklat.

Disinilah drama terjadi. Hiya hiya hiya. Yang namanya ujian pasti ada bahan materi. Agar dapat bahan materi kami harus ikut e-learning melalui website. Jadwal udah tertata rapi. Setiap UPT mendapat tanggal dan batch. Spesifik ya, batch saya dapet setiap hari pukul 10.00 - 12.00 WIB.

Serius bat mukanya ~~
Hari pertama e-learning yang terjadi adalah……..website down :”) Sedih banget dong adinda. Mana kabar simpang siur muncul kalo hasil e-learning ini masuk ke penilaian. Drama banget kami hari pertama itu bersepuluh kumpul di ruangan pak bos. Masing-masing menghadap laptop. Bukan belajar sih malah ngerumpi lol.

Inget banget waktu itu hari Jumat. Saya jadi orang terakhir yang menyelesaikan e-learning. Jadi tuh kalo udah selesai e-learning nya ada tanda “completed”. sebelum tulisan itu keluar artinya belom selesai. Ujian hidup banget itu tuh :) endingnya e-learning beberapa hari akhirnya udah terlatih selalu completed setiap sesi. Alhamdulillah.

Selesai e-learning, selanjutnya adalah: Uji Kompetensi. Di perjalanan menuju Uji Kompetensi ternyata saya dapet panggilan untuk….

4. Menghadiri perayaan HUT BPOM


Dinas ke Jakarta selama 1 hari. Iya sehari untuk perayaan Hari Ulang Tahun Badan POM. Sehari doang kami berdua di Jakarta. Kenapa bisa terpilih buat ikut perayaan ini?

Setiap tahun Badan POM ngadain kompetisi untuk merayakan HUT. Ada yang untuk internal, ada pula untuk masyarakat. Salah satu kompetisi untuk internal adalah public speaking. Untuk kami UPT yang ada di daerah bisa mengupload video ke Youtube.

Entah ini apes atau bukan, saya ditunjuk. Sama 1 temen lagi. Kirain kami udah putus asa nggak sanggup. Entah hari apa itu lupa saya ditelpon buat ke kantor sama temen saya. Ngapain? Bikin video buat lomba itu. Speechless gaes, sungguh aku speechless :)


Dengan peralatan seadanya + dandan sebisanya kami take video. Saya bagian di depan kamera. Rada aneh ya biasanya di belakang aja. Ini tonton aja videonya asli ngaco banget speednya dinaikin lol. Gapapa deh latian speaking berbahasa Inggris. Rada belibet ternyata. Masih banyak vocab susah yang saya ga ngerti. Plus belum terlalu PD buat nyerocos di depan orang banyak.

Tujuannya bukan menang emang. Yang penting ikutan berpartisipasi. Titik. Akhirnya ga menang juga sih. Tapi ada rasa bangga wah ternyata aku bisa malu-maluin hahaha.

Karena itulah kami berdua diminta ikut pak Bos ke Jakarta sebagai staf milenial. Hazeq. Kami berangkat Senin siang. Acaranya Selasa pagi. Sore itu juga kami balik ke Solo. Rabunya pagi-pagi berangkat UKOM. Kurang hectic apa itu bolak-balik beberapa kota dalam waktu singkat. Udah mabok rasanya.

Sempet foto doang ga sempet nyimak. Yha~
Salah sendiri sih mengiyakan ajakan tanpa pikir panjang. Yha gimana yha aku tu anaknya ngga mau melepaskan kesempatan di depan mata. Perayaan ulang tahun kan tiap tahunnya beda. Belum tentu pula saya yang diajak lagi taun depan lol.

Sebelum ke Jakarta ngubek-ngubek toko batik cari outfit yang bagus ZzZzzzZ. Habisnya di surat edaran menggunakan aksesoris khas daerah masing-masing. Mau pake syal batik kok ngga sreg. Pak Bos udah netepin pake blangkon warna biru. Bhaiq akhirnya kami beli outer batik ajah.

Sebwah toilet selfie yang amat sangat tidak proper zZzZ
Acaranya beneran milenial dong suguhannya aja Kopken :) ini :) pertama :) kali :) minum :) kopi :) kekinian :) HAHA seriusan dah. Saya bukan anak kopi. Cukup air mineral aja. Akhirnya mau ga mau nyicip kopi juga. Rasanya biasa aja sih ini ga tau yang rasa apa, kayak kopi sachetan gitu nothing special.


Drama di Jakarta terjadi karena kami pisah berangkat dengan pak Bos. Beliau yang dari Bogor kena banjir alhasil terlambat :")

Sementara itu, kami punya tugas mulia selain menghadiri perayaan HUT BPOM ini. Apakah itu? Ngumpulin berkas CPNS! Pake acara ngeprint ulang pula di Jakarta. Asli deh kurir tak dibayar ya begini rasanya :)) ngga papa demi gaji 100% hiya hiya yang tau tau aja deh.

Alhasil kami ngga terlalu konsen di acara perayaan justru bolak balik ke gedung buat ngumpulin. Buru-buru pulang pun berhubung pas Jakarta banjir. Takut ketinggalan pesawat. Baru kali ini takut lol biasanya anaknya santuy maksimal. Alhamdulillah ga kena banjir dan sampai dengan selamat.

Mari kembali ke nomor 3 yaitu: Pertama kali Uji Kompetensi


Uji Kompetensi harus dilakukan di Balai Semarang. Pagi-pagi udah kumpul di kantor buat berangkat bareng. Mengenai UKOM ini ada kabar nggak mengenakkan. Di pusat yang udah duluan ujian, dari 1 batch cuma lulus 3 orang. Iya, 3 orang. Dari sekitar 30an. Bikin takut ga, sih? YAIYALAH.

Bisa dimaklumi sih. Mengingat kami hanya belajar sekitar 2 minggu. Materinya seabrek. Ada 7 fungsi yang dipelajari termasuk fungsi Komunikasi, Informasi dan Edukasi. Letak ujian yang sebenarnya ya disitu. Banyaknya materi dikombinasikan dengan singkatnya waktu + tetep kerja kayak biasa. Pinter-pinter membagi waktu aja.

Spot me!
Ujian Kompetensi ini sistemnya CAT. Sama kayak ujian CPNS dan Latsar dulu. Sekarang apa-apa CAT, ya! Bagus sih. Hanya untuk koneksi yang udah stabil. Hehe. Mempermudah juga hasilnya langsung keluar.

UKOM terbagi menjadi 2. Lupa nyebutnya apa. Intinya ujian pertama tuh ujian inti. Maksudnya umum tentang Badan POM. Ada 10 soal. Soal yang diberikan mengingatkan saya jaman SKB dulu. Kemudian ada ujian kompetensi. Ini isinya 7 fungsi tadi. Seingat saya 40 soal.

Batas KKM adalah 75 untuk inti dan 70 untuk kompetensi. Di ujian inti saya lulus dengan nilai 80 alias salah 2 soal. Di kompetensi ini lah……..tidak lulus :’) saya akui susah dan saya kurang effort belajar sih emang. Alhasil dapetnya cuma 50 berapa gitu. Gak inget saking sedihnya hahaha.

Yang lulus 4 orang doang dari 28. 2 orang balai Semarang dan 2 orang Loka Banyumas. Duh malu nih ngga membawa nama baik Loka Surakarta *ciyusan ah*

Nihhh yang lulus bonus foto bareng
Pada akhirnya ya ada sesi remidi. 30 menit setelah ujian selesai. Hasilnya? Ngga tau. Yang ini ngga diumumin langsung kayak tadi. Hehe. Doakeuuun semoga aja lolos dan lanjut ke diklat PFM. Yeu kemarenan ga inget gara-gara nulis ini jadi inget lagi dong. Lol

***

Ya sudahlah kembali ke prinsip datang lupakan kerjakan aja. Bisa buat gambaran Uji Kompetensi kenaikan pangkat bakal seperti apa. Hehe.

Gosh, I have mixed feeling after a year being an employee. Those happiness, proud, sad, touched all I felt. Apakah bakal betah disini beberapa tahun kedepan? Dunno. I'm trying. Sebagai UPT baru pun ada kemungkinan untuk naik tingkat menjadi Balai. Another challenge, maybe?

2 comments:

  1. Rumah mpo di belakang BPOM. Boleh mampir kerumah kalau ke Jakarta. Jangan patah semangat, ayo belajar lagi

    ReplyDelete
  2. Wah ASN ya ternyata. Gimana WFH nya hehe

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!

COPYRIGHT © 2020 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES