Blog Competition

Tips Mudah Mengecat Ruangan

May 27, 2017,10 Comments


"Abi, aku ganti cat kamar ya."
"Iya. Nanti kalau sempat ya."

Percakapan ini terjadi kurang lebih satu tahun yang lalu. Beberapa bulan lamanya saya menunggu, tidak ada tanda-tanda ayah saya akan membeli cat baru untuk kamar saya. Saya yang tidak sabaran mulai gerah. Daripada menunggu lebih lama, lebih baik saya mengambil tindakan. Mengecat kamar sendiri! Hah, serius? Iya serius. 


Saya memutuskan untuk meminta uang membeli cat. Pilih warna sendiri, angkat kaleng cat-nya sendiri. Buka kaleng cat-nya...dibukain. Sebelumnya kamar saya berdinding putih layaknya rumah lainnya. Bagi saya warna ini "bukan saya banget". Lebih-lebih cat ini tidak pernah diganti sejak saya menempati rumah ini. Kira-kira 10 tahunan lamanya. 

Hanya dalam waktu satu hari saya berhasil mengecat kamar saya, minus bagian atap dan sudut-sudut yang tinggi. Setelah dilihat-lihat, ternyata banyak kesalahannya dalam mengecat. Salah satunya nih, barang yang ada di kamar saya terkena percikan dari cat-nya. Huhuhu. Jadi ada bekas biru-biru gitu, deh!


Mana saya sampai sekarang belum tahu cara menghilangkannya. Teman-teman yang tahu bisa komen dibawah ya!

Kembali ke soal cat-mengecat. Untuk teman-teman yang ingin mengecat dinding sendiri juga bisa kok. Masih amatiran? Tenang, saya berikan tips-nya yah agar tidak mengalami hal yang sama dengan saya.

1| Pilih warna sesuai fungsi ruangan

Ternyata setiap ruang punya warnanya sendiri loh. Kamu ingin mengecat ruang tidur? Pilihan warna kalem dan lembut seperti biru atau hijau bisa digunakan. Fungsi warna ini juga bisa memberikan efek menenangkan dan membuat ruang terlihat lwbih luas. Lain halnya bila ingin mwngecat ruang makan, warna kuning atau merah bisa dipilih. Konon warna ini bisa membantu menambah nafsu makan orang didalamnya.

2| Singkirkan barang sebelum mengecat

Penting banget ini! Saya mengecat kemarin hanya menutupinya dengan koran. Hasilnya? Beberapa barang terkena cipratan cat nya. Huhu. Bila memang ada tenaga lebih, baiknya pindahkan dulu barang yang ada ke ruangan lain. Karena hanya menutupinya saja tidak menjamin bebas dari cipratan cat.

3| Bersihkan warna cat sebelumnya

Dengan cara dikerik menggunakan alat khusus. Hal ini dolakukan agar warna cat yang baru bisa menempel maksimal dan warna yang dimunculkan semakin nyata. Pasti tidak mau, kan mengecat warna biri eh ada semburat pink gara gara cat sebelumnya belum dibersihkan?

4| Konsisten dalam rasio pencampuran

Cat tembok perlu dicampur dengan air. Agar warna yang dihasilkan di tiap sudut senada, campurannya harus konsisten ya! Contohnya bila sisi depan rasionya 1:2 maka lakukan hal yang sama dengan sisi lainnya. Dengan begitu hasilnya pun merata. Nyaman untuk dilihat. Bingung butuh berapa banyak kaleng cat untuk ruangan yang mau dicat? Cek aja di kalkulator perhitungan dari Toko Cat Lancar untuk cari tahu.

***

Agar teman-teman tidak mengalami kesulitan seperti saya, ada kabar gembira nih. Mau beli cat tanpa harus capek-capek keluar rumah? Bisa! Sekarang sudah ada toko cat online yang menyediakan berbagai kebutuhan dalam mengecat. Nih saya kasih bocoran nama tokonya: Toko Cat Lancar

http://www.tokocatlancar.com
Toko yang berpusat di Yogyakarta ini merupakan toko cat terlengkap loh. Produk cat yang dijual tersedia dari berbagai merk. Itu aja? NO! Perlengkapan mengecat seperti amplas, bak, cat, sampai kuas dan tongkat roll-nya pun ada!

Merk yang ada di Toko Cat Lancar (sumber: http://www.tokocatlancar.com)
Meskipun pusatnya ada di Yogyakarta, Toko Cat Lancar juga sudah berdiri di beberapa kota lain. Sebut saja Magelang, Klaten, dan Solo. Wahhh banyak juga ya. Tinggal di Semarang aja yang belum. Hihihi.

Biasanya menjelang Ramadhan dan Idul Fitri rumah rumah dicat ulang untuk mempercantik. Siapa tau tips di atas bermanfaat ya buat kamu yang ingin mengecat tanpa harus mengeluarkan biaya lebih untuk membayar tenaganya. Eh, bisa jadi ngabuburit juga loh. Lumayan berfaedah kan? Hehe.

You Might Also Like

10 comments:

  1. sha belom pernah nyoba ngecat sendiri, boleh jadi nih wishlist :)

    ReplyDelete
  2. Biasanya untuk mengecat kamar, aku tutupi barang2nya pake koran atau kain nggk kepake bekas banner Mbak, hehe, jadi nggak perlu dipindahin semua.

    ReplyDelete
  3. Nah iya betul banget. Kalo aku biasanya kalo udah nggak bisa dipindahin, korannya diselotip ke barang-barang. Jadi nggak mungkin kena kecuali korannya sobek. Hehehe. \:p/

    ReplyDelete
  4. good job ... ! mba Lulu
    kreatif ... wisata at home yaa ngecat enjoy gitu.

    saya paling seneng ngoprek ruangan.
    pernah kaca lemari saya "corat-coret" dengan cat kaca ..hihihi hasilnya abstrak !
    tapi bikin bangga hati.

    ngecat ruangan sendiri bisa menambah suasana hangat akrab anggota keluarga.
    si kecil pasti tertarik banget yah mbak ... ikutan ngerusuhi ? asyeeeknya !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kebahagiaan tersendiri yah ketika ruangan itu ada sentuhan personal kita :D

      Delete
  5. aduh jadi keinget nih mbak kamar anakku penuh coretan...kyke waktunya untuk dicet nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaa tuh diajakin ngecat bareng sekalian anaknya..

      Delete
  6. Setuju, waktu cat kamar kost juga tak jauh seperti ini tipsnya :)
    Dalam ngecet ruangan gini, korang sangat dibutuhkan..hehe
    Tapi lebih baik memang kosongkan ruangan yang hendak dicat ya, Teh.

    Ruangan yang habis di cat serasa baru dan bikin betah..he

    ReplyDelete
  7. aku pernah sih ngecat rumah sendiri bareng suami. capek tapi kyknya bahagia heheheh jangan lupa pakai baju yg paling lusuh jd kalu kena banyak cat bisa digunakana buat jd kain lain aja

    ReplyDelete
  8. hal tersulit kalau harus nyampur warna ... biar antara hasil campuran pertama dan kedua sama, heee

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)