review

Wattpad Review: Jejak (#3)

June 28, 2016,2 Comments


Deskripsi
Judul: Jejak (#3)
Bahasa: Bahasa Indonesia
Pengarang: Aqessa Aninda (@fairywoodpaperink)
Jumlah bab: 52 chapter

Prolog
Sebuah kisah klasik tentang:
4 manusia yang saling mencari
3 hati yang bertemu di satu muara
2 orang yang kehilangan dan terjebak di masa lalu
1 jawaban untuk menguraikan simpul benang yang kusut diantara mereka

Rate
4.8/5

Thought on
Liburan tuh emang waktu yang tepat banget buat baca wattpad. Bisa puas pilih-pilih cerita dan nggak ada "kerjaan" yang memburu. Nah, kali ini saya akan mereview satu novel berjudul Jejak (#3). Kenapa ada angka 3 nya? Karena novel ini memang novel ketiga. Ada novel pertama, sudah diterbitkan berjudul Secangkir Kopi dan Pencakar Langit, jadi di wattpad sudah nggak ada tuh versi onlinenya. Sedangkan novel kedua berjudul Past, Present, and Repeat sedang saya baca.

Buat nyari novel kayak gini nggak gampang lho di wattpad. Hahaha. Lumayan tricky. Soalnya di home wattpad sendiri isinya tuh kalo gak Teen Fiction yang sudah nggak terlalu interest lagi buat saya, ya tentang Marriage gitu yang udah bisa ketebak isinya. Tipsnya buat nyari yang bagus: follow penulis yang emang udah terbukti novelnya keren. Pilihan saya nih kayak kak Susan Arisanti ato Bellawrites nah terus lihat deh reading list nya mereka apa. Biasanya penulis kece bacaannya juga kece, gitu hehehe.

Let's get started.
Saya di awal nggak baca prolognya! Hahaha. Jadi di awal ini muncul tokoh Satrya lagi liburan di Hong Kong. Dia ketemu sama Kinan, ternyata orang Indonesia. Udah gitu doang kan di Hong Kong cuma kenalan. Eh di Jakarta ternyata ketemu, Satrya nggak mau kehilangan kesempatan ya akhirnya minta nomer hp nya si Kinan. Ya akhirnya mereka deket, but their love story isn't easy. Mereka ini, Satrya sama Kinan sama-sama broken. Yang Satrya karena terlambat mengungkapkan perasaan jadi ditinggal nikah, sedangkan Kinan ditinggal meninggal disaat dia belum menjawab pertanyaan "Will you marry me?" dari pacarnya. 

Kira-kira di setengah cerita dari 52 chapter, muncullah sosok Sabrina. Udah disebutin kan kalo ada 4 tokoh? Nah Sabrina ini tokoh ketiga yang muncul. Sabrina suka sama Abi. Ini dia tokoh keempatnya. Abi sebenernya juga suka sama Sabrina. Masalahnya mereka nggak tau kalo sama-sama menyukai. Sampai semesta menakdirkan mereka mengetahui perasaan satu sama lain. Lagi-lagi, jalan cinta mereka juga nggak gampang meskipun sudah sama-sama tahu suka,

Nantinya, keempat tokoh ini akan membentuk suatu cerita. Bukan cinta segitiga atau segiempat yang rebutan gitu, bukan. Satrya akan menjadi sedikit "goyah" akan hadirnya Sabrina. It's like Kinan sama Sabrina tuh sama-sama attractive in their own way. Kinan yang rapuh pelukable dan Sabrina yang easy going asik diajak bercanda dan nggak pernah habis bahasannya kalo udah ngobrol. Gimana kabar Abi? Abi susah payah nyari tahu apa hubungan Satrya sama Sabrina! Hahaha.

Overall, cerita ini bagus ngetz lah. Genrenya Romance. Sama Young Adult sih kalo menurut saya. Karena disini tuh ngajarin banget sebuah hubungan yang nggak cuma buat pacaran aja tapi udah menatap masa depan. Apalagi waktu ada narasi yang intinya seorang Ibu bakal lihat calon menantu perempuannya itu dari gimana dia "melayani" si laki-laki. Iyalah secara Ibu yang masakin, beresin kamar, dsb dsb tiba-tiba digantikan perannya oleh orang asing, anggep aja gitu. Jadi ya mau nggak mau harus kelihatan gimana si perempuan itu memperlakukan laki-laki. Nggak muluk-muluk banget ya, ternyata? Walaupun nggak gampang juga. Ehehe. Trusdari cerita ini saya tuh kayak belajar gitu gimana cara cowok menilai cewek WKWK ya kan bekal buat saya yang masih jomblo ini hahaha.

Ceritanya juga warna warni meskipun genrenya Romance. Ada jokes lucu apalagi ceritanya si Satrya ini di kantor ada geng yang gesrek otaknya. Ada temennya namanya Radhi yang suka banget godain satu cewek ini namanya Arinka. Lucu banget pokoknya waktu baca part conversationnya mereka jam 1 pagi (iya, jam 1 pagi cuma buat baca wattpad) ngakak-ngakak. Penulisnya juga enakeun ngasih penjelasannya misal nih kan ada angka biner gitu dia langsung nulis pake di dalam kurung keterangan angka biner itu apa. For me this is a small gesture but really helpful. Karena kalo ditulis di bagian akhir cerita suka lupa, itu di percakapan atau narasi tentang apa. Oiya walaupun ini buku ketiga, tapi kalo belum baca buku pertama sama kedua masih bisa tetep ngikutin kok! Soalnya emang ini buku bersangkutan cuma nggak berpengaruh satu sama lain. Jadi buku ini ceritanya tentang Satrya, Kinan, Sabrina sama Abi. Buku dua tentang Lasha, adiknya Abi yang juga sahabatnya Sabrina sekaligus teman kantornya Satrya. Gitu aja sih hubungannya gak terlalu terkait kalo soal jalan ceritanya.

Bonus quotes dari Kinan

Well, I recommend you this one for your holiday. Happy reading!

You Might Also Like

2 comments:

  1. Oh ini trilogi yak.. baca ini emang keliatan sih serunya.
    Ala ala cinta-cinta terpendam..
    Haduuuh.... itu quote-nya sedih banget :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget! Iya kinan kan rapuh gitu jd quotesnya sedih menye2:(

      Delete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)