cerita

Yuk Belajar Manajemen Organisasi

June 02, 2015,0 Comments

Sabtu-Minggu (30-31 Mei 2015) kemarin saya menghabiskan waktu bersmaa 78 peserta LKMM-D FKM 2015 dan panitia dalam rangka hari puncak LKMM-D. Satu hal yang mengagetkan (namun  menyenangkan) adalah saya diizinkan untuk menginap. Yeay! Hehe. Selama ini saya sudah melewati dua acara menginap dikarenakan alasan tidak ada muhrim yang mendampingi. Alhamdulillah, untuk kali ini boleh. Ya, karena letak tempat menginapnya sendiri bisa dibilang sangat terjangkau.

Sabtu, jam 6 tepat. Kami berkumpul di lapangan dekanat FKM tercinta. Disana kami memakan sarapan yang sebelumnya telah dibawa. Dan seperti biasa porsi untuk saya kebanyakan. Nggak tau apa memang porsi saya sedikit dan saya makannya lambat. Yang saya liat dari anggota lain tuh walaupun ciwi-ciwi juga mereka pada habis dan makannya nggak lelet kayak saya :"D terus jadi kepikiran kalo saya aja makannya termasuk lelet gimana adek saya yah yang lebih lelet dari saya? Qiqiqiq~

Setelah itu kami dibawa dengan angkot kuning ke Balai Diklat Srondol. Sesampainya disana diawali dengan apel pembukaan. Dan itu setelah sekian lama apel, harus apel dengan menggunakan sepatu ber-hak. Iya, sepatu saya pantofel ber-hak. Kan kzl. Eh alhamdulillah yaAllah masih punya sepatu. Skip aja ya. Selanjutnya acara pembagian kamar. Saya dapat kamar bersama Azki, Erma, dan Veni. Disini peran kamar cuma buat naruh barang. Asli, tidur di kasur yang empuk nan dingin itu dua jam nggak ada kali ya.

Dapet kamar kan tuh, dilanjutkan dengan materi di aula. Materi pertama tentang..hmm.. Revitalisasi Gerakan Mahasiswa. Yang bawain... *brb buka catetan* Kak Muhyi. Dari mana ya asalnya? BEM UI? Ato BEM UNDIP? Astaghfirullah baru beberapa hari sudah lupa kan sedih ya apalagi kalo nggak punya catetan udah ilang semua ilmu bermanfaat ini. Yang saya catet jadi highlight sih jadi mahasiswa itu kalo menemukan suatu yang membuat kesal jangan cuma bisa mengeluh. Dari situ cobalah diubah menjadi solusi. Itulah yang dinamakan dengan gerakan mahasiswa secara sederhana. Jadi nggak perlu mengartikan gerakan mahasiswa itu harus beramai-ramai, dan bertele-tele. 

Materi kedua dibawakan oleh Ketua BEM UI 2014, Kak Ivan. Ketika materi ini selesai, orang-orang bilang tuh keren. Banget. Ngena. Entah kenapa jatuhnya di saya kok ngantuk. Ini kayaknya memang saya yang mulai konslet deh huhu. Tema dari panitia sih tata laksana organisasi, tapi dari Kak Ivan sendiri bawa materi Indonesia Optimis. Memang disitu membangkitkan semangat sebagai pemuda *syeilah iya, pemuda. Kak Ivan sampe majang foto dari variety show "The Return of Superman" hahaha. Beliau juga ngasih ada tuh video isinya kata-kata, awalnya pesimis gitu. Eh, ternyata bisa dibalik kata-katanya jadi optimis. Azeli yang bagian itu keren banget. Two thumbs up mungkin nggak cukup buat yang punya ide kreatifnya! Hihihi ^^
source: Path Kak Ivan


Ketiga dari FKM sendiri nih. Namanya sih sudah sering terdengar... kalo buat saya. Mas Abi. Materinya tentang "Manajemen Isu dan Urgensi Media". Materinya tuh buat saya keren. Emang keren sih pada dasarnya cuma gegara kebanyakan nyelampar kesana-sini jadi materinya belum selesai eh waktunya udah habis aja. Jadi ngerti sih kalo sebenernya organisasi apapun itu butuh pers, butuh media untuk macem-macem lah kegunaannya. Mas Abi juga nyeritain tentang pengalihan isu, masalah sama dekan yang dulu juga. Ada surprise nya lho! Haha tapi nggak boleh dibilang siapa-siapa wlek! Highlight nya dari materi ini tuh siapa pun yang menjadi penguasa media maka dia menjadi pemenang. Oh ya, terus media itu nggak ada yang netral. Jadi, akan selalu ada baik dan buruk. Tinggal media itu mau ikut ke arus yang mana, baik atau buruk.

Keempat nih. Banyak banget yak? Iya.. orang nyampe magrib deh kalo nggak salah. Coba bayangin duduk di kursi yang sama! Eh gak deng, tiap materi ada rotasi hehe tapi jenis kursinya sama sih.. duduk syantieq mendengarkan materi yang keren abiez dari pemateri yang juga keren bingits. Nggak nyesel ikutan LKMM-D pokoknya. Karena emang dari awal tuh Subhanallah nya berkali-kali buat materi dari pra sampe hari-H. Lah ngelantur kan jadinya. Materi keempat tentang "Advokasi, Lobbying, Retorika, dan Public Speaking" oleh kak Heri. Disini kami 79 orang dibagi menjadi 4 kelompok dimana tiap kelompok itu mewakili nama desa.

Nah kami ditugaskan untuk melobby satu sama lain untuk mencapai tujuan masing-masing yang diinginkan. Lucunya, sampe time out solusi belum ditemukan haha. No problem, yang penting sudah dapat ilmunya dan sudah sedikit mengerti gimana kalo terjun langsung saat melobby orang lain. Yaps empat materi telah dilewati. Selanjutnya adalah...

You Might Also Like

0 comment(s):

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)