cerita

Tentang Kesia-siaan

September 22, 2016,0 Comments

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

QS. 'Ali `Imran (3): 191

Story time!
Kali ini cerita tentang hasil perenungan beberapa hari ini. Ada 3 kejadian berbeda yang saya alami. Kemudian saya renungkan dan ternyata ada benang merahnya.


Kejadian pertama, ini udah jaman dulu banget lupa tepatnya kapan. Saya kan tinggalnya di lingkungan mmm apa ya, yayasan Islam gitu. Otomatis banyak kajian yang bisa diikuti. Salah satu kajian rutin adalah dauroh pra-Ramadhan. Jadi sekitar seminggu ato deket-deket Ramadhan gitu pasti ada setiap tahunnya. Saya pun ikut dengan sedikit paksaan dari ummi. Maklumin ya saya masih kayak gitu emang sikapnya males-malesan. Doain aja biar berubah malesnya berkurang. Nah waktu itu saya nyeletuk, "Ih kenapa sih aku harus ikut lagi? Kan udah pernah. Lagian yang dibahas juga itu-itu aja". Plis plis jangan hujat aku, aku hanya berusaha berkata jujur. Kemudian dihadiahi pelototan tajam dari ummi yang nyautin, "Iya emang. Tapi kan ini buat mengingatkan. Emangnya kamu hafal isi kajiannya apa aja?. Kicep sambil tetep ngedumel di dalam hati.

Kejadian kedua di minggu lalu seperti biasa saya melingkar. Kami membahas tentang apa sih ya lupa. Di tengah pembahasan itu mba Fasy bilang salah satu ciri hati yang kotor itu merasa cukup akan ilmunya. Merendahkan ilmu karena merasa dirinya tinggi. Sudah cukup pintar. Menganggap kalo udah pernah dapet ilmunya jadi ngga perlu lagi buat belajar. Saat itu juga rasanya langsung jleb jleb jleb lah kok gua banget............ Berarti maknanya hati saya kotor dong............ *kemudian istighfar*. Asli loh itu tuh langsung saya keinget sama kejadian pertama. 

Terakhir baru aja hari Rabu kemarin. Saya melingkar, kali ini sebagai pemateri. Masih inget jelas memberikan materi tentang karakter muslim ideal. Saya menyebutkan salah satunya melawan hawa nafsu. Gaya menerangkan saya tuh saya kasih contoh langsung riilnya aja biar lebih mudah ditangkep. Saya nyontohinnya tentang puasa. Tau nggak sih, masih banyak loh orang yang meremehkan puasa Ramadhan. Maksudnya gini, orang tersebut udah baligh. Kemudian tanpa alasan yang jelas, dia memutuskan berbuka dan dengan gampangnya bilang akan menggantinya di hari lain. Pas banget dek Rara nanya temennya tuh ada yang kayak gitu. Jadi gimana mba hukumnya?

Langsung saya jawab sesuai sama yang saya dapet di dauroh pra-Ramadhan itu. Jawabannya: dosa. Ngga boleh. Orang yang diperbolehkan membayar fidyah adalah ibu hamil/menyusui yang dikhawatirkan bila puasa membahayakan bayi atau janinnya. Juga orang sakit yang udah divonis dokter buat ngga boleh puasa karena bisa membahayakan nyawanya. Malemnya saya tanya lagi umi untuk memastikan dan alhamdulillahnya memang benar. Bayangiiiiin coba kalo saya nggak ikutan daurohnya. Apa yang mau saya berikan sebagai jawaban? :"

Gegara itu mikir terus sampe memutuskan buat nulis ini, hahaha. Emang ya ayat yang saya sebutin di atas bener banget. Nggak ada yang sia-sia dengan apa yang kita lakuin selama itu bukan bermaksiat. Bener ngga? Benar. Saya ngerasain banget tuh. Nggak sia-sia kan diomelin sama umi tapi akhirnya bisa buat jawab pertanyaan dari dek Rara itu? YaAllah ngerasa bersyukurrrrr luar biasa. Mungkin buat orang lain biasa ya ah gitu doang pertanyaannya gampang. Tapi buat saya untuk menjawab hal-hal urusan agama tuh ngga bisa maen-maen. Harus ada ilmunya karena kalo ngasih jawaban salah dan yang dikasih jawaban itu jadi salah berperilakunya, yg ngejawab juga dapet dosa.

Jadi teman-teman, berusahalah untuk selalu berbaik sangka sama Allah. Berusaha untuk ikhlas melakukan perintahnya. Karena semua itu ujungnya akan kembali kepada kebaikan untuk diri kita sendiri. Setuju? :)

You Might Also Like

0 comment(s):

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)