Thursday, January 10, 2019

Perbedaan WordPress Hosting dengan Hosting Lainnya

Perluasan bisnis menuju dunia digital atau Internet sangat gencar saat ini. Banyak perusahaan sudah mulai memiliki website tersendiri yang bisa mencakup kebutuhan customer mereka secara online. Oleh karena itu peranan website dalam dunia bisnis sangat penting. Dan hal yang cukup penting untuk diperhatikan adalah tentang pemilihan hosting.


Kamu pasti tahu apa itu WordPress, kan? CMS (content management system) paling populer di dunia ini siapa sih yang nggak tahu? Paling nggak pasti udah pernah denger tentang apa itu WordPress. Karena memang perusahaan yang berdiri sejak tahun 2003 dan mulai berkembang di Indonesia tahun 2007 ini sangat populer serta menjadi penyokong 26% situs di dunia. 


Lalu, apa hubungannya pemilihan hosting dengan wordpress? Well, wordpress sebagai page builder memiliki wordpress hosting yang disediakan baik secara gratis maupun berbayar. Artikel ini akan membahas perbedaan WordPress hosting dengan hosting jenis lain atau hosting biasa. Namun sebelum menuju pembahasan utama, ada baiknya kamu mengerti tentang hosting.

Apa Itu Hosting?

Hosting atau kerap disebut juga Web Hosting atau sewa hosting adalah sebuah tempat yang disewa untuk menampung berbagai data yang diperlukan oleh sebuah website, sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini bermacam seperti file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Hosting bisa diibaratkan dengan contoh berikut; sebuah website diibaratkan sama dengan kios atau ruangan di Mall.

Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya bisa berbeda, desain dekorasi yang berbeda dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 9m x 5m) dan maksimum adalah sebesar gedung Mall tersebut. 

Apa Perbedaan WordPress Hosting dan Hosting Biasa?


1. WordPress hosting yang gratis
Fitur hosting gratis yang disediakan dari WordPress bisa kamu akses di halaman resmi wordpress. Kamu hanya tinggal mendaftar dengan memasukkan email, membuat username dan password. Lalu mendesain tampilan situs web kamu sesuka keinginan.

Namun karena gratis, tentu saja fitur yang ditawarkan cukup terbatas. Batasan – batasan itu ada di sub-domain yang harus ada “wordpress.com” dibelakangnya, dan tentu saja tidak dapat di edit atau kustomisasi, tampilan tema terbatas (walaupun ada ratusan tema, namun tetap saja terbatas dibanding hosting yang berbayar karena menyediakan jutaan tema yang berbeda).


Keterbatasan lainnya ada pada disk space atau ruang penyimpanan yang hanya sebesar 3GB, adanya iklan dari wordpress.com dalam situs web kamu, terbatasnya dukungan teknisi atau operator dari wordpress ketika ada masalah di situs web, nggak bisa di monetisasi, nggak memiliki alat SEO, dan nggak ada layanan Google Analytics.

Bandwidth dan jumlah pengunjung website kamu juga akan dibatasi. Karenanya pengunjung situs web kamu nggak akan sebanyak situs web dari hosting yang berbayar. Dan jika bandwidth situs kamu udah melebihi kuota yang telah ditentukan maka situs kamu akan down alias tidak bisa diakses sampai bulan berikutnya.

Selain terbatasnya layanan pada masalah teknis, masalah sosial juga akan kamu dihadapi. Jika kamu berniat untuk memiliki usaha dan ingin melakukan pemasaran melalui situs web gratis, akan lebih sulit membangun kepercayaan publik atau self-branding sehingga usaha kamu nggak akan berkembang secara signifikan dan pesat. 

2. WordPress Hosting yang Berbayar
WordPress menyediakan 3 paket awal bagi kamu yang ingin memiliki situs web berbayar, dan memiliki berbagai kelebihan dibandingkan situs web yang menggunakan hosting gratis.

Dikutip dari dari laman resmi WordPress tentang biaya web hosting mulai dari Rp.40.000,00 perbulan dengan berbagai macam fasilitas. Mulai dari nama domain kustom, fitur penting Jetpack, dukungan langsung melalui email dan chat, ratusan tema gratis, disk space serta ruang penyimpanan 6GB, dan ketiadaan iklan dari wordpress.

Paket termahal yang disediakan dan ditawarkan oleh wordpress berada di nominal Rp.330.000,00 perbulan dengan bermacam fasilitas premium. Mulai dari domain kustom, fitur penting Jetpack, dukungan langsung melalui email dan chat, tema tak terbatas, hingga kustomisasi desain.

Lalu fitur premium lainnya adalah wordpress hosting menyediakan disk space atau ruang peyimpanan yang nggak terbatas alias unlimited, nggak adanya iklan dari wordpress, dukungan VideoPress, monetisasi situs, alat SEO, integrasi dengan Google Analytics, sampai ke kursus gratis tentang wordpress.

Berbagai macam fitur unggulan diatas lebih dari cukup untuk memulai bisnis dari situs website untuk membangun bisnis online kamu jadi lebih sukses dan stabil. 

3. Hosting lain atau biasa yang berbayar 
Di masa ini ada cukup banyak perusahaan hosting yang menyediakan beragam paket pilihan hosting. Sehingga sangat memanjakan konsumen yang ingin membuat situs web sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang kamu miliki.

Sesuai dengan subjudul diatas dengan tulisan “berbayar”, untuk membuat situs web dengan jasa dari web hosting ada harga sewa yang harus dibayar ke perusahaan hosting. Tapi, nggak perlu gelisah dan risau karena harga yang ditawarkan terbilang cukup murah dan terjangkau. Mulai dari Rp.19.000,00 perbulan untuk paket pribadi dengan layanan yang terbilang cukup memuaskan kebutuhan yang minimalis.

Bagi kamu kalangan pebisnis juga nggak perlu risau dan pusing jika ingin membuat situs web yang bersifat profesional. Karena kamu nggak perlu merogoh kantong dalam dalam. Harga yang ditawarkan pun sepadan dengan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan web hosting.


Beragam variasi pilihan yang didapat berupa besar kecilnya disk space atau ruang simpan data, bandwidth, perangkat keras komputer server, jumlah domain yang ingin dibuat, jumlah email domain, sampau jumlah pengiriman email perhari semuanya akan tercukupi bagi kamu.

Kualitas hosting dari perusahaan hosting dalam negeri ini pun tak kalah hebat dan canggih dari perusahaan luar negeri seperti WordPress hosting, Joomla, ataupun Drupal. Dengan customer service yang siap siaga atau stand-by selama 24 jam seminggu, nggak akan ada lagi masalah jika kamu sewaktu – waktu memiliki masalah terkait situs web yang sedang dikelola.

Teknologi perangkat lunak dan keras pun juga nggak kalah dengan perusahaan hosting luar negeri. Dengan perangkat keras komputer yang sesuai standar seperti penggunaan SSD sebagai pusat penyimpanan data dan perangkat lunak semacam cPanel, dan masa hidup atau up-time selama 99,9% maka memiliki situs web semudah membalik telapak tangan.

Nah itu tadi merupakan penjelasan tentang Perbedaan wordpress hosting dan hosting biasa yang mungkin bermanfaat untuk kamu. Dan jangan lupa kamu bisa mendapatkan hosting murah terbaik di Idwebhost.

10 comments:

  1. Untuk bisnis/usaha memang rekomended pakai WP ya. Beberapa minggu lalu aku ikut kelas online membuat website dengan wp. Keterangan dari narasumbernya kalau membuatnya sih kisaran 450an ya,bisa lebih pastinya. Kalau untuk usaha insya Allah cucuk ya kalau orang Jawa bilang.

    ReplyDelete
  2. make wordpress.org untuk hosting di luar wp. alasannya krn sudah familiar dgn wp. dan knp blogger indonesia banyakan make blogger ya ..*nyari temen*

    ReplyDelete
  3. Punyaku malah pindah dari WP ke blogspot hehehe

    ReplyDelete
  4. yang penting disesuaikan dengan budget untuk pemilihan hosting nya... salam kenal

    ReplyDelete
  5. Dulu waktu kuliah aku belajar keduanya, WP & Blogspot, dulu aku pakai keduanya, karna memang harus bisa keduanya, setelah serius ngeblog aku prefer pake blogspot sih hihihi

    ReplyDelete
  6. Desember kemarin saya sempet mau migrasi ke blogspot tapi nggak jadi. Kayaknya sudah nyaman pake wordpress, fiturnya bejibun.

    ReplyDelete
  7. Katanya kalau punya hosting sendiri bisa ngaruh naekin DA lebih cepet yaa.. Hehe. Menarik sih tapi aku pake blogspot, trus suka gaptek juga takut malah ga keurus kalo pake hosting sendiri mending yang gratis masih nempel sama blogspot kalo aku meski udah TLD ehehe

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi yah.

COPYRIGHT © 2019 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES