Monday, March 23, 2020

Papua, Surga Dunia Idaman Banyak Orang

Dulu, yang ada di pikiran saya sebagai anak kecil: traveling paling seru itu pasti keluar negeri. Yaa minmal Eropa, lah! Trus sampai sekarang belum pernah menginjakkan kaki di luar negeri sama sekali. Sedih, nggak? Enggak.

Ini bukan di Papua sih. Belom...
Justru semakin bertambah usia pemikiran itu berubah. Saya harus lebih banyak eksplor negeri sendiri: Indonesia. Kenapa? Karena dengan begini saya bisa mengenal tempat kelahiran. Beberapa kali mengunjungi daerah di luar tempat tinggal, sering terpikir. “Indonesia tuh bagus banget ya, yang di sebelah sana sebagus apa?”

Sebelah mana? Indonesia bagian timur: Papua. Papua itu Indonesia. Sebuah provinsi yang menyimpan jutaan kekayaan alam Indonesia. Dengan hutan hujan tropisnya yang melebih 71% wilayah Papua, nggak heran Papua menjadi tujuan wisata banyak orang. Termasuk saya.

Memang rencananya mau ngapain di Papua?

Menikmati alam Papua. Yes. Sejak baca cerita perjalannya Trinity (Naked Traveler) Papua menjadi daya tarik magis. Pantainya yang bukan main super memanjakan mata. Sampai hutannya yang masih rimbun. Banyak ya yang bisa dilakukan di Papua. Pastilah karena bentang alamnya yang masih terjaga dengan baik. Nggak muluk-muluk sih sebenarnya.. Sekadar melihat matahari terbit dan terbenam di pantainya aja ku udah seneng deh :')

Dan di Papua ada banyak pantai indah. Nah dari banyaknya pilihan itu saya pilih 2 tempat yang keliatannya cantik dan menarik untuk dikunjungi.

Pulau Misool


Foto: https://berjalanterus.com/catatan-perjalanan-misool-keindahan-di-timur-indonesia/
Siapa nggak kenal Raja Ampat? Duh kayaknya hampir semua orang tau deh Raja Ampat. Ikon kepulauan di Papua yang populer. Apa hubungannya dengan pulau Misool? Nah pulau Misool ini salah satu dari empat pulau besar yang ada di kepulauan Raja Ampat.

Cantik? Jelas. Pulau misool mempunyai deretan batu karang, pasir putih, hutan mangrove, plus bonus warna air lautnya yang biru turquoise. Keindahannya ini masih ditambah dengan keberadaan satwa seperti penyu dan hiu. Iya, hiu bisa kita lihat secara bebas disini.

Ada beberapa cara menikmati Pulau Misool. Pertama, snorkeling. Kita bisa melihat terumbu karang yang masih cantik dan terjaga. Kalo saya sih skip, belajar renang aja dulu. Safety first, kan? Hehe.

Kedua: berkeliling pulau dengan boat. Nah yang ini saya call deh! Hahaha. Menikmati pemandangan ditemani angin is okay.

Taman Nasional Lorentz


Foto: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20191204153618-33-120281/ini-eksotisnya-taman-nasional-lorentz-wajib-disambangi
One of my favorite activity is exploring nature. Nah Taman Nasional Lorentz ini salah satu taman nasional dengan biodiversitas alias keragaman yang tinggi. Bahkan termasuk tertinggi di dunia lho. Kawasan lindung terbesar di Asia Tenggara ini terdiri dari padang rumput, rawa-rawa, pantai lautan, hutan hujan, dan pegunungan Alpine.

Pernah dengar Puncak Jaya? Yup. Ini salah satu puncak tertinggi dan terkenal di Indonesia. Dikarenakan puncaknya yang tertutup salju. Iya, ini di Indonesia loh. Ada salju! Di negara dua musim ini dimana lagi coba ada salju kalo ngga di Papua? Puncak Jaya ini masuk juga ke dalam kawasan Taman Nasional Lorentz.

Tuh, lengkap ya. Ada pantai, gunung juga ada. Kecantikannya pun ngga usah dipertanyakan. Selain bentang alamnya, Taman Nasional Lorentz juga punya keragaman satwa. Ada 630 jenis burung dan 123 mamalia yang teridentifikasi. Bisa jadi yang belum teridentifikasi masih banyak juga, gaes.

***

Papua dengan keragamannya patut kita jaga. Sedih kalo denger berita pembalakan hutan. Luas hutan di Papua semakin berkurang. Padahal hutan ini menjadi salah satu penopang hidup masyarakat asli Papua. Di Papua sendiri udah ada area hutan adat. Dimana pengelolaannya berbasis masyarakat. Diharapkan dengan adanya hutan adat ini bisa jadi pelindung dari perusakan hutan Papua.

Bersyukur pula sekarang bermunculan yayasan yang peduli terhadap hutan Papua. Salah satunya EcoNusa. EcoNusa menjadi salah satu organisasi non profit yang terus mempromosikan agar menjaga keseimbangan alam, dengan cara memperkuat jejaring lokal serta masyarakat. Semoga dengan langkah ini bisa menjaga hutan di Papua.

***

By the way itu dia dua tempat yang masuk ke bucket list saya. Gimana, kamu jadi pengen ke Papua juga?

1 comment:

  1. Semoga bisa kesampaian menjelajahi Papua ya lu, penuh kenangan dan indah deh di sana, aku kangen...

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi yah.

COPYRIGHT © 2020 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES