college

A Trip to JOGJA: Candi Prambanan

October 19, 2016,2 Comments

Yak kita lanjutkan yuu jalan-jalannya di Jogja. Kami meninggalkan kampus UII setelah sholat Zuhur berjamaah, sekitar pukul 13.00. Setelah itu, sopir membawa kami ke pusat oleh-oleh. Pusat oleh-oleh ini memang berada di kompleks pertokoan oleh-oleh khas Jogja. Pada saat yang sama saya sedang makan karena terlambat mendapat makan. Jadi hanya memandang teman-teman memilih oleh-oleh sambil makan. Waktu yang diberikan pun terbilang sebentar, 20 menit. Yah memang saya yang ngga ada niatan beli oleh-oleh sih, hehe.


Selesai belanja, destinasi selanjutnya adalah: Candi Prambanan! Yeayy~ 
Saya terakhir kali kesini waktu SMP apa ya? Masih inget banget acaranya kemah. Lupa kemah OSIS atau pramuka. Kayaknya sih OSIS. Paling diinget sih saya menang lomba pidato gitu dapet juara 2.

Untuk masuk ke Candi Prambanan kata kakak saya bayarnya Rp. 30.000 per orang. Namun ternyataaa berhubung kami rombongan dan masih berwajah cute kami dikenakan tiket pelajar sebesar Rp. 15.000 per orang. Di tiket kami tertulis bahwa candi ini dibuka hingga pukul 17.15. Di atas jam tersebut pembelian tiket ditutup.

Loket masuknya. Antri yaa
Masuk candi kami melakukan games ringan gitu sekedar mengakrabkan diri(?). Eh sebelumnya foto keluarga duluuu. Hehe.

Bahagia banget kayaknya. LOL

Pelataran candi yang saya maksud. Itu di kanan kelihatan tangga susunnya.
Jadi di pelataran candi yang belum masuk ke komplek candinya bakal ada tangga bersusun 2 yang emang didesain buat foto bersama. Letaknya juga pas banget di tengah dimana komplek candi prambanan terlihat lengkap di foto. Kalau berminat pengunjung bisa membayar fotografer keililing yang banyak menawarkan jasanya. Harga 1 foto dibanderol Rp 10.000. Cukup murah, tapi kalo ada yang gratisan mah ya yang gratis aja #AkuCintaGratisan.

Masih di tempat yang sama, ada spot foto bertemakan instagram. Kekinian banget weh. Sayangnya adalah pelataran ini bau banget kayak bau kotoran kucing gitu jadi ngga bakal betah lama-lama ngga boong T___T

Setelah foto keluarga dan games, kami diperbolehkan mengexplore candi. Yippie!
To be honest saya nggak se-excited itu sih HAHAHA. Menurut saya ketika kita berkunjung ke obyek wisata sejarah paling cocok ya pake tour guide. Dari mereka bakal keluar cerita-cerita yang bisa aja kita nggak tau, ya kan? Nah karena keterbatasan dana ya saya sih jalan aja sendiri. 

Mungkin saya nggak akan banyak nyeritain tentang Prambanan-nya ya karena emang kurang berminat. Tapi saya justru mengamati perilaku orang-orang yang ada disana. Hahaha.

Saat itu udah sore sekitar jam 3-4an lah. Dan hari Sabtu pula, bisa dibilang pengunjungnya rame. Ada yang rombongan bocah-bocah SD, anak SMA, sampe ibu-ibu juga ada.

Yang saya lihat, pengunjung ini apa ya malah konsennya tuh ke foto. Pindah tempat semeter cekrek. Jalan 5 langkah cekrek. Duh mana ada tuh ibu ibu yang foto di candi tapinya banyakan porsi wajahnya daripada candinya T_T faedahnya apa si foto kayak gitu di tempat wisata T_T kalo mau selfie mah cari tembok yang eye catching aja beres. Ku sedih.

Bukan berarti saya nggak suka foto ya. Suka banget malah. Hanya saja mbok ya lihat kondisi gitu. Sekarang ini esensi liburan jadi bergeser. Yang tadinya buat merelaksasi pikiran malah jadi kepikiran. Foto disini bagus nggak ya?? Upload foto ini yang ngelike berapa ya?? Dan seterusnya sampe ribut kalo nggak bawa kamera atau handphone-nya low batt. That's so...what can I say. I'm speechless. Nggak tau lagi sama manusia jaman sekarang.

Agak ngelantur dikit jadi keinget dulu pernah ada mahasiswa KKN pamer foto gitu. Kakak saya (cowok) komentarnya: ngapain sih upload foto gitu aja emang sekali likes dapet duit apa?
Yha bener sih kecuali dia emang endorse atau influencer macem Awkarin ya.

Mumpung temanya liburan saya mau ngingetin aja buat semuanyaa yang sedang liburan maupun berniat liburan, luruskanlah niat kalian(?) hahaha. Jangan sampe liburan cuma dapet foto tanpa ada cerita dibaliknya AZEK. 

Selamat liburan dan sampai jumpa ke trip selanjutnya~

You Might Also Like

2 comments:

  1. Enakny jadi pelajar gitu yaaak...entrance fee harganya spesial.. Terakhir ke Prambanan beberapa tahun lampau..waktu itu masih diperbaiki ga bisa ekplore bebas. Diperbaiki sehabis gempa besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru tau kalau mahasiswa itu masih pelajar loh, hihi
      maen2 kesana lagi ajaa :D

      Delete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)