pencerahan

Sedekah Membawa Berkah

October 10, 2016,0 Comments

"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan."
QS. Al Baqarah:245

Salah satu target mingguan saya adalah sedekah dengan jumlah sekian rupiah. Sengaja ada target karena kalo nggak dengan cara seperti ini, saya jadi lupa bersedekah. Dulu jaman begajulannya saya, wah saya orang yang pelit minta ampun. Disodorin kotak sedekah pun yang dimasukin pilih yang bunyi kerincing-kerincing. Kemudian, dunia kuliah mengubah saya *eyaa*. Eh beneran kuliah itu nggak cuma soal akademik tapi juga soal pemikiran. Bisa lebih luas dalam berpikir. Berusaha menghargai pendapat orang lain, dan masih banyak lainnya.

Kalo ngomongin balesan sedekah, banyak banget kan ya yang bisa jelasin. Mulai dari balesan langsung di dunia maupun di akhirat. Salah satu yang pernah saya baca dari Notes From Qatar-nya Muhammad Assad, dia bercerita tentang pengalamannya sedekah. Suatu saat dia pengen banget tuh beli tiket sepak bola seharga sekian. Lupa berapa, intinya mihil. Hehe. Sedangkan dia cuma punya mungkin cuma se-per berapanya aja. Apa yang dia lakukan dengan uang itu? Doi sedekah. Dikasih uangnya ke orang yang membutuhkan. Setelah itu dia buka twitter, ada kuis gitu memenangkan tiket sepak bola. Ikutlah dia. Dan hasilnya? Bisa ditebak. Dia dapet itu tiket sepak bolanya. Nggak tanggung-tanggung loh, yang VIP. 

Hakikatnya manusia kan emang gitu ya nggak gampang percaya kalo belum lihat buktinya? Saya pun nyoba ngebuktiin. Nggak berharap apa-apa sih.

Ini terjadi beberapa kali. Biasanya kalo pengajian gitu ada kan ya kotak infaq nya keliling. Nah disitu saya coba ngisi. Cerita ini beberapa hari yang lalu, waktu ada kajian Ustad Felix Siauw di Maskam Undip. Saya masukin nominal yah kalo buat ukuran saya mah lumayan. Kenapa lumayan karena saya uang sakunya harian gitu loh dihitungnya. Cuma buat jajan aja. Buat pengeluaran macam tugas, foto kopi dan lainnya kadang minta, seringnya engga. Nah ini saya keluarin pas banyak banget keluarnya. Saya nggak berharap apa-apa udah masukin aja.

Yang terjadi adalah............nggak dapet uang segepok sih, enggak. Hehehe. Cuma ya entah kenapa rasanya tuh uang sisa sedekah itu masih ada aja di dompet. Padahal udah dibuat bayar ini itu. Kayak nggak berkurang gitu loh. Ini aja sisa yang di dompet kalo di nalar, dari minggu kemaren udah ludes. Sekarang masih ada sisa. Mungkin emang balesannya tuh nggak selalu berupa materi langsung dikasih. Tapi bener, kalo harta itu jadi berkah. Berkah menurut pandangan saya sih cukup untuk kebutuhan, tanpa harus ngutang. Tanpa harus minta lagi ke orang tua.

Kenapa saya nulis ini?
Buat reminder diri sendiri aja biar semakin rajin sedekah. Biar yang baca juga ikutan sedekah hahaha yea amin. 

Btw, ada nggak nih cerita tentang berkahnya sedekah yang dialamin? :D

You Might Also Like

0 comment(s):

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)