Blog Competition

Indahnya Keberagaman Lewat Happy Mail bersama Internet 4G LTE

February 20, 2017,12 Comments


Ada yang berbeda tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun ini saya lebih matang dalam menentukan target baik jangka panjang maupun jangka pendek. Biasanya, saya hanya mengikuti jalannya saja. Let it flow kata orang. Mungkin ini efek udah masuk kepala dua kali, ya? Jadi lebih memikirkan mau apa, kemana, dan ngapain aja hidup di dunia ini.

Yang paling membedakan dan saya rasakan betul selama dua bulan belakangan ini tentang perencanaan. Saya yang dulu jarang mencatat agenda-agenda maupun to do list. Hanya terkadang saja kalau ingat. Itupun mencatat di aplikasi smartphone nggak tertulis. Kalau smartphone sedang habis baterai atau lemot (maklum smartphone jadul) kadang ada agenda sampai janji yang terlewat. Huh, sedih ya. Separah itu saya.

Sekarang, saking bersemangatnya saya memutuskan untuk membeli sebuah planner. Ini juga bisa dibilang racun sih dari mbak Ninda. Beliau punya akun khusus untuk membagikan isi planner dan journal-nya. Saya jadi pengen karena keliatan girly banget dan membantu dalam mencapai targetan yang sudah saya buat.

Pilihan saya jatuh kepada handmade planner yang sederhana. It’s all thanks to internet saya nggak perlu jauh-jauh ke toko alat tulis untuk pilah-pilih. Pilihannya pun banyak dengan range harga yang beragam.

Handmade planner saya
Lalu, bagaimana saya mengisi planner ini? Sederhana saja sih. Planner saya terdiri dari rencana mingguan, harian, target di tahun 2017, dan catatan-catatan perencanaan program kerja di organisasi dan beberapa forum yang saya ikuti. Nggak berhenti sampai situ saja. Saya juga mulai mencari inspirasi untuk mempercantik planner saya.

Weekly and daily plan

Belajar handwriting buat corat coret
Lagi-lagi, thanks to internet banyak banget inspirasi yang saya dapat. Untuk gambar dan desain yang saya mencari di Pinterest. Untuk step by step agar bisa lebih detail dalam mempercantik dengan sticker atau handwriting saya memilih mengeksplor di instagram dan youtube. It helps a lot! Sekarang saya menjadi lebih berdisiplin dan mempunyai pelepas stress ketika menghias planner saya. Hehe.

***

Satu lagi yang saya temukan. Tentang happy mail. Saya awalnya belum paham apa itu happy mail. Ternyata happy mail itu sederhana aja. Jadi kita berkirim paket yang bebas mau diisi apa aja. Tukar menukar paket gitu ke orang lain yang udah janjian dan sepakat sama kita. Asyiknya happy mail ini, si penerima paket nggak tahu apa aja isi dari paket yang akan dikirim oleh pengirimnya. Semacam surprise gitu!

Contoh dari happy mail. Source: Pinterest
Dan happy mail ini nggak cuma dilakukan dalam satu negara loh. Di instagram saya lihat banyak banget para planner addict yang berkirim paket sampe antar negara. Seru nggak sih? Hanya dengan bermodalkan internet berkecepatan tinggi aja kita udah bisa mendapat banyak kenalan di luar negeri. Udah gitu isi dari happy mail ini ada suratnya juga yang ditujukan khusus untuk penerima.

Saya tertarik banget buat ikutan kegiatan happy mail tapi masih belum mencoba. Hihi. Kebayang nggak sih, dengan happy mail ini kita bisa terhubung dengan banyak orang. Apalagi di bagian surat khususnya itu. Kita bisa merasakan gimana sih kehidupan si pengirim dari Amerika Serikat, misalnya.

Selama ini bisa jadi kita beranggapan “Kayaknya rakyat Amerika Serikat tertekan, deh dapet Donald Trup sebagai presidennya.” Kita hanya bisa tahu kabar dari media tanpa bisa menanyakan langsung ke orang yang tinggal di Amerika Serikat. Pasti rasanya beda kan ya dapet berita dari media dengan cerita personal yang langsung ditulis oleh rakyat Amerika Serikatnya. Hahaha.

Dari situ kita bisa belajar dan merasakan apa yang juga dirasakan oleh rakyat Amerika Serikat. Nggak cuma buat have fun belaka. Tanpa kita sadari dengan bertukar cerita dan pendapat dari orang lain, kita menjadi semakin terbuka akan banyak hal. Dengan lebih banyak wawasan dan informasi yang didapat, kita nggak akan berpikiran sempit. Selain itu kita juga lebih menghargai keberagaman. Kita jadi tahu bahwa kita hidup di dunia ini nggak sendirian. Banyak cerita-cerita dari berbagai penjuru dunia yang belum kita dengar.

Bila seseorang bisa menghargai keberagaman, hidup berdampingan jadi mudah. Nggak mudah lagi terhasut dan bermusuhan satu sama lain. Coba deh ibaratkan satu orang itu seperti spidol warna-warni. Ada yang berwarna merah, ada yang berwarna oranye, dan masih banyak lainnya. Balik lagi ke planner, lebih cantik mana planner dengan beragam warna atau monoton satu warna saja? Kalau saya sih ya yang banyak warna lah. Lebih cantik dan enak dilihat.

Menulis pakai tinta satu warna, bosan dan monotn
Begitu juga keberagaman di hidup ini. Semakin beragam, semakin indah dan menarik. Setuju?

***

Ini cerita bagaimana saya bisa menikmati hidup dalam keberagaman dengan internet 4G LTE. Apa ceritamu? 


You Might Also Like

12 comments:

  1. Inet memang udah nggak bisa dipisahin dalam kehidupan sehari2 ya. Buat blogger pasti

    ReplyDelete
  2. hahahak kok jadi banyak yang keracunan sik, dan pasti deh garagara akun ku yg sebelah itu *merasa tertuduh haha
    buat penpalan sama orang luar aku belum berani sih lu soalnya kata beberapa temen tuh belum tentu sampek alamat kita. kitakirim ke dianya sampek, dia kirim ke kita paketannya gasampek entah gimana. pos kita blm terlalu oke - mana gabisa ditrack. kalo lingkup indonesia aja bisa pake paket jnt atau jne bisa ditrack

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kok gitu ya? padahal selama ini dapet paket dari luar negeri aman2 aja :/

      Delete
  3. Hati hati dalam penghunaan teknologi masa kini apa lagi bertatapan lama dengan smartphone atau laptop dapat berakibat buruk bagi kesehatan kita karena efek radiasi, apalagi mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup setuju banget, harus pintar2 me-manage nya

      Delete
  4. mbaaak, saya juga hobi banget hias hias planner dan kirim kirim happy mail, meskipun ngga pernah didokumentasikan. Selama ini kirim happy mailnya ke sesama temen aja sih. let me know if you want to exchange happy mail/happy packages!

    ReplyDelete
  5. lebih cantik yg beragam warna donk hehe #ngomeninplanner

    ReplyDelete
  6. Hidup kalau itu itu aja. alias monoton emang nggak enak. Lebih enak beragam :)
    Asyik penasaran pengen coba happy mail ya :)

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)