Thursday, June 30, 2022

Males Ngeblog, Ngeblog Males

Disclaimer: 100% curhat. Bacalah seperti mendengarkan temen deket yang butuh telinga untuk mendengar :P


Satu setengah tahun belakangan ini aku sadar diri belum maksimal menjalankan peran sebagai bloger. Perannya apa? Menulis dan posting di platform ini. Sebulan cuma sekali. Malah ada sebulan lewat tanpa menulis sama sekali :") dari lubuk hati terdalamku tuh pengen seminggu sekali kek. Dari jaman kapan ngomong gini belum juga kesampaian. Yang ada di pikiranku ketika mau ngeblog: MALESMALESMALES. 

*caps lock jebol*

Memangnya kenapaa? Ada apa dengan ngeblog, kok males?

Tarik nafas...hembuskan. Mari kita uraikan akar penyebabnya.

Alasan males:

1. Bosen liat laptop. Sehari kerja 8+ jam didepan laptop. Bubar kantor anti pegang laptop. Gatau ya, kayak haram aja hukumnya. Liat nih~~


Judul: Work from anywhere

2. Kan bisa lewat hp? Nggak leluasa buat editing. Bener apa bener? Dan layar hp yang seumprit itu engga memadai untuk jari jemari lentikku ini.

3. Bukan sumber penghasilan pertama. YHAA tidak bisa dipungkiri. Beda sama temen-temen yang kerjaan utamanya ngeblog. Mau ga mau posting biar dapur tetep ngebul. Jatuhnya nggak diprioritaskan. Aku sanggup buka laptop 8 jam karena sudah kewajiban kerja :') beda prioritas dengan blog yang aku perlakukan sesuka hati. Hiks.

4. Kebanyakan curhat di blog, overthinking: bakalan oversharing gak ya? LOL problematika manusia digital :)) pengaruh masuk ke lingkungan dengan kadar judgy lebih tinggi dibanding sebelumnya. Lagi-lagi I know kenapa sih peduli amat sama omongan orang? 

Nggak cuma 4 itu. Kalo mau aku bisa menuruti pepatah "Alas pancen ombo" alias ada berjuta alasan untuk malas :) 

Step selanjutnya setelah didapatkan penyebab, kudu piye gaes? Yo dicounter a.k.a lawan dengan strategi. Beberapa strategi yang udah terpikirkan (ingat, dipikirkan dulu. Belum dilakuin) aku jembreng dibawah ini.

1. Journaling/catet sembarangan di notes/buku. Ide tuh datengnya kayak jurig. Bisa lagi pup eh muncul mau nulis apa. Kudu ditulis cepet-cepet biar gak ilang. Jujurly ada beberapa topik yang bikin semangat buat nulis atau ngonten.

2. Sediakan waktu khusus untuk nulis. Bukan nungguin kapan luangnya, tapi diluangkan. In my case ya kapan lagi kalau bukan weekend.

3. Sadar akan kerugian ngga ngeblog. Buatku yang rada perhitungan nih, dengan tahu untung ruginya ngga ngeblog lumayan membantu.

Kerugian males: traffic turun. Akibatnya: adsense menurun.
Akibat lain: campaign bercuan susah goal sebab ada persyaratan analitik tertentu.
Rugi kan yang tadinya bisa buat jajan buku eh tersia-sia begitu saja?

Then, ini yang berasaaa banget. Aku memperlakukan blog ini sebagai jurnal yang mendokumentasikan perjalanan hidupku. Ketika nggak nulis, aku nggak bisa me-recall memoriku :') ada momen yang ingin aku tetep abadikan eh berlalu gitu aja. Mana setiap nulis tuh pake perasaan banget. Jadi ketika aku nulis dengan senang hati, senangnya masih terasa ketika baca. Ketika nulis saat sedih, refleksi diri kenapa ya waktu itu sedih? Apakah sekarang hal yang sama masih membuatku sedih? Memperkaya jurnal "perasaan"-ku. 

*anak feeling banget bun*

Plis plis doakeun aku ya semoga kembali ke jalan yang benar. Sekian dan terima gaji.

1 comment

  1. Semangat mba Lulu, akupun sering males2an ngeblog, dulu sebelum punya anak aku target sebulan 1 postingan dan tercapai tuh sampai bbrp tahun, pas hamil sampei bbrp bulan abis melahirkan, bener2 males bgt ngeblog karena ada kesibukan baru, tahun ini aku udah ada target lagi, sebulan 3 postingan hahaha, gpp buat working mom kaya aku ini udah goal banget, yg penting enjoy.

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!