Online Shopping

Pengalaman Membeli Buku di Tukugan.com

September 28, 2017,4 Comments

Tahun ini udah beli buku berapa, kawan-kawan? Saya ngerasa udah banyak beli buku tahun ini. Atau emang jarang beli buku (seringnya minjem) akhirnya tiap beli buku nggak pernah lupa.


Kali ini saya mau menceritakan pengalaman beli buku lewat online shop. Kemaren-kemaren kan beli buku di Grobmart.com udah pernah. Sekarang di Tukugan.com. Dari namanya aja udah unik ya? Ear-catchy(?). Tuku artinya "beli" diambil dari bahasa Jawa. Gan = agan? Juragan? Panggilan ala anak kaskus. Masih eksis nggak sih kaskus? 

Pertemuan saya dengan toko ini nggak disengaja. Bulan ini setelah Gita Savitri alias Gitasav mengabarkan akan meluncurkan buku saya udah wanti-wanti HARUS BELI. I'm in love with her thought. Her writing. Her mindset. Pokoknya bukan karena dia mirip Kim Ji Won ya. Saya selalu suka sama orang yang pemikirannya positif dan bikin terpacu juga.


Pre-order bukunya Gita ini kerjasama dengan beberapa toko buku online. Saya santai-santai aja awalnya, melihat ada lebih dari 5 toko buku yang menyediakan. But..wait, what?!?!? Hanya dalam hitungan jam aja udah habis zzZzzz the power of being popular ya. Followers instagram aja hampir 500K. Cetak buku pertama katanya 3000 doang. Huft. Saya ketar-ketir ini kalo nggak dapet gimana?

Pertama, males ke toko buku. Jarak antara rumah dan toko buku itu jauh. Belum panasnya, ongkosnya kesana. Paling kerasa sih waktunya. Ah elah sok sibuk. Kedua, nggak spesial. HAHA. Dengan beli lewat pre-order ada tanda tangannya. Kan ngerasa lebih ada ikatan batin dengan penulisnya gitu ya.

So here's my experience.

Masuk ke websitenya dulu www.tukugan.com. Pilih buku dan jumlah yang diinginkan berapa. Klik gambar cart dan pilih konfirmasi jika sudah menentukan pilihan hidup. Nanti akan diminta memasukkan detail seperti nama dan alamat pengiriman. Standar online shop lah. Saat masukin alamat ini harus ngulang beberapa kali karena sistemnya nggak otomatis provinsi Jawa Tengah, masuk Kota, Kecamatan. Selalu berhenti di kecamatan nggak terdeteksi. Pft.

Setelah konfirmasi langsung dapet invoice masuk ke email. Berapa yang harus dibayar. Kekurangannya ini sih cuma satu bank aja menerimanya dan itu BCA. Bukan bank BRI atau BNI yang sejuta umat.


Ternyata email konfirmasinya ini macam email pribadi (cs.tukugan@gmail.com). Ada email konfirmasi lagi jumlah pemesanan setelah invoice datang. Ya saya balas. Langkah selanjutnya konfirmasi pembayaran juga manual dengan cara membalas pesan lewat email yang sama. Berasa chat gitu ya~

Pengirimannya pake JNE. Bisa milih kayaknya lupa-lupa inget. Milih antara JNE OKE dan Reguler. Untuk pesanan saya pre-order dijanjikan dikirim mulai tanggal 22 September hari Jum'at. Hari Sabtu 23 September saya udah dapet notifikasi dari JNE. Ini lucu notifikasinya tuh kayak ngecek pulsa gitu nggak lewat sms. Tiba-tiba buka hape ada aja itu notifikasi. Begitu ditutup langsung hilang.

Sore-sore sampe rumah udah mendarat aja dengan mulus. Begini penampakannya.


Pembungkusnya standar kertas coklat tebal (kayak amplop bertali itu) dua lapis. Trus merekatkannya pake solasi yang lebarnya gede itu. Cukup aman sih ya menurut saya. Tapiiii....ini dijanjikan buat dapet tanda tangan dan post card. Yang dateng nggak ada post card-nya. Sedih :( saya konfirmasi deh lewat email.

Eh direspon dong lewat Whatsapp. Stafnya minta maaf dan menjanjikan bakal kirim post card-nya. Sampe detik ini nggak ada konfirmasi udah dikirim apa belum. Mau dikirim gak nih, Tukugan? Jangan PHP-in aku lah~

***

So-so lah ya pelayanannya disini. Bakal order lagi nggak disini? Tergantung. Kalo ada temen barengan ongkir ya beli. Kalo enggak ya mending ke Grobmart.com cuma kena charge ongkir Rp 3000 aja per buku. Bisa COD pun. 

Nah kalo kamu dari kawasan Jabodetabek? Bebas siih paling kena ongkirnya nggak banyak-banyak amat. Yang pasti beli buku di Tukugan.com aman dan nggak abal-abal.

(Update 16/10: Post card nya udah dateng! Yeay. Udah gitu aja, lol).

You Might Also Like

4 comments:

  1. Waaa aku juga follow gitasav :D
    Bagus gak bukunya? Jadi pengen beli juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sih baguus, review nya coming soon yaa

      Delete
  2. Grobmartdotcom baru dengar..
    Mau coba beli buku di sana juga ah..bisa sistem Cod lagi...

    ReplyDelete
  3. baru tau ada marketplace buku kayak gini. sebenernya sering pengen beli buku fisik tapi bingung mau taruh dimana, cuma kalo pake ebook juga feelnya ga dapet. walhasil batal beli buku. kalo online bisa kekontrol gak ya budgetku.... (kemudian galau sendiri)

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)