book

Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan

February 08, 2017,10 Comments

Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan


Suatu sore di minimarket. Saya bermaksud membeli sesuatu. Di depan pintu masuk, saya bertemu dengan seorang nenek. Nenek ini dulunya punya warung di depan bekas rumah kontrakan. Saya pun menyapanya. Nggak ada hujan nggak ada angin si nenek mengomentari muka saya. Waktu itu lagi jerawatan memang. Saya senyumin aja. Trus berlanjut. 


"Kamu masih mens kan? Biar jerawatnya cepet ilang, darah mens nya diusapin ke muka." 

Maaf ya vulgar. Saya shock berat. Sejenis culture shock. Jijik banget gak sih? Apakah saya lakuin? Ya nggak lah! Bayanginnya aja udah gak sanggup. Saking shock-nya sampe sekarang masih inget padahal ini kejadiannya udah lama.

Memang Indonesia masih banyak masyarakatnya yang mempercayai mitos. Mulai dari hubungan dengan seseorang, perilaku, mistis, sampe mitos kesehatan. 

Mitos kesehatan apa aja yang ada di daerah kalian? Dan, pernah nggak cari tahu apakah itu sekedar mitos atau benar-benar fakta yang dibuktikan secara ilmiah? Lewat buku "Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan" berbagai mitos kesehatan dibedah secara lengkap. Buku ini terdiri dari 5 bab yaitu makanan, khasiat herba, pertumbuhan pria dan wanita, gaya hidup, dan terakhir mengenai penyakit. Pembuktiannya pun masih dibagi lagi menjadi 4. 

Fakta: bukti ilmiah yang ada mendukung kepercayaan tersebut.

Mitos: bukti ilmiah yang ada menyanggah kepercayaan tersebut, atau belum ada penelitian terkait yang dilakukan. 

Belum tentu: bukti ilmiah yang ada belum lengkap untuk mendukung pernyataan tersebut (misalkan baru ditemukan senyawa aktif, namun belum diujikan ke manusia). 

Bisa jadi: bkti ilmiah yang ada mendukung pernyataan tersebut dalam kondisi tertentu 

Membaca buku tentang kesehatan penting, banget. Lebih penting lagi yang berdasarkan penelitian nggak abal-abal. Nah di buku ini semua pernyataannya udah dibuktikan secara ilmiah. Bahkan di lampirannya disertakan berlembar-lembar sitasi dari jurnal mana pernyataan itu bersumber. Jadi makin yakin! 

Nggak cuma itu aja, meskipun ini buku kesehatan dan tentunya terdapat istilah medis didalamnya jangan khawatir kebingungan. Penulis - yang merupakan tim - menyertakan daftar kosa kata. Penjabarannya pun bisa dibilang mudah dipahami untuk orang awam sekalipun. 

Saya pun yang belajar di kesehatan masih terkaget-kaget akan fakta yang dijabarkan. Beberapa kali sempat kepikiran, "Loh, ternyata selama ini salah?" Hehehe. 

Kekurangan dari buku ini ada juga sih. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dimasukkan masih menggunakan tahun 2007. Padahal udah ada riset terbarunya di tahun 2013 (btw hasil riset ini bisa diunduh secara bebas, tulis aja di google: riskesdas 2013). Kemudian penyakit yang dimasukkan hanya tertentu aja seperti diabetes, kardiovaskuler, dan HIV/AIDS. Kurang beragam kalo menurut saya. 

Meskipun begitu, saya tetep rekomendasiin teman-teman untuk membaca ini. Gak ada ruginya kok. Buat kesehatan, jangan mau ambil informasi abal-abal yang nggak jelas sumbernya. Apalagi hoax. Duh, jangan deh. Nyawa bisa jadi taruhannya! 

Spoiler nih salah satu fakta buat para pria: Terlalu lama menyetir menurunkan kesuburan pria. Alasannya: mengendarai mobil bisa menurunkan suhu testis hingga 2∘C, padahal kenaikan suhu 1∘C saja bisa mengurangi jumlah dan pergerakan sperma.

Buku ini cocok dibaca buat siapa aja yang peduli dengan kesehatan. Baik dirinya sendiri maupun orang di sekitarnya. Kesehatan merupakan aset yang sangat berharga bagi manusia. Jangan sampai menunggu sakit baru menyesal kemudian gara-gara nggak menjaga kesehatan. 

Selamat membaca!

You Might Also Like

10 comments:

  1. Ni buku lain daripada yg lain ya isina. Penting nih soalnya sering percaya hal2 yg ternyata hoax kesehatan hehehe

    ReplyDelete
  2. ini buku membahas tentang mitos yg berhubungan dengan kesehatan ya?
    ya sih masyarakat kita masih percaya dengan hal-hal yang berbau mitos tanpa menelaah dulu apa hubungannya dengan kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pembuktian2 secara ilmiah gitu kebenaran dari mitos itu seperti apa

      Delete
  3. aih jadi penasaran, beneran ilmu kek gini penting banget mengetahui m itos soal kesehatan
    Makasih reviewnya Luk, bisa membuat penasaran.

    ReplyDelete
  4. namanya mitos itu percaya gak percaya,, tapi kadang dibuat harus percaya

    ReplyDelete
  5. Wah iya tuh, dulu tetanggaku ada yang nyaranin aku oles2 darah haid ke muka katanya biar jerawat ilang. Ga sanggup bayangin dah >,<

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)