Korean Drama

Review Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

November 03, 2016,22 Comments


Selamat datang November!

Lagi pengen ngomongin drama Korea banget yang bikin gregetan akhir-akhir ini. Antara seneng karena akhirnya ketemu tahu endingnya sama sedih harus berpisah sama drama ini. Ada yang bisa nebak drama apa? Yap! Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Udah sekitar dua mingguan gregetan banget sama drama ini. Beda ya dari Moonlight Drawn by The Clouds yang pernah saya tulis first impressionnya. Drama ini memang sama-sama saeguk, hanya saja plot cerita dan konfliknya berbeda. Sebelum drama ini tayang saya juga sempet kepincut sama posternya. Spoiler pemainnya pun sering wira-wiri di dramafever dan soompi. Siapa? IU dan oppa-oppa ganteng! Hahaha. Awalnya kayak nyinyir gitu ah palingan itu yang jadi pemeran utama satu dua aja, lainnya cameo muncul beberapa detik doang *jahat*. Ternyata salah besar! Oppa-oppa tersebut bukanlah cameo. Wahaha.

Lebih mencengangkan lagi ini adalah satu-satunya drama yang saya tonton sampe tamat setelah drama W. Gimme applause! Hahaha. Gatau deh kenapa emang dibatasi kesibukan sih yaa. *halah* Btw ingat ya spoiler alert banget yang ngga mau kebocoran ceritanya plis just skip this post.

Kenalan dulu kuy sama pemainnya.


Atas kiri ke kanan:

Hong Jong Hyun sebagai 3rd Prince Wang Yo
Anak pertama dari Ratu Hwangbo. Kakak dari Wang So (Lee Jun Ki) dan Wang Jung (Ji Soo). Suka sama Yeon Hwa, adiknya Wang Wook. Udah punya istri. Perannya antagonis. Nggak segan buat bunuh siapapun demi mendapatkan mahkota raja.

Lee Jun Ki sebagai 4th Prince Wang So
Anak kedua dari Ratu Hwangbo. Wajahnya ada bekas luka di sebelah kiri karena nggak sengaja kena pisau yang dipegang Ratu Hwangbo. Gara-gara itu dia jadi "dibuang" ke Shinju. Punya julukan wolf dog dari orang-orang. Rumornya dia nggak segan buat bunuh orang. Dijauhi orang banyak karena dianggap bawa sial. Cuma gara-gara pake topeng itu buat nutupin bekas lukanya :( jadi bekas luka itu ngilangin kepercayaan dirinya. Meskipun dia begitu karena ibunya, Wang So tetep sayang sama ibunya.

IU sebagai Go Ha Jin/Hae Soo
Doi main sebagai Go Ha Jin di abad 21 sebentar doang. Lebih banyak ke Go Ha Jin yang terperangkap didalam tubuh Hae Soo. Sedangkan Hae Soo sendiri sepupu dari istrinya Wang Wook, pangeran ke 8.

Kang Ha Neul sebagai 8th Prince Wang Wook
Di drama ini doi berganti karakter drastis banget nget nget. Di awal Wang Wook baik banget, suami-able, penuh senyum pokoknya perfect. Hanya saja keadaan yang bikin dia berubah...sedihlah tragis kisahnya dia. Oh ya Wang Wook juga tergolong pintar, perencana yang handal.

Ji Soo sebagai 14th Prince Wang Jung
Adik dari Wang So. Paling disayang sama ibunya. Hobi bertarung, duel, semacam itulah. Suka sama Hae Soo gara-gara Hae Soo nolongin dia dengan berani waktu Jung dikeroyok. Nggak bisa dikekang, ngak suka diem di istana.

Baek Hyun sebagai 10th Prince Wang Eun
Aakk my favorite! Hehe. Perannya childish, kekanakan banget. Nggak suka baca buku cuma suka maenan kayak ketapel. Suka sama Hae Soo juga tapi akhirnya menikah sama Soon Duk. Pangeran yang pertama kali meninggal karena kekejaman Yo :"

Nam Joo Hyuk sebagai 13th Prince Baek Ah
Artistik dan nyeni banget orangnya. Suka musik, suka nggambar. Satu-satunya pangeran yang dipercaya sama Wang So. Respek sama Hae Soo karena Hae Soo menceritakan di masa depan nggak bakal lagi orang dibedain berdasarkan kasta. Makanya nggak heran Hae Soo manggil Baek Ah nggak pake Wang (Wang artinya Prince). Cuma Baek Ah-Nim gitu.

Yoon Sun Woo sebagai Wang Won
Ini nggak terlalu kelihatan sih karakternya. Cuma ya...jahat tapi kayak ikut-ikutan doang gitu.

Masih buanyakkkkkkkk banget pemeran lainnya lengkapnya lihat disini aja ya. Ehe

Alur cerita

Ceritanya, Go Ha Jin ini asalnya dari zaman sekarang abad 21. Dia depresi karena ditinggal selingkuh pacarnya dengan sahabatnya sendiri. Akhirnya dia menyendiri di tepi danau gitu. Nggak sengaja dia lihat ada anak kecebur. Mungkin karena jiwa sosialnya terlalu tinggi dia ngga bisa menutup mata dan nyebur buat nolongin itu anak. Pas keluar dari air........LOH KOK ISINYA COWOK-COWOK TOPLESS? Hahaha.

Ternyata dia berada di tubuh Hae Soo. Jiwanya tetep Go Ha Jin ya. Dia berpindah gitu balik ke masa lalu jaman Goryeo (ini jaman sebelum Joseon gitu deh). Awal-awal bingung banget lah dia bertanya-tanya aku siapa? Aku dimana? Semacam itu. Berhubung dia nggak menemukan jawaban atas pertanyaannya, dia memutuskan untuk bertahan hidup. Dengan cara apa? Ya berperan jadi Hae Soo. Nggak bisa disangkal orang-orang di sekitarnya bingung. Ini anak kok berubah 180 derajat yah jadi kayak bukan Hae Soo? Tapi ya sudah mereka memaklumi menganggap kalo Hae Soo berubah karena kepalanya kebentur batu.

Di awal episode konfliknya belum muncul yang terlalu rumit gitu. Masih seputar kisah cinta. Hae Soo suka sama Wang Wook. Padahal Wang Wook ini suami dari Lady Hae, sepupunya ato sodara dekatnya gitu lah. Lady Hae tau kalo mereka sama-sama suka, tapi tetep diem aja. Luar biasa bangetlah pokoknya kusuka actingnya Kang Haneul sebagai suami. Dewasa banget! Kalo nggak inget dia pernah main di The Heirs mungkin saya udah mikir usianya doi 30an. Sayangnya hubungan Wook-Lady Hae nggak lama. Lady Hae meninggal karena sakit. TBC kali ya soalnya batuk darah actingnya.

Episode sampe sebelum 10 gitu isinya masih berkisar pada lovey dovey Hae Soo-Wang Wook. Sampe sempet mikir kok ini posternya Hae Soo sama Wang So tapi So-nya sendiri jarang keliatan?

Terjawab sudah di episode selanjutnya. Di saat yang sama, pangeran lainnya mulai bermunculan. Ada Wang So yang dipanggil kembali buat tinggal di istana. Wang Yo mulai melancarkan aksinya buat jadi raja. Wang Yo ini obsesif banget buat jadi raja. Di zaman itu orang yang punya kekuasaan tertinggi ya raja. Nggak heran kalo siapa aja mau buat melakukan apapun demi mahkota raja di tangannya.

Sewaktu King Taejo (ayah dari pangeran-pangeran ini) masih hidup, pemerintahan masih terkendali. Setelah King Taejo wafat, putra mahkota Moo naik tahta. Nah disini Wang Yo, Wang Wook sama Wang Won bersekongkol. Mereka meracuni Wang Moo dengan merkuri. Saat Wang Yo memberontak masuk ke istana buat menggulingkan pemerintahan, Wang Moo mati. Sedih :")

Selanjutnya pemerintahan berganti ke Wang Yo. Wang Yo is devil. Jahat pake banget tipe antagonis yang semua orang bakal benci sebenci-bencinya. Karena benci itu jugalah Wang So yang tadinya nggak pengen jadi raja malah berubah pikiran. Wang So merencanakan pemberontakan bersama Choi Ji Mong (orang kepercayaannya), Baek Ah, dan Pemimpin Pasukan.

Sayangnya kalian nggak bakal menemukan scene Wang Yo sama Wang So beradu langsung. Wang Yo meninggal dirundung rasa bersalah karena membunuh Wang Eun dan Wang Moo. Dia meninggalkan surat wasiat yang isinya pengganti raja setelahnya. Di scene ini dijamin kebencian ke Wang Yo bakal hilang. Dia kasihan banget cuma jadi alat buat ibunya. Sebelum mati malah sempet bilang I think I know how So felt. Gegara So itu dibuang sama ibunya *cry* *tears*

Episode akhir-akhir gampangannya: satu persatu meninggal. WQWQ. Wang So pun naik tahta. Yang tersisa Baek Ah, Wang Jung (karena dia sodara seibunya Wang So), Wang Wook, Yeon Hwa (adiknya Wang Wook) dan yang pasti Hae Soo.

Ada twist yang bener-bener ngagetin disini. Yaitu.....Chae Ryung (budaknya Hae Soo) ternyata adalah spy! Baru ketahuan saat Wang So ngehukum Chae Ryung dengan dipukul sampe meninggal. Hae Soo marah besar. Dan Hae Soo memutuskan buat meninggalkan Wang So. Pergi sama Wang Jung.

Endingnya adalah...kasih tau gak? Kasih tau ajalah ya lagian banyak juga spoiler di website. LOL. Sejujurnya saya nggak bisa mengkategorikan apakah ini tergolong happy ending atau sad ending. Tergantung dari perspektif mana lihatnya. Hehe. But I personally love this kind of ending. Nggak berkesan maksa harus seneng atau sedih kayak W atau Yong Pal. Sooooo....happy and sad at the same time since this drama over. SO MUCH FEELS WATCHING ALL 20 EPISODES.

Komentar tentang pemain

IU: Emang gitu ya dia ekspresinya lempeng-lempeng gemas. Wajahnya kayak nggak berubah gitu sejak Dream High. Imut dan syantik :( sempet baca di soompi doi diprotes karena make up nya ketebelen. Padahal enggak lho itu termasuk biasa aja :/ Kostum hanboknya IU beneran cuteeeeeeeeeee banget warnanya tuh enak dipandang laff <3 sayangnya semakin kesini semakin biasa kostumnya karena kastanya turun kan sejak Lady Hae meninggal.

Lee Jun Ki: TWO THUMBS UP BUAT KAMU OPPA! Nggak salah kalo saya menjulukinya King of Saeguk. Mukanya, ekspresinya, suaranya pas banget buat drama ginian. Di sini malah tantangannya lebih berat lagi. Doi harus acting pake topeng yang nutupin setengah wajahnya. Kebayang nggak gimana dia bisa "berkomunikasi" lewat tatapan mata?

Kang Ha Neul: Ini actingnya juga keren bat. Bisa memerankan ekspresi tua kedewasaan seakan-akan dia emang udah nikah. Sweet banget. Masih nggak rela loh kalo akhirnya dia jadi jahat. Nggak jahat sih tapi berubah sikap gitu sampe Hae Soo aja bilang you have changed. OMO OMO OMO

Baek Hyun: Cute abis actingnya! Wkwkwk. Perannya cocok sama mukanya baby face gitu kan. Dia dapet peran pangeran manja yang bisanya cuma main-main aja. Suka sama actingnya meskipun dia terbilang pendatang baru di dunia peran.

Overall suka sama semua acting pemainnya. Kecuali Seo Hyun. Iya, Seo Hyun SNSD tampil juga. Tapi jangan harap tinggi sama acting nya. Beneran flat maafkan daku Seo Hyun daku hanya berkata jujur.

Gimana? Seru gak? Baru kali ini kayaknya ngereview drama sepanjang ini. That was because this drama so interesting. Walaupun di Korea sono ratingnya jelek. Spekulasi saya sih karena ceritanya yang rumit. Dan spekulasi teman saya yang fans Kekoreaan garis keras (dia nonton konser, drama, beli produk kayak banana milk nya juga gilz) itu gara-gara IU di negaranya banyak haters-nya. Sungguh menyesal dirimu, haters. LOL.

Isunya bakal ada sekuel yah? Ngga tau juga sih belum ada kepastian. Pengennya nggak usah aja. Biar nggak ngerusak cerita HAHAHA. Percaya atau nggak saya cuma nonton ini aja sampe selesai. Sampe sekarang nggak ada stok drama lagi. Nantilah kalo ada yang menarik ya.

Btw, ada yang udah nonton juga? :D

You Might Also Like

22 comments:

  1. Zaman kuliah dulu demen banget semaleman nonton drama korea sampe selsai itu puluhan episode.
    Sekarang dah jadi emak2 duhh susah banget buat me time yg satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hukum alam kayaknya mba semakin bertambah umur semakin bertambah juga kesibukan..

      Delete
  2. wah...jadi pengen nonton drakor lagi nihh...

    ReplyDelete
  3. Wah sama penggemar drakor, saya mau nonton ini sama the legend of the blue sea

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg lee min ho sama jun ji hyun itu kan yaa? mau juga ah :D

      Delete
  4. aku juga suka banget dengan drama2 korea mbak...yg ini belum rebutan terus sama anak2 hiks...ceritanya baguss ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. nontonnya tengah malem aja atau pagi2 buta biar bisa konsen haha..
      iya baguss rekomen deh

      Delete
  5. Jadi inget, kakak pertama, kedua. Suka banget drama Korea :)

    ReplyDelete
  6. Masih belum bisa move on dari drama ini. masih suka mampir ngliatin #moonlovers di IG ha ha ha. Sedih aja sama si Wang So. Btw spoiler ni, spoiler... waktu itu pernah baca, akan ada edisi spesial si tgl 6 kmrn, tp rada ga jelas gitu si, blm nyarii lagi di tumblr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. edisi spesialnya katanya behind the scene. tapi si IU upload di instagram jg pada berspekulasi itu alternatif ending. entahlah :/

      Delete
  7. Ahhha parah, aku nonton ini emang susah banget buat move on terutama buat endingnya huhu
    and then aku kecewa banget karena aku Wang Wook lovers deh, ga sadar kalo dia itu cuman second lead *karena pas nonton gak liat cover drama* kalau itu Wang So -__- abis aku lebih baper si Hae Soo sama Wang Wook sih soalnya doi romantis, kalau Wang So itu serem - serem gimana gitu. Tapi lagi2 ceritanya bikin kita jadi berpindah hati ke Wang So, ga kebayang deh perasaan Hae Soo yang diputar balik gitu.

    Btw, mau nanya itu Wang Jung emang ada feeling gak sih sama Hae Soo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah nungguin kapan wang so jd pemeran utama knp kok wang wook mulu hahaha.

      Iya beneran sejak itu episode 2 kalo ga salah yg hae soo nolongin wang jung waktu dikeroyok di hutan. si hae soo pede banget neriakin preman2 sambil bawa sepotong dahan kayu aja. itu pas wang jung fallin' love sama hae soo

      Delete
  8. Aku juga nonton! Buagus banget sih engga. Cuma entah kenapa aku betah nonton sampai habis. Katanya mau ada yang ke-2 ya? Sing Wang So ke dunia nyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih dipertanyakan kevalidannya bakal ada sekuelnya apa enggak hehe

      Delete
  9. hai salam kenal,,,
    hmm setau saya wang di drama ini nama marga mbak.raja taejo kan nama aslinya wang geon yang asalnya bukan bangsawan.terus prince itu sebutannya hwangja disini.
    trus tambahan orang korea emang gak terlalu suka sama drama adaptasi penulis asing.mereka lebih prefer hasil dalam negeri walopun sebenernya suka hadeh,,,ni drama sebenernya banyak ditonton di korea cuma gak live jadi gak pengaruh rating.di situs top korea aja nomer satu paling banyak di search beritanya.
    orang korea susah ditebak ya seleranya :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah I see. Thanks infonya.
      Berarti bagus ya nasionalisme org Korea tinggi hehe

      Delete
  10. Aku suka heran sama orang yang bilang drama ini jelek hanya karena pemainnya... IU sebenernya ga banyak heater tapi dia akhir-akhir ini kena scandal sama lagu dia jadi neter korea banyak yang profokasi drama ini hanya karena yang main IU.

    Padahal drama ini bagus *please* jgn lihat buku dari sampulnya*

    Drama ini jujur bagus rasanya kalo saya jadi hae soo pasti udah bunuh biri dah tuh ga kuat sama hidup dia ko rasanya serba salah tapi ga selebay sinetron Indonesia yg cintanya banyak konflik tapi orang jahatnya selalu kejam dan dendam ga masuk akal me pemeran utamanya...

    Drama paling sedih karena banyak yang meninggal, rasanya kaya hidup itu indah tapi di akhirnya mereka ga bisa nemuin kebahagiaan yg kasian wang so hidup dia ga ada happy endingnya dari awal di benci, jadi raja malah orang-orang kepercayaan dia pergi ninggalin dia.

    Dan ku rasa pemilihan IU sebagai karakter utama (hae soo) itu cocok banget image IU kan ceria tapi Semakin lama semakin dewasa di kenyataan begitu di drama pun begitu..

    Meski awalnya banyak yg ga suka IU jadi pemeran utama cewek tapi aku yakin sering berjalan ni drama malah banyak yg punji drama ini bagus maalh sampai sekarang masih banyak yang baper sama hae soo dan wang so...

    Ga kedengeran lagi tuh cibiran-cibiran yg jelekin IU, karena buktinya yg jelekin malah ikitan baper sama dramanya...

    IU itu udah pas banget jadi hae soo dan aku rasa kalo yg peranin ini bukan IU para fans ga akan tuh ngerasain baper apalagi setelah kemarin IU ngeluarin lagu Trough the night yang MV dan lirik lagu nya seakan mewakili perasaan hae soo di masa depan yg merindukan wang so.

    Klo idol atau artis lain yg meranin hae soo belum tentu bakal di kasih kejutan semanis ini sama IU.. IU itu tau banget kalo fans masih baper sama moon lovere eh dia malah bikin lagu yang bisa ngobatin Kangen + bikin fans makin baper... Itu cuman IU yang bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh terharu banget ada yang komen panjang lebar! Maacih yaa sharingnya hihi baru tau deh :)

      Delete
  11. Astaga, nih draama menjadi drama terbaik sepanjang drama saeguk sih menurutku tentang kisah "Romancenya" . Aduh baru pertama nih gak bisa move on sama drama saenguk.
    Drama ini gereget pake Banget ! Seriously butuh special edision macam BBF. Aduuuh, ini drama pertama yang kalau di tonton ulang gak tega skip dan potong-potong ending, tapi kalau dilihat lagi bapernya gak ilang ilang.. Ah bahaya nih dramaaa.... Baguss bangeet....

    Butuh banget sppecial edition tapi sepertinya hanya tinggal harapan.. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa! Aku juga sampe tahun 2017 ini aja masih suka nontonin ulang hiks

      Delete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)