drama

K-Drama Review: Signal

March 16, 2016,0 Comments

Right to left: Park Hae Young - Cha Soo Hyun - Lee Jae Han
Credits to: Dramafever

Apa yang bakal kamu lakukan kalau kamu mendapatkan pesan dari masa lalu?

Berawal dari ketidaksengajaannya menemukan radio transmitter (HT), Park Hae Young mengalami hal-hal aneh. Park Hae Young adalah seorang profiler di kepolisian. Profiler itu orang yang menganalisis perilaku atau kemungkinan-kemungkinan bagaimana sosok pelaku, kemana dia bersembunyi, yang didapatkan dari petunjuk-petunjuk yang ada. Meskipun seorang polisi, Park Hae Young sebenarnya sangat membenci orang-orang kepolisian dan tidak mempercayainya. Namun hal itu berubah ketika dia bertemu Cha Soo Hyun. Park Hae Young yang melakukan pekerjaan nggak jelas dengan menjual informasi tentang selebriti ke wartawan infotainment, ditangkap oleh Cha Soo Hyun.

Setelah hanya diinterogasi, dia keluar dari kantor polisi. Ketika melewati sebuah truk, Hae Young mendengar sebuah suara yang memanggil namanya. Setelah beberapa saat mencari, dia menemukan HT di dalam truk. Tanpa berpikir panjang, HT itu diambil dan dia mendengarkan pesannya. Seseorang di ujung sana memberi tahu bahwa ia menemukan jenazah pria yang dicurigai menjadi tersangka penculikan anak fenomenal. Hae Young diberitahu bahwa ia harus ke sebuah rumah sakit mental yang sudah tutup. Antara percaya-tidak percaya, Hae Young memberanikan diri datang ke rumah sakit tersebut. Dan, boom! Ternyata benar, itu adalah tengkorak dari jasad tersangka penculikan. Namun begitu, ada yang aneh dengan jasadnya. Penyelidikan pun dilakukan.

Cha Soo Hyun yang mendengarnya heran, bagaimana Hae Young bisa tahu padahal polisi sudah mencari lama. Dari kasus ini yang sebenarnya sudah hampir habis masa berlakunya, gebrakan terjadi. Masa berlaku dihapuskan dari kasus-kasus tertentu. Cold cases team dibentuk khusus untuk menyelidiki kasus-kasus yang belum terselesaikan karena banyak faktor. Hae Young secara mengejutkan selalu berhasil menyelesaikan kasus-kasus bahkan yang rumit sekalipun. Mengapa bisa seperti ini? Karena HT itulah. Pengirim pesan adalah Lee Jae Han, seorang detektif yang dinyatakan hilang pada tahun 2000.

Ribet kah ceritanya? Agak ribet ya. Tapi kalo nonton ga serumit ini kok. Jadi genre drama ini mistery, police, fantasy. Fantasinya dari pesan yang dikirim dari masa lalu itu. Secara nggak langsung, Park Hae Young bisa "mengubah masa lalu" dari pesan yang dia sampaikan ke Lee Jae Han di masa lalu. Anehnya, di periode Park Hae Young tahun 2015, pesan dari HT datang selalu berurutan. Sedangkan di masa Lee Jae Han, pesan itu datangnya tidak terpaku waktu. Hanya pada tahun-tahun di mana ada kasus yang belum terselesaikan di masa Park Hae Young.

Drama ini seru karena kita disuguhkan cerita masa lalu dan masa kini yang saling berkaitan. Banyak kasus-kasus terbilang rumit yang membuat penontonnya ikut menganalisis. Apalagi dengan bantuan narasi dari Park Hae Young yang menjadi profiler. Meskipun aktor yang jadi Park Hae Young ini sempat dikritik sama cara bicaranya di episode awal tapi nggak mengurangi ke-keren-an drama ini untuk ditonton. Hehe. Buat yang bosen dengan drama lovey dovey with its perfection yang hampir nggak mungkin ada di dunia nyata, drama ini menyuguhkan cerita kriminal yang miris. Tentang seseorang yang berkuasa sampai-sampai polisi nggak berani "menyentuh"nya. Tentang seorang miskin, nggak berkuasa, nggak punya apa-apa dijadikan kambing hitam. Tentang seorang yang masih punya hati untuk berbagi perhatian dengan orang disekitarnya. Tentang kesetiaan 15 tahun menunggu orang yang nggak ada kabarnya.

Di ending cerita ini juga nggak mengecewakan. Intinya, kalo kamu mau melakukan sesuatu pasti bisa. Asalkan kamu tidak menyerah. Saya kasih drama ini rate 10/10! Da best drama so far in 2016! Hehe.

“As long as one doesn’t give up, there’s hope.” - Signal

NB: kalo mau lihat yang ganteng aja, gak usah nonton ini. Karena dikit munculnya.
NB lagi: sangat direkomendasikan untuk yang suka detektif-detektifan!

You Might Also Like

0 comment(s):

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)