idol

Idol Korea dan Body Goals

August 28, 2017,11 Comments

http://k-pics.com
Jadi gengs akhir-akhir ini saya cari hiburan dengan nonton Produce 101 season 2. Baru dapet 2 episode aja sih. Saya nonton ini tergolong telat, banget. Lha wong hasilnya aja udah diumumkan dan grupnya debut dimana-mana. Anti-mainstream emang, nontonnya setelah selesai.

Ketertarikan saya tentang Korea banyak banget, kecuali tentang idol ini. Alasannya simpel aja: tiap tahun banyak grup yang debut. Capek ngafalin dan ngikutin satu-satu. Hahaha.

Saya suka nonton drama Korea-nya, belajar bahasanya, mengamati kebiasaan orangnya di drama tersebut, sampai subscribe youtuber yang suka ngomongin tentang Korea juga. Nah untuk idol alias K-Pop ini baru kali ini aja sampe merhatiin. Yang saya perhatiin apa? Badannya. Iya, badannya.

(Baca deh review drakor yang pernah saya tulis)

Udah bukan rahasia lagi untuk menjadi seorang idol nggak cukup dengan bisa nyanyi, bisa ngedance, dan menghibur. Visual yang enak dan sedap dipandang juga menjadi nilai wajib yang seakan harus dipenuhi. Wajar karena mereka kan bakal sering wira-wiri di TV yang notabene orang banyak lihat. Masa sih ditunjukin wajah kucel? Bisa-bisa kabur penontonnya di rumah.

Selain Produce 101 ini, Mnet ternyata juga punya program survival sejenis namanya Idol School. Intinya kurang lebih samalah, dalam waktu beberapa minggu diberikan training dan evaluasi hingga akhirnya diorbitkan menjadi idol group. Sistemnya dengan voting pemirsa kirim sms ke trainee yang dia dukung untuk menjadi anggota grup tersebut. Yang membuat saya kaget adalah...di episode pertama ini ditayangkan ada percakapan tentang berat badan dan tinggi badan.

"Berapa tinggi dan berat badanmu?"
"Tinggiku 163 cm dan berat badan 37 kg"

Bengong. Jaw drops. Nggak habis pikir. Itu secungkring apa ya? Saya aja yang tinggi nggak nyampe 160 cm, berat badannya lebih dari 40 kg aja tergolong kurus di lingkungan pertemanan. Trus nggak bisa bayangin ada orang sekurus itu :( makannya apa aja :( belom lagi idol perempuan khususnya, persaingan buat dapeti badan skinny ini udah kayak fierce competition.

Pernah juga saya ngomentarin si Lee Jun Ki di drama terbarunya, Criminal Minds. Dia ceritanya dari akademi tentara gitu. Eh pas saya tonton kok kakinya kurus kering kayak nggak ada powernya. Nggak relate sama sekali dengan perannya. Zzz....

Cukup sampai situ aja? Enggak. Yang lagi tren sekarang pamer lingkar pinggang, gengs. Semakin kecil lingkar pinggangnya, semakin dianggap cantik lah mereka. Lingkar pinggang yang dianggap cantik itu sekitar 40-an. Itu lingkar pinggang apa ukuran sepatu, ya. Lagi-lagi saya cuma bisa menghela napas...prihatin.

***
Sebagai orang yang belajar di kesehatan, saya concern banget sama hal ini. Saya nulis ini bukan buat ngomentarin "Ih kurus banget, nggak cantik!". Bukan. Kurang kerjaan banget saya ngomentarin cantik enggaknya orang lain. Cantik itu relatif. Setiap orang punya standarnya sendiri.

I just want to talk about healthy life. Ada yang namanya Body Mass Index atau dialihbahasakan menjadi Indeks Massa Tubuh. Cara perhitungannya cukup mudah. Berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan (dalam meter) yang telah dikuadratkan.

Apabila hasilnya dibawah 23 maka tergolong kurus. Paling bagus ya di hasil 18,5-23,9 karena termasuk normal ukuran tubuh Asia. Dibawah range itu termasuk kurus. Dan diatasnya udah overweight yang berisiko obesitas.

"Lho ya terserah mereka kan itu resiko. Badan juga badan mereka."

Ya, emang. Masalahnya mereka ini public figure. Yang nonton banyak. Bisa jadi juga idola remaja masa kini. Coba dipikirin kalo remajanya itu ngikutin gaya hidupnya mereka dan menjadikan badan kerempeng (bukan kurus lagi!) untuk jadi body goals. Ini udah nggak sehat.

Pertama, jelas aja karena melakukan diet ketat, kemungkinan untuk makan bergizi kecil. Paling-paling makan sayuran dalam jumlah sedikit, dan air. Padahal tubuh ini butuh nutrisi yang seimbang. Asalnya darimana? Ya dari hewani dan nabati. Perpaduan antara keduanya. Coba bayangin orang Indonesia terutama remajanya meniru hal kayak gitu. Belajar nggak bisa konsentrasi, ikut olahraga biar jadi atlet nggak cocok. Mau jadi apa nanti kedepannya? 

"Toh udah ada suplemen kan buat memenuhi zat gizi itu?"
It's artificial, man. Buatan. Kita pasti paham bahwa sesuatu yang original itu lebih baik daripada yang dibuat-buat. Ye, kan?

Kedua, ini khusus perempuan sih. Dengan lingkar pinggang yang sedemikian kecil, bisa juga terganggu siklus menstruasinya. Pernah kok ada orang yang beneran ngalamin ini. Bukan idol sih. Dia orang Jepang yang ngejar banget body goals. Akhirnya nggak menstruasi selama beberapa tahun. Padahal menstruasi itu siklus alaminya seorang wanita. Ngeri nggak, tuh? :(

***

Untuk kalian yang masih dalam masa remaja, plis jangan jadikan idol idol ini sebagai contoh body goals kalian ya! Yang terpenting itu sehat. Badan yang sehat bisa menjadi modal yang penting untuk menjalani hidup ini. Apa artinya punya badan yang bisa dibanggakan tapi justru sakit-sakitan? Nggak bisa berkarya sama sekali?  

Nggak mau gendut? Ya gampang aja. Atur pola makan sebaik mungkin. Bila perlu konsultasi ke ahli gizi yang berkompeten. Atau dengan memegang teguh dan menerapkan hadist dari Rasulullah SAW,
"Makanlah setelah lapar dan berhenti sebelum kenyang"

Apa yang udah diberikan Allah buat kita, sepatutnya kita jaga. Bukan justru merusaknya, betul?

You Might Also Like

11 comments:

  1. idol yang aku suka cuma 2ne1 - ceweknya sih
    lebih karena mereka nggak gt doyan pamer body dan geal geol sensual
    tapi dah bubar hmmm -___- I miss them.
    tinggiku segitu lu 163, dan beratku pas SMA 52 pas awal kerja 58
    itu kurus banget loh menurutku waktu itu, secara looks
    hmmm gimana yang 30 an ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah makanya aku juga heran mbaa ckck

      Delete
  2. "Makanlah setelah lapar dan berhenti sebelum kenyang" memang sangat bener yang berlebihan kan kadang nggak baik. makasih sharingny dan salam kenal ya mbak



    anggiputri.com

    ReplyDelete
  3. Kalau kata ummi, 'kamu itu suka Korea-Koreaan, itu dicontoh yang cewe-cewe, badannya seimbang'. Mwehehehe. Belum obesitas sih akunya, tapi emang berisi aja [?] mwehehehe.

    Ya pingin gitu keliatan bagus badannya kaya mereka. Udah niat diet kan ya. Tapi abis itu cuma niat doang, bawaannya mah 'yang penting sehat yang penting sehat, apa kata orang wkwkw'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba itung dulu aja BMI-nya. Kalo masuk kategori normal ya tinggal pertahanin aja heuu

      Delete
  4. Aku sendiri kurang suka sama drama korea, apalagi sampe ngikutin.. :D
    Sampe detail sekali nih, Teh Lulu. Mulai dari suka, belajar bahasanya sampe-sampe subcribe youtubenya biar gak ketinggalan..hehe

    Itu ko sampe segitu lingkar pinggangnya ya, Teh. Kalau dipikir bener juga, no 40 udah kayak ukuran sepatu..haha

    Setuju dengan "Makanlah setelah lapar dan berhenti sebelum kenyang"..
    Berlebihan gak baik, lebih baik cukup. Kemudian ditambah olahraga rutin. Makan sehat, badan juga sehat :)

    ReplyDelete
  5. Ponakanku banget nih Mbak, mereka suka korea2 gitu hehehe

    ReplyDelete
  6. Sering banget kayak gitu. Kadang sudah ngobrol panjang lebar, banyak nggak nyambungnya. Tapi tetep aja asik kok kalo aku mbak hehehe

    ReplyDelete
  7. ngeri yaaa standarnya. Gimana nggak banyak yang sakit atau depresi :(

    ReplyDelete
  8. Apa nggak tersiksa dengan diet ketatnya ya? *ups

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)