Ayuwidya

Novel Review: Strawberry Cheesecake

September 01, 2016,4 Comments

www.goodreads.com

Deskripsi
Judul: Strawberry Cheesecake
Bahasa: Bahasa Indonesia
Penulis: Ayuwidya
Genre: Romance
Penerbit: Bentang Pustaka
Tebal halaman: 308
Tahun terbit: 2016

Sinopsis
Selama menjadi artis terkenal, tantangan kali ini benar-benar mengusik Alana. Demi menarik simpati pujaan hati yang tak kunjung menerima cintanya, Alana menerima tantangan itu. Reality show membuat kue! Di sinilah petaka dimulai. Alana bisa melakukan apapun, kecuali memasak! Kalau bukan karena Aidan, mana mungkin ia bersusah-susah melakukan ini.

Ia terpaksa harus berbohong di depan kamera bahwa ia mahir membuat cake. Adonan menjijikkan, kue bantat, dekorasi mengerikan adalah hasil karya Alana selama proses syuting. Untungnya, ia bertemu Regan, seorang karyawan baru di Strawberry Garden Deli, kafe tempat mereka syuting. Alana takjub dengan kemampuan Regan membuat kue. Karenanya, Alana membujuk Regan habis-habisan untuk mengajarinya demi keperluan syuting.

Meski Regan galak dan menyebalkan, Alana terpaksa belajar darinya. Alana benci harus menghadapi Regan yang sok cool itu setiap hari. Alana benci ketika Regan selalu meremehkan kemampuannya, yang sebenarnya memang tidak ada. Alana benci terlihat bodoh di depan Regan. Dan, yang paling tidak disukai Alana adalah ia benci harus menyangkal tunas-tunas perasaan yang tumbuh di hatinya, untuk Regan.

Review
Another YummyLit! Sesuai judulnya, kali ini cerita tentang strawberry dan bahan pangan turunannya #halah. Dua tokoh utama disini Alana seorang artis dan Regan seorang anggota geng motor gede yang diam-diam suka masak. Pertemuan mereka diawali di Orchid Cafe. Alana berniat untuk membeli strawberry cheesecake untuk Aidan, gebetan yang juga sesama artis. Sayangnya sampe sana yang dimau udah habis. Alana yang ngelihat sekeliling cafe langsung tertumbuk pada satu-satunya strawberry cheesecake yang tersisa. Makanan satu itu ada di depan Regan yang sedang ulang tahun. Dengan dramatisnya, Alana minta kue itu secara paksa. Regan yang nggak terima langsung motong-motong kuenya biar jadi jelek. Alana kezal dan berantemlah itu mereka berdua.

Ujung-ujungnya Alana tetep ngga dapet kuenya. Akhirnya doi milih mix fruit cheesecake untuk dibawa ke apartemen Aidan. Sesampainya disana....jeng jeng! Ada kamera yang ON! Ternyata Aidan sengaja minta acara reality show selebriti yang bisa masak. Alana kaget karena dia nggak bisa bikin kue. Selama ini dia beli kue di Orchid yang dia ngaku-ngaku bisa bikinnya. Berhubung dia nggak mau kegap bohong, dia nerima tantangan reality show ini.

Tantangan berlanjut nggak di Jakarta. Alana beserta tim harus ke sebuah deli di daerah Bandung. Disana, takdir yang mempertemukan Alana buat ketemu lagi sama Regan. Sampai suatu ketika Alana tahu kalo Regan itu jagonya masak kue. Alana minta Regan buat membantu dia mengajari bikin kuenya. Regan nolak dengan kekeuh. Sewaktu Alana tanpa sadar berteriak:
Apakah kamu tahu bagaimana rasanya itu? Melakukan sesuatu yang justru paling kamu benci untuk orang yang kamu cintai?
Regan terdiam. Iapun secara tak sadar mengiyakan permintaan Alana.

And the story goes with their two spending time together. Yang nggak disadari, ada perasaan yang tumbuh ketika mereka bersama. Wuah, witing tresno jalaran soko kulino. Cinta datang karena terbiasa. Yang didapet dari kedua tokoh ini kayak gitu sih. Trus, gimana dengan Aidan? Di sisi lain, Regan juga punya Mauren, pacarnya. Siapa yang bakal memilih siapa?

Novel ini cukup ringan buat dibaca. Dan sesuai dengan seriesnya yang yummy, banyak banget kue-kue bertemakan strawberry disini. Nggak cuma disebutin, tapi juga dijelasin secara cukup detail bagaimana cara bikin kue ini. Misal ada strawberry sponge cake nah penulis menuliskan gimana sih caranya biar sponge ini berhasil nggak jadi keras. Masak kue kan ribet yah, harus ngitung waktu miksernya berapa lama. Manggang di oven berapa lama. Panasnya berapa derajat. Di akhir novel juga dikasih bonus resepnya pulak! Haha.

Tokoh Alana ini digambarkan artis yang nggak suka banyak hal lah. Penulis juga berusaha buat melemparkan jokes melalui Alana. Tapi entah kenapa ya menurut saya lucunya nggak dapet. Malah berasa garing :/ mungkin lain kali coba bikin jokes yang lebih nggigit ya. Kalo tokoh Regan cenderung datar aja si tipe cowok yang non drama. Sudut pandangnya pake dari kedua tokoh jadi gantian Alana-Regan gitu. Dari tokoh Alana banyak belajar tentang cintanya. Kalo dari Regan lebih ke cita-cita. Udah si segitu aja, yang penting kalo baca ini mah siap nahan ngiler wkwkwk.

Bonuss quotes seperti biasa.

Ketika hidup mengecewakan, pelarian terbaik adalah kenangan saat diri merasa dicintai.

Ketika kamu bebas melakukan hal yang kamu suka untuk dirimu sendiri, itulah kejujuran.

Segala sesuatu yang terjadi pada kita karena sebuah alasan...dan sesuatu itu pasti akan terjadi pada waktunya. Kita tidak bisa memperlambat atau mempercepatnya.

Kita punya cara sendiri-sendiri untuk bertahan hidup tanpa orang yang kita cintai. Sebagian orang bertahan dengan memori, sebagian lagi justru terluka karena memori. Jadi... kurasa kita tidak bisa memvonis seseorang itu kuat atau lemah berdasarkan caranya melupakan orang yang dicintai.

Betapapun berbakatnya kamu, orang-orang yang belajar akan mengalahkan kamu, dan orang yang belajar paling banyak akan menjadi pemenangnya.

Hidup mudah sekali mengubah peran seseorang, padahal berganti peran tidak mudah.
Selamat membaca!

You Might Also Like

4 comments:

  1. quotesnya keren, lulu baca sambil nyatetin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga mba ini bacanya pake ijak jadi screenshoot ajah :D

      Delete
  2. Strawberry Cheesecake kalau dikomikin kayaknya rameee 😍😍

    www.yubikanobi.com

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)