cerita

A Trip to BANDUNG: ITB part 2 - end

November 09, 2015,0 Comments

Last part!
Kami (PH dan Ganeca Pos kru) berdiskusi di Teknik Lingkungan, lupa tepatnya ruang apa. Eh ruangannya bagus HAHA kayak bioskop kan berjenjang gitu duduknya jadi yang di belakang tetep kelihatan, nggak ketutupan sama kepala yang duduk di depan seperti halnya kalo sistem duduk sejajar. 

Pertama masuk ruangan, yang dilakukan adalah...perkenalan. Ya, kan ada pepatah tak kenal maka tak sayang. Yang perkenalan cukup dari Ganeca Pos. Kalo dari PH ikut kenalan semua, habis sudah waktunya buat perkenalan doang. Yang saya inget, PU Ganeca Pos namanya Mbak Mega. Mbak ini cantik...enak dilihat heu angkatan 2013. Ternyata, meskipun di ITB yang mungkin mayoritasnya cowok ini, PU-nya pun cewek juga. Padahal FKM yang mayoritasnya cewek pun tetep diusahaiinnnnnnnn banget kalo pemimpin itu cowok :"D ya sudahlah, pasti ada alasan kan di balik itu semua, weits.

Di Ganeca Pos produknya ada koran yang terbit dua kali tiap periode? Duh lupa hiks ini semua gara-gara nggak ngepos langsung setelah trip. HUFT. Korannya 16 halaman, ya di situ kayak koran pada umumnya. Lalu ada cyber di ganecapos.com. Bagus websitenya!! Rapi dan nggak bikin mata sakit. Ini bisa buat pembelajaran cyber-nya PH (baca: tim saya). Cyber-nya PH sendiri masih berusaha cari tutor yang bisa ngajarin buat mempercantik lagi website PH dan memaksimalkannya. Di zaman digital kan ya, apa sih yang nggak bisa diakses? Saya pun merasa kurang maksimal dalam memanfaatkan website PH. Huhu :" pengen belajar juga dari Ganeca Pos tapi karena keterbatasan waktu terpaksa nggak bisa.

Dari Ganeca Pos sendiri yang saya ingat mbaknya bilang suka buat propaganda. Contohnya, mereka mengadakan polling tentang siapa sih yang cocok menjadi ketua Kabinet (kalo di UNDIP namanya BEM) jadi ketua BEM gitu. Nah mereka menyebut nama kan. Di situ secara nggak langsung sebenarnya mereka mendorong orang yang memiliki nama tersebut buat maju mencalonkan diri. Keren, ya? Propaganda ini yang saya dapet di kuliah bisa loh mempengaruhi orang. Emang deh T.O.P. idenya buat propaganda ini.

Trus apa ya? Kaderisasi. Fyi aja, di FKM ada banyak sistem buat bisa masuk UPK yang di ITB disebut klub. Di PH sendiri dulu saya harus melewati beberapa tahap tes. Yang pertama magang. Berhubung saya magang di cyber, maka saya juga harus bikin web yang atraktif. ((atraktif)) hahaha. Lalu ada tes tertulis yang tentu saja tentang ke-jurnalistik-an. Dan yang terakhir tes wawancara untuk mengetahui seberapa besar komitmen untuk berkontribusi di UPK ini. Kalo di Ganeca Pos, mbaknya bilang apa ya? Cenderung kekeluargaan, dan kesadaran. Ada seleksi alam di situ. Jadi, di ITB itu ada 80-90an klub. Gilz banyak bet gakuku. Mbaknya sendiri (ini mbak yang mirip Ghea, teman SMA saya. Kalo nggak salah namanya Ludya) bilang dulu dia milih 7 atau 8 klub. Di situ saya langsung melongo "................." seriously? Hahaha. Berakhir di Ganeca Pos satu-satunya. Jadi nggak ada sistem tes segala macem gitu.

Banyak ya ternyata perbedaan sistem organisasi di Undip dan ITB. Seneng sih, saya jadi dapet banyak wawasan. Itulah tujuan studi banding. Biar dapet pencerahan. Biar sadar kalo dunia itu luas. Biar sadar buat nggak merasa udah pinter cuma gara-gara tau sesuatu. Masih banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkk sekali di luar sana pengetahuan yang belum didapat. Masih banyak hal-hal yang mungkin buat saya baru. 
Masih ada lagi perbedaannya. Kalo di PH buat dana selalu ada dari fakultas walaupun nggak tentu kapan turunnya. Kalo di Ganeca Pos, mereka bilang selama mereka nggak ngajuin dana ya nggak dapet dana. Lain halnya kalo mereka ngajuin, ya baru dikasih dana. Selama ini mereka bergantung sama iklan baik itu di koran maupun media cetak. Di PH juga, eh di FKM. Tiap UPK pasti setelah satu tahun periode kepengurusan harus ada LPJ ke Senat. Kalo di Ganeca Pos, nggak ada tuh LPJan ke lembaga yang istilahnya lebih tinggi gitu. Kabinet, Legislatif (Senat-nya), dan Ganeca Pos ini sejajar kedudukannya. Jadi nggak perlu melakukan LPJ ke Legislatifnya. 

Itu kalo perbedaan secara umum ya. Nah sebagai pers mahasiswa, tentu saja harus punya produk apa yang berguna untuk menyebarkan info. Tadi sudah saya sebutkan kalo dari Ganeca Pos "hanya" ada 2 yaitu koran dan online. Di sini saya sadar, wah ternyata PH "sedikit" lebih maju dong. Kenapa? Karena di PH ini ada 5 produk. Banyak, ya ternyata? Yang pertama ada majalah. Seperti halnya koran Ganeca Pos, majalah ini terbit 2 kali tiap satu periode. Lalu ada buletin PH Kita yang memang khusus untuk mahasiswa FKM tiap sebulan sekali. Ada cyber yang insidental. Mading tiap 2 bulan sekali. Dan yang terakhir ada PH Express untuk info yang harus segera disampaikan buat warga FKM. Bangga deh, rasanya jadi bagian dari keluarga PH. PH ini konsisten ternyata sama produknya. Two thums up won't be enough, I think. Walaupun memang kadang buletin molor waktu rilisnya, hehe.

Soal isu, di Ganeca Pos semua isu bisa masuk tentang ITB. Padahal.......di FKM masih ada isu-isu yang dianggap riskan dan dilarang buat dibahas di produk PH. Salah satu contoh mudahnya aja nih yang saya alami sendiri. Saya dan tim cyber pernah ingin membahas tentang K3 yang sudah menjadi prodi di FKM UI. Tapi karena berbagai hal, salah satunya intervensi dari pihak lain jadi nggak terbit. Hikz, di situ saya juga sudah wawancara lho. Hemmm, mengapa bisa begini :"D 

Oh ya, Ganeca Pos juga punya TV! Dan liputannya juga keren-keren. Ini nih harapan dari Redpel Cyber tahun lalu yang belum terwujudkan. Ini juga termasuk pertanyaan yang pernah saya terima saat tes wawancara. Siap nggak bikin PH TV????? Saya saat itu jawab realistis kalo nggak akan mudah, tapi bakal tetap berusaha. Dan sekarang saya memikirkan kembali, jadi apa usaha yang telah saya lakukan buat bikinnya? Belum terjawab hingga saat ini. Masih banyak ternyata PR yang belum saya kerjakan di PH. Padahal sudah setahun "mengabdi". Seru ternyata mengetikkan banyak cerita mengenai pers mahasiswa. Padahal ini ceritanya tentang trip! Hahaha yah namanya juga not a mere trip but studi banding!

Setelah kami diskusi, nggak lupa dong dokumentasinya. Ini dia #GanecaPosxPublicaHealth (captionnya ala-ala gitu HAHA)
#GanecaPosxPublicaHealth

Selesai sudah post BANDUNG Trip! This is all I wrote for myself. To remind me what have I done. Yayyy see ya next post fella!

You Might Also Like

0 comment(s):

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)