2017 - A Lifelong Journey by Lulu Khodijah

Saturday, December 30, 2017

2017

Enaknya punya blog ber-niche lifestyle slash personal adalah saya bisa baca ulang apa aja yang udah dilalui selama setahun. Seneng loh rasanya mengingat kembali. Kayak ada perasaan, "Oh, aku ternyata bisa ngelakuin ini!" dan terkejut dengan hal-hal yang diluar rencana.


Walaupun sejujurnya saat baca postingan apa aja yang mau dicapai di 2017..idih malu sendiri. Mana pencapaiannya mana?!?! Dari apa yang tertulis disitu kayaknya nggak ada 70% tercapai. Sigh.

Let's see what have I done di tahun ini.

Pertama adalah YAYNESS di 2017 ini dikasih kesempatan melakukan pertama kali. Apa itu? Naik pesawat. Kedengarannya sepele banget ya lol but trust me ini beneran nggak terlupakan. Sepanjang naik pesawat itu saya nggak bisa tenang barang sedetik pun saking tegangnya. Eya. Bersyukur juga setelah tahu ada temen yang ternyata naik kereta pun belum pernah. Nikmat mana yang kamu dustakan, coba?

Pertanyaan "Ngapain sih magang jauh-jauh ke Kalimantan?" entah berapa kali terlempar dari mulut orang-orang sekitar. Ku hanya bisa menjawab seperlunya karena..they don't need to know the truth *halah*. Percaya deh 1,5 bulan di pulau seberang membawa banyak perubahan dalam diri saya. Terutama mindset. 


Selain Kalimantan dikasih juga kesempatan ke Solo buat study tour. Perjalanan-perjalanan kayak gini selalu saya syukuri. Sebagai anak rumahan yang susah banget buat ijin kemana-mana, saya bersyukur ngotot pengen ikut kesana-kemari. Nggak menyesal sama sekali. Saya tahu banget kesempatan nggak bakal dateng dua kali. 

Ditambah setelah namatin buku traveling-nya Trinity Traveler yang judulnya The Naked Traveler Series ituh, keinginan untuk traveling semakin menggebu-gebu. I have to travel a lot and learn a lot! Uang bisa dicari, tapi pengalaman nggak bisa diganti.

Selanjutnya bicara tentang organisasi yang saya ikuti sampai tahun ketiga. YaAllah Gusti rasanya emang campur aduk banget ya. Saat kamu berada di puncak dari pimpinan, sudut pandang kamu dalam melihat masalah sangat berbeda. Pertimbangannya udah nggak diri sendiri lagi, tapi gimana nanti buat organisasi? Mikirnya udah enggak capek ngerjain tugasnya. Lebih capeknya ke urusan dengan banyak orang. Again, saya belajar untuk menempatkan diri sebagai pimpinan itu seperti apa. Mengambil kebijakan yang nggak merugikan banyak orang. Terima kasih ya, buat para sesepuh khususnya Nisa sekred yang penyabar, Aam si PU, Raysha, Inggrid, Inten. Thanks for being there! *peluk satu-satu*

Ciwi-ciwi setrong

Sesepuh minus banyak


Also I get a chance to stand on stage. Nggak sebagai pembicara sih, baru jadi moderator aja. Tapi ya itu tadi saya bersyukur banget. Melihat kondisi saya yang cenderung nggak berani ngomong di depan hahaha. Drama banget lagi sehari sebelumnya pake sakit. Sampe ditanyain mau diganti apa enggak and I said NOOO! Kapan lagi kesempatan ini datang. Hehe.

Jadi moderator euyy
Alhamdulillah, semoga ada pengabdian selama 3 tahun di organisasi ini ada manfaatnya. I love you keluarga biru.

Akademik gimana? Alhamdulillah IP dan IPK lancar jaya dalam artian masih bisa terkontrol. Plus tahun ini memberanikan diri jadi asisten praktikum. Yeyy! Kuliah pun tinggal 3 mata kuliah aja nih. Pengalaman Belajar Lapangan, Kuliah Kerja Nyata, dan Skripsi yang masing-masing punya 3 SKS. Soon KKN di bulan Januari, setelah itu skripsi! Doakan saya bisa lulus di pertengahan 2018 ya. Amin!


Soal blog, nah ini nih. Masing angot-angotan banget. Apa ya bahasa kerennya? Moody? Belum merasa profesional sebagai blogger. Sejak gabung komunitas blogger ngerasa bagai butiran jasjus di pinggir gelas. Belum ada apa-apanya cuy saya inih :')

Yang menyenangkan sih masih banyak dedek-dedek emez nge-DM di instagram maupun kirim e-mail buat nanya-nanya tentang FKM. Berhubung saya baik hati tentu saya jawab HAHAHA. Kadang ngerasa kasihan juga sih gimana ya kan saya masuk tahun 2014 which is 3 tahun lalu. Pastinya udah banyak yang berubah apalagi soal SNMPTN/SBMPTN. Sampe-sampe ada bapak yang nge-email buat anaknya nanti. Duh kasih sayang seorang bapak yang besar banget, ku sungguh iri... *elap air mata*

Hal buruknya adalah...saya menyadari bahwa pengaturan keuangan, waktu, dan kesehatan masih nol besar. Huhu. Lagi-lagi soal self-management. Banyak kebiasaan nggak sehat yang saya lakukan di tahun ini. Makan sembarangan literally apa aja dimakan. Terutama waktu PBL udah isinya micin-micin aja itu. Melewatkan sarapan. Haduuh mana nih yang menunjukkan anak kesehatannya? Malu euy sama diri sendiri.

Geng PBL + Lurah Kedungmundu + Camat Tembalang
Yang saya sadari ternyata saya nggak suka makan sendirian *penting*. Jadi di keluarga saya nggak pernah makan yang duduk bareng di meja makan. Makannya sendiri-sendiri. Nah gara-gara PBL ini saya tertohok dengan perasaan, "Ternyata enak ya makan bareng..". Nggak heran saya jor-joran banget buat makan selama PBL. Karena ada yang nemenin. Makannya jadi lebih banyak nggak kayak dirumah. Ironi ya padahal di rumah makan gratis malah nggak ada mood. Zzzz...

Intinya di tahun 2017 ini banyak banget nget hal baru yang didapetin. Terutama yang berkaitan dengan terjun langsung di masyarakat dan orang banyak. Dan evaluasinya saya harus bisa menjaga semangat biar nggak kenceng di awal kendor di akhir. Prinsipnya hidup itu jangan lari sprint yah, marathon aja biar energinya bisa tetep stabil di akhir.

Semoga masih diberi kesempatan untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi di 2018! Gimana dengan 2017 kalian?

(PS: TERIMA KASIH JUGA UNTUK WANNA ONE YANG TELAH MEWARNAI HARI-HARI SAYA *FANGIRL MODE*)

5 comments:

  1. Toss dulu. Alhamdullilah ada blog yg merangkap diari online slash arsip digital ya Lu.

    Semangat menjalani KKN ya.. biasnya nyenengin dan makin tertempa semangat kemandirian. Terus semoga skripsinya jg lancar jaya.. dan impian2 yg lain terlampaui. Aamin YRA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss!
      Iya mba ini baru persiapannya aja udah bikin mikir banget ternyata misah dari orang tua nggak semudah itu.
      Amin ya Robbal Alamin..

      Delete
  2. Daniel apa gakmau di kawatin ya giginya, agak maju menurutku. But cute :3 huahahaha.

    Apalah apalah.

    Semoga yang di 2017 dihitung pahala, diterima.
    Yang 2018 dikabulkan sesuai kebutuhan dan keinginan, amin! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin.
      Nggak perlu lah cukup apa adanya aja dia *ea*

      Delete
  3. foto di heartshapenya itu cakep banget
    iya aku sering juga flashback garagara baca postingan lama :(

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)