Novel

Novel Review: Kalia

November 04, 2016,8 Comments

Deskripsi
Judul: Kalia
Bahasa: Bahasa Indonesia
Penulis: Tyas Putri
Genre: Romance
Penerbit: Nulisbuku
Tebal halaman: 187 halaman
Tahun terbit: 2016

Sinopsis
Banyak yang mengatakan bahwa cinta pertama tak akan pernah terlupakan. Begitu pula dengan Kalia. Setelah mengalami perpisahan yang pahit dengan Gana, cinta pertamanya, Kalia mulai mencoba memulai hidup baru. Seiring berjalannya waktu, Kalia pun jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Indra. Di saat Kalia merasa sudah benar-benar bisa melupakan Gana, takdir berkata lain. Masa lalu yang telah sejak lama dia coba lupakan, kembali lagi secara tiba-tiba.

Dan dalam lingkaran perjalanan mereka berdua, Kalia akhirnya menyadari bahwa apa yang telah dilakukannya selama ini telah melawan takdir. Cintanya kepada Gana, tidak pernah terasa manis. Bukankah seharusnya cinta itu membuat kita merasa bahagia? Namun apa yang dia rasa bersama Gana justru selalu membuat Kalia merasa takut dan sakit. Haruskah Kalia benar-benar mengakhiri kisahnya dengan Gana meskipun jauh di lubuk hatinya dia masih mencintai Gana?

Review
Salah satu kelemahan dari wanita adalah...sulit melupakan. Nggak percaya? Kalia mengalaminya. Sebut saja Gana, mantannya ketika SMA. Cowok itu memutuskan hubungan dengan Kalia secara sepihak. Bertahun-tahun terlewati, Kalia masih saja belum bisa melupakannya.

Sampai saat itu tiba. Kalia berjumpa kembali dengan Gana. Apa yang harus dilakukan Kalia? Mendekatinya kembali? Atau menjauh untuk melupakan? Sayangnya, hati dan otak Kalia nggak sejalan. Kalia memutuskan untuk kembali mendekat pada Gana. Begitupun Gana, cowok itu seringkali mengajak bertemu Kalia.

Sayangnya...Gana udah punya pacar lagi. Seperti halnya cewek lain kalo lagi galau, doi curhatlah ke sahabatnya. Off course her best friend told her to avoid him. Tapi apalah daya Kalia?


Selama ini dia selalu berusaha menyamakan isi pikirannya dengan isi hatinya. Tetapi cinta bukanlah apa yang kita pikirkan di dalam otak kita melainkan perasaan yang dirasakan. Kita tidak bisa memanipulasi apa yang kita rasakan. (Halaman 21)

Cerita ini punya alur campuran: maju-mundur cantik. Selain Gana ternyata ada cowok lagi di masa lalu yang pernah mewarnai hidup Kalia. Siapa? Baca aja novelnya *modus*.

Trus gimana kelanjutan kisah Kalia-Gana? Balikan? Musuhan? Kok drama banget ya kesannya musuhan. Enggak kok nggak musuhan. Nggak boleh spoiler lah ya kalo ini.

Menurut saya apa ya...hmm novel ini lumayan bikin mikir lagi di masa lalu pernah deket sama siapa aja ya? Nah buat ciwi-ciwi gitu harus diperhatiin tuh orangnya. Siapa tahu di masa depan orang-orang tersebut terus menerus menghantui *kok serem* sampe nggak bisa maju ke masa depan. Buat cowok juga sih please draw a clear line. Jangan kayak Gana yang sukanya....menggantungkan harapan #eaaa.

Untungnya seiring berjalannya waktupun Kalia bisa memahami dan ikhlas. 

Percayalah kalau di luar sana ada laki-laki yang lebih baik buat kamu. Yang bisa terima kamu dan mencintai kamu apa adanya. Yang mau berusaha untuk kamu. Mungkin emang harus menunggu lebih lama, tapi biar bagaimanapun juga jodoh yang udah dipilihkan oleh Tuhan pasti yang terbaik buat kita. (Halaman 60-61)

Tapi gue percaya setiap orang yang datang dalam kehidupan kita punya tujuan masing-masing. Dan mungkin tujuan lo datang ke hidup gue buat ngasih gue pelajaran bahwa ikhlas itu hal yang terindah dalam hidup dan cinta yang berlebihan itu benar-benar nggak baik. (Halaman 175)


Buat yang cari bacaan ringan dan cepet habis rekomen nih buku ini. Cuma 187 halaman, ceritanya nggak rumit, bacanya ngga usah pake mikir jadi dibaca sambil nunggu dosen pun bisa. Ehehe.

Selamat membaca!

You Might Also Like

8 comments:

  1. cinta pertama bagi Kalia mungkin sangat makjleb sehingga meskipun tak terasa manis tapi justru sulit untuk dilupakan, maklum anugerah perasaan cinta yang diberikan kepada Kali oleh-NYA harus pada Gana...jadinya ya begitu itu deh

    ReplyDelete
  2. Aku mau baca.. Mau mau.. Ada di gramed gk ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya baru tersedia lewat pemesanan online. coba diklik link pada judul yahh..

      Delete
  3. Cinta pertama sulit dilupakan? Tergantung sih, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung ada penggantinya apa enggak ya mba? hihi

      Delete
  4. Mbak ini ceritanya mirip banget dengan apa yang saya alamai :D haha nyesek gitu

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)