Blog Competition

Ladies, Ini Hal-hal Yang Harus Kamu Pahami Seputar Kehamilan

March 14, 2017,12 Comments

Hal-hal Yang Harus Kamu Pahami Seputar Kehamilan


Bagi setiap pasangan yang telah menikah tentu kehadiran buah hati menjadi hal yang dinanti-nanti. Tidak hanya bagi pasangan tersebut, terkadang pertanyaan "Kapan punya anak?" pun acap kali dilontarkan orang di sekitar. Begitu yang selama ini terjadi di masyarakat kita. Meskipun sebenarnya pertanyaan ini tidak etis untuk diajukan.

Mengapa? Karena untuk bisa hamil dan mempunyai anak, ada proses yang harus dijalani. Waktunya pun terhitung lama. Untuk masa kehamilan saja idealnya diperlukan waktu selama 9 bulan 10 hari.

Masa kehamilan ini adalah masa krusial bagi anak yang nantinya dilahirkan. 9 bulan 10 hari di dalam perut ibu, janin mulai terbentuk baik dari segi fisik maupun mental. Saking krusialnya masa ini, Kemenkes pun memasukkannya dalam program 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

http://www.sarihusada.co.id/Tentang-Kami/1000-Hari-Pertama-Kehidupan/Detail-mengenal-1000-hari-pertama-kehidupan

Dimana pada masa ini para ibu diminta untuk benar-benar memperhatikan kualitas kesehatan dari anaknya. Pada masa kehamilan, seorang ibu dapat "merencanakan" akan seperti apa anaknya nanti tumbuh dan berkembang. Ibaratnya, ibu memberikan bekal untuk anak survive nantinya.

Saya yang sekarang duduk di bangku mahasiswa jujur saja belum memiliki pengalaman kehamilan. Satu-satunya pengalaman seputar kehamilan yaitu mendampingi ibu hamil dari usia kehamilan 2 bulan hingga lahir. Kalau bukan karena tugas kuliah, bisa jadi pengalaman saya sampai saat ini nol.

Ibu yang saya dampingi ini sedang mengalami kehamilan anak kedua. Meskipun secara ekonomi bisa dibilang pas-pasan, beliau sangat menjaga kehamilannya. Pun dengan pengetahuan seputar kehamilan sudah cukup memadai.

Yang beliau lakukan diantaranya:
- Jarak kehamilan kedua dari anak pertama tidak terlalu dekat
- Rutin memeriksakan diri ke bidan
- Meminum susu khusus ibu hamil
- Memperhatikan penggunaan obat-obatan
Dan yang paling membuat saya salut, beliau mau untuk sementara melepaskan pekerjaannya. 

"Kalau rejeki bisa dicari mbak. Yang penting anaknya lahir sehat dulu."

Beliau juga menanyakan beberapa hal yang dianggap tabu dilakukan saat hamil. "Mbak, kalo orang hamil nggak boleh makan nanas ya?" 

Memang masyarakat Indonesia masih ada yang mempercayai mitos-mitos seputar kehamilan. Kok mitos-mitos? Iya jamak karena ternyata mitos yang berkembang di masyarakat cukup banyak. Ini baru dalam konteks masyarakat Jawa. Belum lagi di daerah timur Indonesia. Bisa jadi lebih banyak mitos yang dipercaya. 

Untuk menjawab pertanyaan diatas, sekalian saja saya tuliskan disini mitos dan fakta kehamilan. Coba yuk cek satu persatu.

1| Tidak boleh makan durian atau nanas karena menyebabkan kandungan lemah
MITOS
Faktanya belum ada penelitian yang membuktikan kalau makan durian atau nanas bisa menyebabkan kandungan lemah. Hanya saja, memang ibu hamil tidak disarankan makan jenis buah ini terlalu banyak. Rasa yang khas ditambah aroma yang kuat, perpaduan yang cukup untuk membuat ibu hamil mengurangi konsumsinya.

2| Tidak boleh berolahraga selama kehamilan
MITOS
Faktanya ibu hamil boleh kok berolahraga. Syaratnya, pilih olahraga yang memiliki resiko cedera rendah. Salah satu yang bisa dipilih yaitu senam hamil. Dengan senam hamil, otot perut, paha, dan tulang panggul semakin terlatih. Efeknya saat persalinan menjadi lebih mudah.

3| Dilarang mengonsumsi makanan mentah
FAKTA
Suka makan sushi? Sebaiknya stop dulu ya selama hamil. Kenapa? Di dalam bahan makanan yang tidak dimasak dengan matang masih ditemukan bakteri, mikroba, hingga virus. Duh, ngeri! Pernah denger toxoplasma? Parasit satu ini juga bisa ditemukan di makanan mentah. Susu yang tidak diolah lewat pasteurisasi juga tidak dibolehkan lho untuk ibu hamil.

Selain itu, stop juga makan sate. Warna kehitaman dari efek bakaran di daging sebenarnya banyak mengandung zat karsinogen - zat pemicu kanker.

4| Ibu hamil harus makan dengan porsi banyak (2 orang)
MITOS
Awas melar! Ups, memang tidak bisa dihindarkan bagi ibu hamil untuk naik berat badannya. Faktanya nih, ibu hamil memang disarankan menambah porsi makanan tapi tidak sampai 2 orang. Ada porsi tambahan sesuai dengan umur kehamilan dan usia ibu.

Menilik dari Peraturan Menteri Kesehatan, ibu hamil trimester 1 butuh tambahan energi 180 kkal dan protein sebanyak 20 gram. Untuk trimester 2 dan 3, kebutuhannya tentu lebih banyak. Agar pas dan tidak rancu, konsultasikan saja ke ahli gizi.

5| Ngidam yang nggak kesampaian bikin anak ileran
MITOS
Ini yang paling sering banget ya buat jadi "senjata" ibu hamil. Padahal faktanya tidak seperti itu kok. Yang benar, saat hamil kondisi emosional ibu memang lebih sensitif. Pernah lihat perempuan yang lagi PMS? Ya, kira-kira se-sensitif itulah. Daripada kena dampak peningkatan sensitif ini, cari amannya mending diturutin aja selama permintaannya tidak membahayakan kehamilan. Hitung-hitung menyenangkan istri juga ini..

Dari banyak mitos, saya memilih 5 mitos yang menurut saya paling banyak dipercaya. Sekarang terjawab sudah kan kegalauan membedakan mitos fakta ini?

***

"Trus, kalo lagi hamil apa aja yang harus dilakuin?"

Nah ada nih tips-tips yang bisa dilakukan oleh bumil untuk menjaga kehamilannya.

Pertama, tambah pengetahuan.
Membaca buku atau literatur bisa menjadi pilihan untuk menambah pengetahuan. Bila dirasa malas, jangan khawatir. Di Youtube sekarang banyak kok video seminar kehamilan gitu. Berdialog dengan orang tua pun juga boleh. Tapi harus diperhatikan, orang tua belum tentu benar. Karena mereka hidup di zaman yang sudah berbeda dibanding kita.

Kedua, perhatikan konsumsi makanan dan asupan gizi.
Selain karbohidrat sebagai sumber energi utama, penuhi pula asupan protein, vitamin, dan mineral.



Ketiga, kurangi aktivitas dengan hewan.
Punya kucing dirumah? Sebaiknya hindari dulu selama kehamilan. Pada hewan seperti kucing, ayam, dan burung dikhawatirkan membawa virus yang berbahaya. Sebut saja Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes Simplex Virus (HSV). Virus ini dapat mengakibatkan kelainan pada janin.

Keempat, hindari kontak dengan bahan kimia
Termasuk didalamnya kosmetik! Sudah cek belum ingredients apa saja yang tertulis di labelnya? Bahan kimia seperti accutane, tetracycline, dan asam salisilat dapat mengganggu kesehatan janin. Solusinya? Back to nature. Sekaligus penghematan juga kan. Hihi.

Kelima, hindari melakukan aktivitas fisik yang berat
Sebagai gantinya lakukanlah olahraga ringan. Beberapa yang disarankan seperti aerobik, jalan
jalan, berenang, senam air, menari, bersepeda statis, dan yoga. Ingin membereskan rumah? Boleh. Asal barang-barang berat minta saja suami untuk mengangkatnya.

Keenam, yang paling penting: jangan tunda dan jangan malas memeriksakan ke tenaga kesehatan
Memeriksakan kehamilan merupakan kewajiban bagi ibu hamil. Selain berfungsi untuk memantau tumbuh kembang janin, pemeriksaan juga bisa mendeteksi kelainan janin sejak dini. Bila sedari awal janin yang dikandung mengalami gangguan seperti kurang asupan gizi, efeknya bisa sangat fatal. Bayi yang lahir berisiko berat badan rendah dimana bayi dengan BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) memiliki resiko lebih besar untuk terserang penyakit. Beberapa gangguan bisa juga bersifat reversibel.

Periksa kehamilan dimana?
Nah, untuk kalian yang berdomisili di Jabodetabek bisa memeriksakan di Mayapada Hospital. Rumah sakit yang tergabung dalam Mayapada Health Group ini terdapat di 2 tempat. Pertama, Mayapada Hospital Lebak Bulus di Jakarta Selatan dan kedua, Mayapada Hospital Tangerang.

Mayapada Hospital Lebak Bulus. (source: http://mayapadahospital.com)
Mayapada Hospital Tangerang (source: http://mayapadahospital.com)
Kedua rumah sakit ini sudah berstandar internasional. Artinya, dokter di Mayapada Hospital benar-benar profesional. Peralatan penunjang pemeriksaan juga sangat memadai.

Menurut CEO Mayapada Healthcare sebagaimana dikutip dari swa.co.id, Mayapada Hospital memiliki fasilitas yang menyamai National University Hospital di Singapura. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan kelas dunia, ya.

Di Mayapada Hospital juga menyediakan Paket Deteksi TORCH! Apa itu? TORCH (Toksoplasma, Rubela, Cytomegalovirus/CMV dan Herpes simplex) adalah sekelompok infeksi yang dapat ditularkan dari perempuan hamil kepada bayinya. Perempuan yang terinfeksi selama masa kehamilan memiliki risiko tinggi menularkankan ke janin yang bisa berakibat fatal. Janin yang dilahirkan bisa mengalami kecacatan baik fisik maupun mental.

Jadi pemeriksaan saat kehamilan tidak hanya memastikan janin sehat tapi juga mencegah terserangnya janin oleh penyakit-penyakit tertentu.

***

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu kata orang bijak. Memang mempersiapkan kehamilan hingga proses persalinan membutuhkan banyak pengorbanan. Waktu, tenaga, hingga biaya. Ikhlaslah dalam pengorbanan tersebut agar tumbuh tunas bangsa yang dapat membanggakan. Setuju?

You Might Also Like

12 comments:

  1. Ngidam yg ga kesampaian bikin anak ileran,,
    hehehe
    lucu juga mitos yang satu ini,,
    info yg bagus mbak, buat bekal kalau punya anak nanti..
    Doakan ya supaya saya dan istri segera diberikan momongan..

    ReplyDelete
  2. Ya ampun, ternyata banyak mitos yg kupercaya mbak. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  3. bagus banget informasinya! emang soal ibu hamil banyak banget sih mitos-mitos yang beredar & ga semuanya perlu dipercaya hehehee

    ReplyDelete
  4. wah makasih banget nih ilmunya
    aku lagi hamil anak kedua
    nggak sedeg-degan waktu hamil anak pertama sih hehee
    tapi tetap kudu jaga kesehatan,
    makanku juga nggak banyak cuma lebih banyak ke buah aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting tercukupi mba zat gizinya :D

      Delete
  5. yessss Ternyata ngidam itu hanyalah sebuah mitos belaka,,,

    pantas si anak suka nendang-nendang mungkin si anak gak terima di sangkut pautkan sama emosional ibundanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha nendang-nendang insyaAllah tandanya sehat tuh bayinya :D

      Delete
  6. Nice info buat Bumil anak pertama kayak aku nih, tfs ya Mbak^^

    ReplyDelete
  7. Makasih banyak infonya mba.Terutama soal beberapa mitos soal kehamilan. Doakan saya dan si partner segera dikaruniai buah hati yang sehat dan cerdas ya. Aamiin. Sayangnya mayapada jauh dari tempat tinggal hiks.

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)