Al-Qur'an

Tips Mudah Mengkhatamkan Al-Qur'an

June 03, 2017,2 Comments


Alhamdulillah bulan Ramadhan udah jalan seminggu dan masih diberi kesempatan buat menikmatinya dalam kondisi sehat wal afiat. Udah ngapain aja selama seminggu ini? Masak buat buka puasa tiap hari? Atau kelewatan sahur karena telat bangun? 😁


Di bulan yang suci ini kita umat Muslim berlomba-lomba dalam mengerjakan amalan ibadah. Ya gimana enggak, pahalanya berlipat ganda. Ditambah lagi ada satu malam yang namanya Lailatul Qadr. Malam seribu bulan. Siapa saja yang beribadah di malam itu, akan diganjar pahala ibadah seribu bulan. Berapa tahun yah itu? Mungkin umur dari hidup sampai dipanggil nanti nggak sampe seribu bulan 😢

Amalan ibadah yang paling mudah untuk dilakukan secara rutin apa hayo? Yup, membaca Al-Qur'an. Jika satu huruf aja dapat 10 kebaikan. Satu halaman berapa? Satu surat? Satu juz? Wah banyak banget nggak kuat ngitunginnya 😅

Pun para ustadz ketika kultum setelah tarawih juga nggak lelah-lelahnya mengingatkan hal ini. Malah beberapa hari yang lalu ada ustadz yang bilang,
"Anak SD khatam minimal 1 kali. Yang SMP minimal 2 kali. Nah yang SMA bisalah minimal 3 kali dalam sebulan Ramadhan ini. "
Pengen nanya kalo yang kuliah berapa kali etapi ga jadi hahaha.

Mungkin nggak sih bisa khatam dalam waktu sebulan? Jawabannya: mungkin banget! It's possible and do-able. Hehe. Caranya?

Niat
Jelas niat pasti di awal. Niatnya apa sih, khatam Al-Qur'an? Biar dapet THR? Lah kaya bocah aja yahh hahaha. Anak kecil sih gapapa memotivasi 💪 buat kita-kita niatnya tentu diluruskan dulu: mengharal Ridho Allah.

Punya Al-Qur'an pribadi
Wajib banget! Saya baru punya sekitar 2 tahun lalu. Minta dibeliin ummi hahaha thanks mom 😘 Al-Qur'an nya bisa disesuaikan dengan kesukaan. Misam warnanya suka biru ya pilih biru. Mau yang ukuran berapa? Ada terjemahannya apa enggak?

Sstt.. Saran nih, pilih yang ada terjemahnya biar bisa mentadabburi artinya. Kecuali kalo kamu udah master bahasa Arab mungkin ga perlu yaa hihi 😁

Selama ini pake Al-Qur'an sendiri rasanya lebih semangat buat ngaji. Enakeun aja. Lebih kerasa personalnya. Masa sih gadget aja punya pribadi, Al-Qur'an masih barengan? Ehehe.

Bikin target
Sebulan mau berapa kali? Khatam sekali? Oke. Tulis. Di jurnal, di notes henpon, di sticky note, mana aja dah yang bikin inget.

Breakdown target harian
Nah ini kuncinya. Saya dapet ilmu ini nggak sengaja. Hasil stalking twitter kakak pembimbing saya jaman maba. Sungguh stalking yang berfaedah.

Maksudnya gimana sih ini? Gini. Misal target sebulan khatam sekali. Terdiri dari 30 juz kan. Berarti sehari harus tamat 1 juz. Nah dalam 1 juz itu ada 10 lembar (yang bolak-balik). Kita sholat ada waktu 5x per hari. Bacalah setelah ataj sebelum sholat itu. Berarti 10 lembar dibagi 5 hasilnya 2. Artinya untuk dapat khatam kita cukup membaca 2 lembar Al-Qur'an setiao habis sholat.

Gampang kan? 2 lembar tuh sebentar loh paling nggak ada 10 menit. Masih suci pula kita habis sholat. Aurat pun tertutup sempurna kan mukenanya masih nempel. Dengan cara ini, baca Al-Qur'an nggak kerasa "berat".

Nah cara ini bisa disesuaikan dengan targetan atau waktu luang. Misal ternyata setelah dhuhur ada jadwal kuliah, berarti jatah dhuhur dipindah ke subuh atau waktu sholat lainnya. Fleksibel aja, sepintar pintar kita bagi waktu.

Disiplin
Udah dilakukan semua diatas? Saatnya berdisiplin 💪 jangan ada alasan buat ngelewatin jadwal yang udah ditentuin. Bila emang ada saat nggak sempet banget yah jangan diulangin lagi. Ingat, amalan yang disukai Allah itu amalan yang meskipun kecil tapi dilakukan secara konsisten. Konsisten adalah kuntji!

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” - HR. Muslim no. 783

Gampang kan? Semoga bisa membantu ya temen-temen menuntaskan targetannya. Akan lebih bagus lagi jika kebiasaan ini berlanjut walau Ramadhan telah selesai.

Temen-temen ada tips tambahan? Boleh banget share di kolom komentar. Well, happy fasting!

You Might Also Like

2 comments:

  1. sejak jd IRT entah kenapa makin susah nyelesein target baca quran krn banyak yg diurusin
    jadi mumpung masih bisa, take your time para gadis :D

    ReplyDelete
  2. bagus juga tipsnya.. namun yang utama adalah niat dan kesungguhannya...
    thanks sharingnya.. aku follow blognya, follow balik yaa.. :)

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)